Connect with us
ROG GL504
Tech News

OPPO Resmi Meluncurkan OPPO Find X, Punya Fitur “Stealth 3D Cameras”

Published
OPPO Find X DL 1

Setelah “diistirahatkan” cukup lama, OPPO akhirnya merilis smartphone Find Series terbarunya, OPPO Find X. Ya! Terakhir kali OPPO merilis Find Series pada tahun 2014 lalu dengan menggelontorkan OPPO Find 7. Kini, Find X yang dihadirkan pun memiliki desain dan fitur yang terbilang menarik.

OPPO Find X datang dengan layar OLED FullHD+ yang memiliki ukuran 6,42 inci. Tak hanya itu, smartphone ini juga memiliki rasio screen-to-body mencapai 93,8 persen dan aspek rasio 19,5:9. Bisa dikatakan, layar OPPO Find X membentang dari atas hingga bawah dan tidak ada ruang bezel di bagian atas.

Meski begitu, masih ada celah kecil di bagian atas sehingga OPPO tetap bisa menempatkan earpiece. Sedangkan untuk kamera depan, sensor dan beberapa modul pendukung lainnya berhasil disembunyikan. Ya! OPPO Find X juga memiliki mekanisme slide-out atau pop-up seperti Vivo NEX.

OPPO Find X Rilis 1

Namun berbeda dengan NEX, mekanisme slide-out yang ada pada Find X tak hanya mampu menampilkan kamera depan dan sensor pemindai wajah 3D, tetapi juga bisa menampilkan dual-camera belakang serta LED flash. Memang potongan untuk menempatkan semua itu lebih besar daripada yang dimiliki oleh Vivo NEX.

Mekanisme slide-out ini oleh OPPO disebut sebagai “Stealth 3D Cameras” dan mereka mengklaim bahwa proses slide-out hingga muncul hanya butuh waktu 0,5 detik. Tentunya hal ini bertujuan agar OPPO juga bisa memberi rasa nyaman kepada pengguna ketika ingin memanfaatkan fitur pemindai wajah 3D.

Lantas, bagaimana dengan jeroannya? Seperti yang telah diungkap lewat beberapa teaser yang disebarkan oleh OPPO sendiri, Find X memang dipacu dengan chipset papan atas buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM sebesar 8 GB serta internal storage berkapasitas 256 GB.

OPPO Find X DL 2

Untuk kebutuhan memotret, smartphone unggulan ini dilengkapi dengan kamera depan yang memiliki resolusi 25 MP. Tak hanya itu, OPPO juga melengkapinya dengan fitur multiple 3D portrait lighting dan juga dilengkapi dengan emoji yang oleh OPPO disebut Omoji.

Sedangkan untuk kamera belakangnya, OPPO menempatkan dua kamera sekaligus yang memiliki kombinasi 16 MP + 20 MP. Sudah barang tentu, pabrikan smartphone asal Cina ini melengkapinya dengan fitur OIS dan artificial intelligence alias AI, seperti scene recognition.

Saat pengguna menggunakan aplikasi kamera atau aplikasi apapun yang perlu menggunakan kamera, secara otomatis mekanisme slide-out atau pop-up akan langsung bekerja dan akan menampilkan kamera yang terpasang pada Find X. Hal ini juga akan secara otomatis akan turun ke bawah saat pengguna keluar dari aplikasi kamera yang dijalankan.

OPPO Find X DL 3

Satu hal yang tidak disertakan oleh OPPO ke dalam smartphone ini adalah sensor pemindai sidik jari. Oleh karena itu, fitur keamanan biometrik yang tersedia hanyalah pemindai wajah 3D dan OPPO menyebutnya O-Face. OPPO juga sesumbar bahwa tingkat kegagalan O-Face lebih kecil ketimbang pemindai sidik jari.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan slot SIM Card yang diletakkan di sisi bagian bawah, tepatnya di samping USB Type-C. OPPO juga tidak menyertakan jack audio 3.5mm dan kapasitas baterai smartphone dengan antarmuka Color OS 5.1 berbasis Android 8.1 Oreo ini hanyalah 3.730 yang juga dilengkapi dengan pengisian cepat OPPO VOOC.

Baca juga

Selain itu, OPPO juga sesumbar bahwa smartphone buatannya ini sudah dipersiapkan untuk bisa mendapatkan dukungan Android P. Ada dua pilihan warna yang ditawarkan, yakni Bordeaux Red dan Glacier Blue. OPPO Find X mulai tersedia pada bulan Agustus 2018 dan dibanderol dengan harga € 999 atau sekitar Rp16 jutaan.

Comments

Wajib baca

Populer