Now Reading
Review ASUS Transformer Pro 3

Spesifikasi
Harga

Rp19.299.000

Bodi

298,8 x 210,1 x 8,35 mm, 790 gram

Prosesor

Intel Core i7-6500U

GPU

Intel Graphics HD520

RAM

8 GB LPDDR3

Storage

512GB SATA3 M.2 SSD

Layar

LED 12,6 inci (2.880 x 1.920 piksel)

Kamera

13 MP & 2 MP

Baterai

39 Whrs

Sistem Operasi

Windows 10 Home

Jaringan

WiFi
Bluetooth v4.1

Lainnya

Fast Charging (60% dalam 1 jam)

Tren notebook 2-in-1 tampaknya masih terus berlanjut. Namun ada sedikit perbedaan pada produk ASUS yang satu ini. ASUS Transformer Pro 3 adalah salah satu notebook yang paling ditunggu-tunggu pada tahun ini. Tidak seperti notebook 2-in-1 kebanyakan dimana sisi keyboard-nya masih tebal, keyboard milik ASUS Transformer Pro 3 ini justru sangat tipis. Selain itu, perangkat ini membawa jeroan kelas atas. Seperti apa? Simak review-nya berikut ini!

Kelebihan

Hardware tanpa kompromi. Bodi ramping dan elegan ASUS Transformer Pro 3 bukan hanya pemanis. Pasalnya di dalamnya tersimpan CPU Intel Core i7-6500U yang memiliki kinerja luar biasa. CPU ini sudah terintegrasi dengan GPU Intel HD Graphics 520 untuk kebutuhan gaming menengah, menonton video 4K, atau mengedit foto dan video. Kinerjanya dibantu oleh RAM jumbo 8 GB DDR3 serta SSD hingga kapasitas 512 GB. Belum lagi ada kamera depan 2 MP serta kamera belakang 13 MP.

Desain Unik. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa ASUS Transformer Pro 3 ini sejatinya adalah notebook 2-in-1. Apabila kebanyakan notebook 2-in-1  tampak seperti notebook biasa saat dihubungkan dengan dock keyboard-nya, hal ini tidak berlaku pada ASUS Transformer Pro 3. Keyboard-nya yang tipis ini berfungsi sebagai cover tabletnya sendiri sehingga apabila dipasangkan, kesan tablet ini masih sangat terasa.

Backlight keyboard. Keyboard-nya sendiri memiliki magnet yang dapat dilepas-pasang ke tabletnya. Selain untuk cover, keyboard ini pun hanya berfungsi sebagai alat input saja. Tidak ada hardware lain seperti storage maupun port yang disematkan. Ketika Anda lepas, akan ada konektor pada bagian tengah yang menjadi sumber daya keyboard ini. Perlu diketahui, keyboard ASUS Transformer Pro 3 juga memiliki backlight yang dapat membantu penggunaan di kondisi gelap.

Speaker lantang dan detail. Tampakanya kerjasama ASUS dengan produsen speaker ternama, Harman Kardon, berbuah manis. Berkat speaker ini, suara yang dimiliki oleh Transformer Pro 3 sangatlah lantang dan detail. Memang karakter bass agak sedikit kurang, namun hal itu sudah tertutup dengan kelebihan yang dimilikinya. Belum lagi tata letak speaker yang berada di pada sisi kiri dan kanan layar menambah efek surrond. Yang jelas, kami benar-benar merasa dimanjakan dengan kualitas speaker-nya.

Interface lengkap. Untuk ukuran sebuah notebook convertible, ASUS Transformer Pro 3 memiliki port yang terbilang lengkap. Pada sisi kiri terdapat jack audio 3,5 mm, volume up and down, serta slot microSD. Pada sisi atas terdapat sebuah tombol power dan ventilasi untuk membuang hawa panas, sedangkan di sisi kanannya terdapat port USB 3.0, USB Type-C 3.1, HDMI, dan lampu indikator baterai.

Layar luar biasa. Kerapatan layar yang dibawa oleh ASUS Transformer Pro 3 sangat baik dengan resolusi 2.880 x 1.920 piksel pada layar 12,6 inci miliknya. Hasilnya layar ini terlihat sangat tajam dengan kerapatan 275 ppi serta nilai sRGB rata-rata mencapai 121 persen. Selain itu, engsel pada notebook ini dapat ditekuk hingga kemiringan 155 derajat dan dengan kemiringan tersebut, layarnya masih dapat dilhat dari sudut padang 170 derajat.

Baterai tahan lama. Lagi-lagi, untuk ukuran notebook portabel, daya tahan baterai merupakan hal yang sangat kritikal. ASUS Transformer Pro 3 dapat digunakan dari jam delapan pagi hingga jam satu siang tanpa harus di-charge dengan catatan penggunaan normal. Sementara untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh hanya memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam saja. Hal ini dikarenakan adanya fitur Fast Charging.

Kekurangan

Mudah tergores. Penggunaan material metal pada bagian belakang Asus Tranformer Pro 3 memang terkesan mewah dan kokoh. Namun seiring penggunaan, bahan ini dapat dengan mudah tergores. Bahkan hanya dengan tekanan kecil dari benda lain seperti koin, cermin, atau bahkan sisir dapat menimbulkan goresan halus.

Karenanya sangat disarankan untuk membeli softcase terpisah ketika akan memasukkannya ke dalam tas ransel. Apabila langsung dimasukkan ke ransel tanpa menggunakan softcase, pastikan tidak ada benda tajam lain di dalam kompartmen yang sama, misalkan kunci atau kertas yang di staples.

Touchpad terlalu sensitif. Tingkat sensitivitas touchpad-nya terbilang sangat baik. Tapi terkadang karena terlalu sensitif, bagi Anda yang memiliki jari lebar, kadang kala ruas jempol suka menyentuh touchpad secara tak sengaja. Karenanya hal ini seringkali membuat kursor berpindah ketika sedang melakukan pengetikan. Namun hal ini hanya terjadi sesekali saja.

Kesimpulan

Munculnya ASUS Tranformer Pro 3 bisa jadi penghambat bagi Microsoft Surface 4 untuk bersinar. Pasalnya, brand ASUS merupakan pemain lama yang sudah andal dan sudah terkenal akan kualitasnya. Anda akan merasakan tingkat portabilitas yang tinggi ketika menggunakan notebook ini karean dimensi dan bobotnya yang sangat ringan.

Penggunaan prosesor yang kencang dan port yang lengkap menambah kesan profesional dari notebook ini tanpa harus membeli konektor tambahan. Notebook ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Icicle Gold dan Titanium Gray. Apabila Anda menghendaki perangkat portabel dengan performa super, ASUS Transformer Pro 3 dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
20%
Mau
66%
Biasa Aja
9%
Payah!
6%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.
6 Comments
Leave a response

Leave a Response