Connect with us
VivoBookPro
Tech News

Performa Snapdragon 855 Nongol di Geekbench

Snapdragon 855 yang dibuat oleh Qualcomm akan jadi chipset yang bakal diminati oleh banyak pabrikan smartphone Android, terutama bagi mereka yang memproduksi smartphone Android kelas atas. Ya! Cukup beralasan, karena kinerja chipset ini sangat baik.

Updated

Di penghujung tahun 2018 atau tepatnya di bulan Desember, Qualcomm telah secara resmi meluncurkan chipset flagship yang dikembangkannya, Snapdragon 855. Ya! Chipset ini hadir memang ditujukan untuk smartphone kelas atas alias unggulan.

Satu hal yang menarik, platform mobile besutan Qualcomm ini adalah yang pertama menawarkan dukungan untuk konektivitas 5G. Bahkan fitur inilah yang terus diagung-agungkan oleh Qualcomm sebagai salah satu pionir di teknologi terdepan di industri 5G.

Sekarang, menjelang peluncuran smartphone yang bakal memuat Snapdragon 855 di dalam tubuhnya dan bakal banyak diadopsi di tahun ini, kinerja dari chipset tersebut sudah nongol di daftar situs pengujian Geekbench. Tentu saja ini menarik untuk kita ketahui bersama-sama.

Diduga kuat, skor yang tercantum dalam pengujian Geekbench berasal langsung dari unit yang sedang dikembangkan oleh salah satu pabrikan. Tercatat, chipset tersebut mampu meraih skor 3.545 poin dalam uji single-core. Sedangkan dalam uji multi-core, skor yang dihasilkan mencapai 11.150 poin.

Kita juga bisa mengetahui dengan jelas bahwa perangkat yang dipakai untuk pengujian tersebut telah dicekoki RAM sebesar 6 GB. Selain itu, perangkat ini juga sudah berjalan dengan sistem operasi mobile milik Google yang terbaru, yakni Android 9 Pie.

Bulan lalu, AnTuTu juga mencatat bahwa Snapdragon 855 memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan chipset flagship lainnya, seperti Kirin 980 dan Exynos 9820. Dalam pengujiannya, skor yang dihasilkan mencapai 343.051 poin.

Sebelum itu, AnTuTu juga mencatat bahwa pengujian performa Snapdragon 855 mencapai 362.292 poin. Ya! Ini skor AnTuTu tertinggi untuk perangkat Android. Meski begitu, akan lebih bijak jika kita nantinya dapat menguji sendiri smartphone yang memiliki otak Snapdragon 855, juga lewat aplikasi AnTuTu.

Sama seperti Apple A12 Bionic dan Kirin 980 yang dibuat oleh Huawei, SoC flagship terbaru buatan Qualcomm tersebut diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 7 nanometer oleh TSMC. Di dalamnya, Qualcomm juga membenamkan AI Engine multi-core generasi keempat.

Baca juga

Sebagian besar smartphone kelas atas yang datang pada 2019 akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 855. Kami akan melihat perangkat dari produsen seperti Samsung, Xiaomi, LG, HTC, Motorola, Google, Sony, OnePlus, OPPO, dan Vivo. Jadi kita tunggu saja!

Comments

Populer