OPPO Pamer Teknologi 5X Dual-Camera Zoom, Apa Istimewanya?

Di ajang bergengsi MWC 2017, OPPO turut berpartisipasi bersama vendor-vendor terkemuka lainnya. OPPO memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan secara eksklusif fitur 5x Dual-Camera Zoom, sebuah teknologi dual-camera untuk smartphone dengan struktur periskop pertama di dunia.

Teknologi ini menawarkan kemampuan lossless zoom 5x pada smartphone, sebuah terobosan inovasi yang menghasilkan standar lebih tinggi dibandingkan fungsi zoom 2x yang tersedia di pasaran saat ini (iPhone 7 Plus). Pengguna juga dapat menikmati kemampuan image stabilization yang belum pernah ada sebelumnya dengan bentuk smartphone yang tetap tipis dan ramping.

OPPO bekerja selama hampir satu tahun untuk mengembangkan terobosan teknologi dual-camera berstruktur periskop tersebut. Teknologi 5x Dual-Camera Zoom terinspirasi dari periskop yang terdapat pada kapal selam. Dual-camera terbaru ini menggunakan wide-angle dan lensa telephoto, sementara kerangka lensa telephoto menggunakan struktur periskop secara inovatif.

5x dualcam zoom

Dengan menggeser sudut lensa telephoto sebanyak 90 derajat, lensa akan mendapatkan ruang yang diperlukan untuk kemampuan zoom secara mendalam. Prisma berstruktur periskop tersebut akan mengarahkan jalur cahaya yang masuk pada kamera melalui sudut 90 derajat, dan meneruskan gambar melalui lensa telephoto ketika pengguna memperbesar subjek atau objek foto.

Pada umumnya, ketika faktor zoom meningkat pada pengambilan gambar, getaran terkecil pun dapat berpengaruh besar terhadap kejelasan gambar. Terobosan lain dari 5x Dual-Camera Zoom ini juga terdapat pada solusi Optical Image Stabilization (OIS). Berbeda dengan manufaktur smartphone lainnya yang menggunakan OIS  pada lensa wide-angle, OPPO mengambil pendekatan berbeda dan menyematkan  OIS langsung pada lensa telephoto.

Namun pada gelaran MWC 2017 ini, OPPO memang hanya memperkenalkan teknologi 5x Dual-Camera Zoom saja. Tidak ada satu pun smartphone baru yang diperkenalkan. Tapi OPPO menyediakan unit smartphone prototype yang sudah menerapkan teknologi baru ini dimana pengunjung bisa langsung menjajalnya. Semoga saja smartphone dengan fitur 5x Dual-Camera Zoom ini bakal dirilis dalam waktu dekat.

(last edit: 28 February, 2017 / 8:30 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
4%
Biasa Aja
8%
Payah!
18%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.