Connect with us
MaxM2
Featured

POLLING: Mencari Varian Huawei Mate 20 Terfavorit

Empat smartphone flagship terbaru buatan Huawei telah meluncur resmi. Keempatnya adalah Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 RS Porsche Design dan Mate 20 X. Dari semua itu, mana yang menarik buat kalian miliki?

Updated

Huawei menjelang akhir tahun ini kembali membuat kejutan dengan menghadirkan jajaran Mate 20 Series terbarunya. Ya! Smartphone tersebut mereka perkenalkan belum lama ini di London, Inggris. Bisa jadi, ini sekaligus pembuktian Huawei untuk berkompetisi serius di pasar Eropa.

Adapun jajaran Mate 20 Series yang diperkenalkan oleh Huawei adalah Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 RS Porsche Design dan Mate 20 X. Satu hal yang menarik, semua smartphone tersebut datang dengan chipset terbaru besutan Huawei, yakni Kirin 980.

Seperti biasa, kehadiran smartphone baru, apalagi flagship tentunya menarik untuk dimiliki. Jadi, dari keempat Mate 20 Series yang diperkenalkan, manakah yang kalian ingin beli? Yuk, ikutan polling-nya agar kami pun jadi tahu selera smartphone apa yang disukai oleh kalian pembaca setia DroidLime.

Prosesor sama semua

Seperti telah disinggung di atas, keempat smartphone flagship terbaru yang diperkenalkan oleh Huawei ini punya chipset yang sama, yakni Kirin 980. Ya! Inilah chipset terbaru buatan Huawei yang diproduksi lewat teknologi proses 7nm. Tak hanya lebih cepat, tetapi juga hemat daya.

Selain ditenagai Kirin 980, Mate 2 hadir dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB. Sedangkan untuk storagenya hanya tersedia kapasitas 128 GB. Sedangkan versi Pro, RAM yang tersedia hanya 6 GB dengan internal storage 128 GB.

Mate 20 RS Porsche Design punya RAM 8 GB yang dipadukan pilihan storage berkapasitas 256 GB dan 512 GB. Sementara itu, untuk Mate 20 X Huawei membenamkan RAM sebesar 6 GB yang dipadukan internal storage berkapasitas 128 GB.

Bagi kalian yang kurang puas dengan internal storage yang ditawarkan, keempat smartphone ini juga tetap menyediakan slot untuk menampung data tambahan. Namun, data tambahan ini tidak lagi tersimpan ke dalam microSD, tetapi Nano Micro Card (NM Card) yang mampu menampung hingga 256 GB.

Punya tiga kamera, tapi…

Seperti yang dijabarkan oleh petinggi Huawei di sela-sela acara peluncuran, semua Mate 20 Series yang diperkenalkan telah dilengkapi tiga kamera belakang (triple camera). Akan tetapi, jika dilihat lebih dalam akan kita temukan beberapa perbedaannya.

Mate 20 Pro dan Mate 20 RS Porsche Design memiliki dukungan tiga kamera belakang yang serupa. Ada kamera dengan resolusi 40 MP Quad Bayer sebagai lensa wide plus aperture f/1.8. Ada juga kamera 20 MP sebagai lensa ultra-wide dan 8 MP sebagai lensa telefoto.

Sedangkan Mate 20 memiliki kamera utama dengan sensor 12 MP plus aperture f/1.8. Ada juga kamera ultra-wide 16 MP dengan aperture f/2.2 yang disandingkan dengan kamera telefoto 8 MP plus aperture f/2.4. Meski begitu, triple-camera Mate 20 Pro, Mate 20 RS dan Mate 20 sudah dibekali dengan AI.

Bagaimana dengan tiga kamera belakang Mate 20 X? Untuk dukungan tiga kamera belakang yang dimiliki Mate 20 X sama dengan yang ada pada Mate 20 Pro, yakni 40 MP Quad Bayer + ultra-wide 20 MP + telefoto 8 MP. Hanya saja, lensa 40 MP Quad Bayer ditambahkan dengan kemampuan 3x zoom optik.

Untuk kamera depannya, Huawei membenamkan selfie-camera ke semua Mate 20 Series yang diperkenalkan dengan resolusi 24 MP, aperture f/2.0, HDR dan lensa wide. Tentu saja dukungan kamera depan yang disematkan jadi jawaban Huawei untuk memanjakan para penyuka foto selfie.

Desain premium, ukuran layar berbeda

Menyasar kelas atas, tentu saja Huawei juga meramu Mate 20 Series dengan desain yang terlihat premium. Apalagi Mate 20 RS Porsche Design, punya bodi belakang yang dibalut kulit jahitan tangan yang dipadukan kaca vertikal berwarna hitam di bagian tengah sehingga terlihat “lebih” premium.

Bagaimana dengan ukuran layarnya? Mate 20 Pro dan Mate 20 RS Porsche Design datang dengan layar AMOLED berukuran 6,39 inci dan memiliki resolusi 1.440 piksel. Sementara, Mate 20 datang dengan layar IPS LCD sedikit lebih lebar, yakni 6,53 inci FullHD+.

Satu hal yang mengejutkan Mate 20 X. Smartphone ini datang dengan layar AMOLED 7,2 inci dan sudah memiliki resolusi FullHD+. Nah! Mate 20 Pro dan Mate 20 RS memiliki model poni serupa yang terlihat sangat mencolok. Sedangkan model poni Mate 20 dan Mate 20 X lebih minimalis, seperti tetesan air.

Bisa jadi powerbank

Punya desain yang menarik dan jeroan yang bertenaga, Huawei juga tidak melupakan dukungan baterai yang disematkan ke dalam keempat smartphone ini. Lagi dan lagi, kapasitas baterai yang paling besar ditanam oleh Huawei ada di dalam tubuh Mate 20 X, yakni berkapasitas 5.000 mAh.

Sedangkan kapasitas baterai terbesar kedua ditanam ke dalam bodi Mate 20 Pro dan Mate 20 RS Design Porsche, yakni berkapasitas 4.200 mAh. Sementara itu, Mate 20 hanya memiliki kapasitas baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Mate 20 Pro dan Mate 20 RS Porsche Design telah disokong dengan kemampuan pengisian daya cepat, yakni SuperCharge 40W via kabel atau 15W via wireless charge. Sedangkan fitur pengisian daya cepat tersebut tidak akan kalian temukan pada Mate 20 dan Mate 20 X.

Selain itu, Mate 20 Pro dan Mate 20 RS Design Porsche telah dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang punya kemampuan tahan air dan debu. Sedangkan Mate 20 dan Mate 20 X hanya dilengkapi sertifikasi IP53, atau hanya tahan cipratan air dan debu.

Jika kalian bertanya apakah keempat smartphone ini telah dibekali dengan NFC? Jawabannya, iya! Keempatnya sudah punya fitur NFC. Namun yang tak kalah menarik, Huawei juga membekali Mate 20 X dengan fitur GPU Turbo 2.0 dan dukungan stylus M-Pen.

Harga

Soal harga, Huawei Mate 20 biasa tentu adalah yang paling terjangkau. Sayangnya sekalipun paling terjangkau, harga jualnya bakal tidak murah. Berikut kami beberkan harga masing-masing varian Mate 20 series untuk pasar Eropa.

Huawei Mate 20 dijual mulai harga Rp14 jutaan. Selanjutnya ada Mate 20 X yang dibanderol Rp15,8 juta. Diikuti Mate 20 Pro mulai harga Rp18 juta. Serta yang termahal adalah Mate 20 RS Porsche Design yang dijual mulai Rp29,7 juta.

Varian mana yang jadi favoritmu?

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.