Pemerintah Resmikan Digicoop, Ponsel 4G Lokal untuk Rakyat

Now Reading
Pemerintah Resmikan Digicoop, Ponsel 4G Lokal untuk Rakyat

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melakukan gebrakan di awal tahun 2017 ini. Setelah dijejali dan diserbu beragam smartphone buatan luar negeri, Indonesia akhirnya memiliki satu merek smartphone baru. Smartphone yang dimaksud bernama Digicoop.

Lalu, siapa yang mengerjakan atau membuat smartphone Digicoop tersebut? Perancang dan pembuatnya tak lain adalah tim peneliti Institut Teknologi Bandung. Smartphone ini sudah memenuhi aturan TKDN yang ditetapkan pemerintah dimana di dalamnya terdapat komponen maupun aplikasi buatan lokal. Tak hanya itu, smartphone Digicoop juga sudah mendukung jaringan 4G.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara untuk bisa memiliki smartphone Digicoop? Caranya yakni dengan ikut berpartisipasi menjadi anggota Koperasi Digital Indonesia Mandiri atau yang juga bisa disebut Koperasi Digicoop. Dengan membayar iuran (menabung) senilai Rp1,2 juta untuk jangka waktu satu tahun, setiap anggota koperasi sudah bisa mendapatkan smartphone 4G Digicoop.

Sebagai permulaan, smartphone perdana Digicoop ini masih dibekali hardware yang tergolong standar. Smartphone ini membawa kapasitas RAM 1 GB, storage 8 GB, kamera utama 5 MP, kamera depan 2 MP, serta ditunjang baterai 1.800 mAh. Nantinya smartphone Digicoop bakal diproduksi sebanyak 5.000 unit setiap bulannya di sebuah pabrik di Cikarang.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy J2 Ace Seharga Rp1 Jutaan

Tak hanya itu, selama terdaftar menjadi anggota koperasi, kita akan mendapat smartphone terbaru buatan Digicoop. Ya, dalam dua tahun sekali, smartphone Digicoop yang diberikan akan ditarik dan diganti dengan versi terbaru. Hal ini memang sengaja dilakukan guna menarik minat masyarakat untuk mau menabung di koperasi sekaligus bisa mendapat smartphone baru tiap dua tahun sekali. Berminat untuk jadi anggota? Anda bisa mendaftar langsung di website resmi Digicoop.

Baca Juga Review
  •  
    Review ASUS UX360UA: Kencang dan Multifungsi
  •  
    Review Huawei Mate 9: Smartphone Monster
  •  
    Review Moto Z: Modular, Tipis, dan Ajaib
  •  
    Review Elephone S7: Mirip Galaxy S7 edge
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
52%
Mau
9%
Biasa Aja
11%
Payah!
30%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan Huawei P9. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
19 Comments
Leave a response
  • Adi
    January 21, 2017 at 6:34 am

    Orang Indonesia paling suka membodohi rakyatnya sendiri, spek kaya gitu dijual 1,2jt klw 600rb boleh utk rakyat. Mau maju apa malah mundur.. punya otak dipake yg benar, lihat teknologi diluar sdh jauh maju.

    • anak teknologi
      January 21, 2017 at 1:53 pm

      bukan untuk dijual tapi ini untuk anggota koperasi yang sudah daftar hehe gratis kok. bukan “dijual” hehe

  • Rama
    January 18, 2017 at 4:03 pm

    Kayanya perlu riset pasar dulu dah, Masa iya harga segitu sepeknya bgini.
    Orang lebih milih Samsunglah kalo resmi, tapi kalo ga mao resmi harga segitu dapet Redmi 2 prime sepek 2x lipat.

  • YONO
    January 17, 2017 at 1:29 am

    yaa spek buat perdana bolehlah…harganya hrs lebih murah lagi.

  • Rahmat.habibie
    January 16, 2017 at 9:00 pm

    Review aja wes???

  • Lord Duarte
    January 16, 2017 at 2:37 pm

    Yahh iconnya jelek kayak iconnya iBlurry… Phone by Blurple, Made in Bluryfornia

  • arif
    January 16, 2017 at 11:31 am

    Saya apresiasi karya anak bangsa, saya mau beli kalau sudah dipasarkan. Bagus itu, lebih bagus lagi kalau bisa bersaing melalui spesifikasi atau harga. Tidak apa” harga mahal kalau spesifikasinya bersaing, atau spesifikasi standar tapi dengan harga miring.

  • Abu
    January 16, 2017 at 9:43 am

    Hai..saudaraku..ini hp digicoop di buat untuk kalah ..buat apa. ? kalau perlu batterynya pake 5000 mah. baru ada yg bisa di adu..ini blum pake otak aku udah lemot duluan

  • Reyhan
    January 15, 2017 at 5:43 pm

    Speknya mungkin gk seksi, tp karna menjadi anggota koperasi tentunya bakal dapat benefit lain dari keanggotaan tersebut ? (harusnya)

  • alan
    January 15, 2017 at 4:38 pm

    1GB RAM dan 8GB Memory? Mending anggota koperasinya yang dikasih iuran rutin karena mau menderita pake hape seperti itu.

  • rizki arham
    January 15, 2017 at 4:12 pm

    Terobosannya bag us.. tapi untuk saya pribadi dengan harga 1,2 terlalu mahal dengan spesifikasi yang seperti itu

  • xdone
    January 15, 2017 at 1:59 pm

    Penasaran OS nya apa ya?

  • Komentator
    January 15, 2017 at 1:37 pm

    Mestinya kalo buatan Indonesia harganya lebih murah, itu belom bisa dibilang murah karena spek nya haduh…..

  • YanDhika
    January 15, 2017 at 1:12 pm

    icon aja udah niru niruin style asus… ram 1GB dan internal 8GB buat apaan???

  • Inkeshi Widjaya
    January 15, 2017 at 12:18 pm

    Bagus sich inisiatifnya, tp dng harga 1,2 cmn dpt ram 1, rom 8gb, btrei cuman 1000an apa kata dunia. Tambah dikit dah dapat yg ram 2, dan lbih bagus. Terlambatnya banget

  • Bob kh
    January 15, 2017 at 10:29 am

    Lebih baik tiru strategi xiaomi, jangan ambil untung banyak dulu. Untuk harga segitu terlalu mahal

  • Giovanny
    January 15, 2017 at 10:27 am

    2th sekali? Sekarang udah s8 … 2 th lg berarti dah s10 … Menurut gw pribadi sij ga bakal laku apalagi masyarakat indonesia terkenal suka ganti” hp yg lbh canggih minimal 1th sekali

  • Jihadim
    January 15, 2017 at 9:20 am

    Wah bagus nih, sayang harga nya kalo setara nabung gitu jadi kemahalan dengan spek gituan. Tapi untungnya tiap dua tahun sekali dapat ganti hp baru. Lumayan lah…

Leave a Response