Connect with us
ROG GL504
Tech News

Resmi Meluncur, inilah Daya Tarik Utama OnePlus 6

Published
OnePlus 6 Launch 1
Vivo V11 Pro

Mengambil lokasi di London, Inggris, OnePlus akhirnya secara resmi telah meluncurkan smartphone unggulannya di tahun ini, OnePlus 6. Jelas, kehadiran smartphone ini sekaligus pembuktian OnePlus untuk kembali berkompetisi di pasar smartphone flagship.

OnePlus 6 datang dengan layar AMOLED Optic 6,28 inci FullHD+ dengan aspek rasio 19:9 dan memiliki potongan poni di bagian atasnya. OnePlus mengatakan itu mencakup 84 persen seluruh tampilan depan, tapi tidak memperhitungkan potongan poni. Ada dua dukungan kualitas layar yang digunakan, yakni sRGB dan DCI-P3.

Untuk sektor kameranya, smartphone ini hadir dengan menawarkan video recording 4K @60fps. Selain itu ada juga slow-mo 480 fps dengan resolusi HD selama 3,75 detik dari satu menit video yang direkam. Video ini sendiri direkam melalui kamera utama 16 MP yang diklaim memiliki sensor 19% lebih besar ketimbang yang ada pada OnePlus 5T.

OnePlus 6 Launch 2

Kamera utama 16 MP yang disematkan tersebut juga sudah ditopang OIS. Sedangkan kamera kedua dari dual-camera yang disematkan memiliki resolusi 20 MP. Dukungan Smart Capture juga secara otomatis akan mengoptimalkan kualitas gambar yang dibidik dan tak ketinggalan ada algoritma HDR baru yang sudah ditingkatkan.

Hal menarik lainnya, kamera depan dengan resolusi 16 MP juga sudah dilengkapi dengan kemampuan artificial intelligence alias AI. Salah satu dukungan AI yang disematkan terkait dengan mode Portrait yang mampu menghasilkan foto bokeh lebih sempurna.

Tak hanya itu, kamera depan yang disematkan juga memiliki kemampuan untuk memindai wajah. Bahkan OnePlus sesumbar bahwa kemampuan membaca wajah dari kamera depannya ini bisa dilakukan lebih cepat, yakni hanya 0,4 detik. Selain itu, OnePlus juga tetap menyediakan pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang perangkat.

Untuk bodi belakangnya, smartphone ini dikemas dengan material logam dan kaca. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Mirror Black, Midnight Black dan Silk White (yang akan menjadi edisi terbatas). Masing-masing juga sudah diproteksi dengan Gorilla Glass 5.

OnePlus 6 Launch 3

Selain itu, smartphone ini juga datang dengan ketahanan terhadap air. Sayangnya OnePlus tak mengungkap lebih detail sertifikasi IP yang digunakan. Namun berdasarkan penjelasan yang disampaikan OnePlus, setidaknya sertifikasi yang seharusnya terpasang adalah IP54.

Ditempatkan sebagai smartphone unggulan, OnePlus datang dengan chipset Snapdragon 845. Ada dua pilihan RAM yang disajikan, yakni 6 GB dan 8 GB. Sedangkan pilihan storage-nya ada tiga, yakni 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Tak ketinggalan media peyimpanan yang digunakan adalah UFS 2.1. Namun, OnePlus 6 tidak lagi menyertakan microSD.

Dukungan catu dayanya tidak berubah. OnePlus masih disokong dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang juga menyertakan fitur Dash Charge. Namun jangan berharap konsumen bisa menikmati dukungan pengisian daya secara nirkabel meskipun smartphone ini memiliki bodi kaca.

Baca juga

Soal harga, OnePlus 6 RAM 6 GB + ROM 64 GB dibanderol dengan harga US$ 529. Sedangkan RAM 8 GB + ROM 128 GB dan RAM 8 GB + ROM 256, masing-masing dibanderol dengan harga US$ 579 dan US$ 629. Smartphone ini sendiri mulai dijual pada tanggal 22 Mei 2018, kecuali edisi terbatas Silk White yang akan tersedia mulai 5 Juni 2018.

Comments

Wajib baca

Populer