Harga

TBA

Bodi

146,9 x 74 x 7,7 mm, 144 gram

Prosesor

Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz

GPU

Adreno 506

RAM

3/4 GB

Storage

32/64 GB

Layar

Super IPS 5,2 inci (1.920 x 1.080 piksel)

Kamera

16 MP & 8 MP

Baterai

2.600 mAH

Sistem Operasi

ZenUI 3.0 (Android 6.0.1)

Jaringan

Dual-SIM 4G

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Butuh waktu lebih dari enam bulan bagi ASUS hingga akhirnya bisa merilis smarpthone baru untuk ikut bersaing dengan para kompetitornya. Ya, ASUS sudah meresmikan kehadiran keluarga ZenFone 3 di beberapa negara. Indonesia juga akan kebagian pada bulan September. Namun tak perlu menunggu hingga September nanti, kali ini kami akan mengulas salah satu varian ZenFone 3 paling terjangkau dengan seri ZE520KL.

Kelebihan

Compact dan mewah. Di tengah gempuran smartphone berdimensi 5,5 inci, ASUS punya satu varian ZenFone 3 berlayar 5,2 inci. Dimensi compact tersebut membuat handling-nya jadi sangat baik. Plus, adanya lapisan kaca di depan dan belakang membuatnya terlihat mewah karena dapat berkilau memancarkan pantulan cahaya.

zenfone-3-droidlime-01

Fingerprint dan USB Type-C. Dari sisi interface, ada dua hal baru yang bisa dinikmati dari ZenFone 3 ZE520KL. Smartphone ini menjadi salah satu varian ZenFone pertama yang membawa pemindai sidik jari dan port USB Type-C. Kedua interface baru ini membuat ZenFone 3 ZE520KL jadi kekinian.

zenfone-3-droidlime-02

Pemindai sidik jarinya dapat menampung lima sidik jari dan bisa digunakan untuk memotret atau menjawab telepon masuk. Sementara untuk membuka lockscreen, performanya lumayan cepat, tapi masih kalah cepat dari Flash Plus 2 atau OPPO F1 Plus.

Baterai awet. Karena bodinya yang lumayan ramping, maka ASUS hanya menyematkan baterai 2.600 mAh pada ZenFone 3 ZE520KL. Meski kecil, baterai tersebut ternyata punya daya tahan memuaskan. Setelah seminggu menggunakannya dengan satu SIM card 4G, media sosial aktif, serta bermain game, rata-rata screen-on-time yang kami dapat berkisar antara lima hingga enam jam.

Nyaman untuk gaming. Bukan Intel, melainkan Qualcomm. Yap, prosesor yang digunakan oleh ZenFone 3 ZE520KL, yaitu Snapdragon 625, adalah CPU kelas menengah. Skor AnTuTu-nya pun "cuma" 61 ribu poin.

zenfone-3-droidlime-03

Tapi bicara gaming, smartphone satu ini punya performa yang optimal. Contohnya ketika kami menggunakannya untuk bermain Need for Speed: No Limits atau Sniper Fury. Frame per second yang dihasilkan tinggi sehingga game berjalan sangat smooth. Plus, bodinya tidak cepat panas.

Layar dan audio ngejreng. Layar 5,2 inci milik ASUS ZenFone 3 ZE520KL punya resolusi full HD. Dengan kerapatan 424 ppi plus panel Super IPS, layar tersebut punya sudut pandang ekstra luas dan bisa melawan terik matahari lebih optimal ketimbang ZenFone 2 terdahulu. Begitu pun dengan audio (speaker) yang ditunjang teknologi SonicMaster. Saat volume maksimal, suaranya terdengar detail.

zenfone-3-droidlime-09

UI full kustomisasi. ZenUI 3.0 pada ZenFone 3 ZE520KL menawarkan banyak kustomisasi. Mulai dari theme, icon pack, jenis dan ukuran font, hingga layout interface bisa Anda ubah. Dengan begitu mungkin Anda tidak akan cepat bosan dengan tampilan UI-nya.

Fitur kamera lengkap. ASUS sudah meng-upgrade resolusi kamera dari 13 MP pada ZenFone 2 menjadi 16 MP pada ZenFone 3. Kamera ini menggunakan sensor Sony IMX298 dibantu teknologi TriTech Autofocus, laser autofocus, OIS, serta EIS.

ASUS menyediakan 20 mode foto dan video untuk berkreasi. Sementara kamera depannya beresolusi 8 MP, membawa fitur beautify ala ZenFone Selfie. Ada pilihan efek make-up yang bisa diaplikasikan secara langsung.

Kekurangan

Tombol menu tanpa backlight. Lagi-lagi, ASUS mengenyampingkan backlight pada tiga soft button di bagian dagu smartphone. Padahal kalau saja ASUS menyematkan backlight, smartphone ini bakal makin terlihat mewah.

zenfone-3-droidlime-07

Tanpa fast charging. Berbekal port USB Type-C, ASUS ZenFone 3 ZE520KL ternyata tidak mendukung fitur fast charging. Karenanya durasi pengisian baterai memakan waktu hingga dua jam, cukup lama dan kurang praktis.

Banyak bloatware. Ciri khas ZenUI 3.0, yaitu bloatware, kembali ditemukan pada ZenFone 3 ZE520KL. Ada lebih dari lima aplikasi bloatware yang menurut kami tidak terlalu berguna. Beruntung, aplikasi bloatware tersebut bisa dihapus seluruhnya.

zenfone-3-droidlime-08

Kesimpulan

ZenFone 3 ZE520KL bukanlah smartphone flagship yang punya spesifikasi terbaik. Meski begitu, smartphone ini masih pantas menyandang gelar smartphone mewah, baik karena desain maupun fiturnya. Performanya bisa memenuhi kebutuhan Anda para sosialita maupun gamer kelas berat.

Video review

Our Rating
User Rating
Rate Here
Handling
Software
Hardware
Camera
Verdict

Jika sebelumnya menggunakan ZenFone 2 seri apapun, maka ZenFone 3 ZE520KL termasuk pilihan yang bijak apabila Anda ingin melakukan upgrade.

Our Rating
User Rating
31 ratings
You have rated this

(last edit: 4 October, 2016 / 10:21 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
59%
Mau
23%
Biasa Aja
8%
Payah!
11%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.