Connect with us
MaxM2
Featured

OPPO F5 VS Vivo V7+, Duel Smartphone Selfie 2017

Updated

Persaingan sedarah antara OPPO dan Vivo makin hari makin memanas. Hingga kini, keduanya masih konsisten meluncurkan smartphone dengan embel-embel selfie. Pada bulan September 2017 lalu Vivo merilis Vivo V7+, dua bulan kemudian OPPO menggebraknya dengan OPPO F5.

Tak hanya perang dalam hal penyajian perangkat, Vivo dan OPPO juga rela menggelontorkan banyak uang untuk biaya promosi. Tak main-main, Vivo menggandeng Agnez Mo untuk membantu pemasaran V7+ dan OPPO memikat konsumen untuk membeli F5 lewat pesona Chelsea Islan.

Lantas di antara kedua smartphone tersebut, yakni Vivo V7+ dan OPPO F5, mana yang terbaik? Oleh karena itu, tentukan pilihan kalian setelah menyimak ulasan mengenai duel maut kedua smartphone ini. Berikut ulasannya.

OPPO F5 vs Vivo V7+: Desain dan Layar

Lahir di era bezel-less, Vivo mengemas V7+ dengan konsep desain serupa. Vivo menyebutnya “FullView Display”. Istilah ini mengacu pada layar minim bezel berukuran 5,99 inci yang disematkannya.

Layar super lega alias full screen ini memiliki resolusi hingga 1.440 x 720 piksel dengan aspek rasio kekinian, yakni 18:9 dan kerapatan layar mencapai 269 ppi. Bodi Vivo V7+ juga tampak premium berkat balutan bahan polikarbonat yang kuat.

Sementara sang lawan, yakni OPPO F5 juga menyuguhkan desain yang tak kalah trendi. Pada bagian depan terdapat layar minim bezel “FullView” berukuran 6 inci dengan aspek rasio yang juga sama, yakni 18:9.

Menariknya, layar OPPO F5 sudah Full HD dengan kerapatan hingga 402 ppi. Jelas, hal ini menjadi nilai jual F5 di mata konsumen. Selain itu, OPPO juga telah membungkus F5 dengan bahan metal yang kuat dan premium.

Untuk urusan desain dan tampilan, dua smartphone ini cukup up-to-date alias tidak ketinggalan zaman. Ya! Keduanya sama-sama menawarkan desain dan tampilan yang unik dan nyentrik. Tapi jika harus memilih, kami lebih condong untuk memilih OPPO F5 karena resolusi layarnya lebih tinggi.

OPPO F5 vs Vivo V7+: Kamera

Senjata pamungkas dari kedua smartphone ini terletak pada kamera, khususnya kamera selfie. Lahir lebih dulu, Vivo V7+ mengadopsi kamera depan dengan resolusi 24 MP plus aperture f/2.0 dan LED flash.

Dengan resolusi kamera sebesar itu, Vivo juga sesumbar bahwa mereka telah membenahi dukungan lainnya yang juga terkait dengan kamera depan yang disematkan. Bisa dikatakan, kemampuan kamera depannya sudah lebih baik dibandingkan pada Vivo V Series sebelumnya.

Pembenahan yang dilakukan antara lain memperbarui algoritma fitur Face Beauty sehingga pengguna dapat menyulap wajah menjadi lebih mulus. Tak hanya itu, Vivo juga sudah menyematkan fitur Potrait Mode untuk menciptakan foto dengan efek latar belakang blur.

Tak cuma kece pada kamera depannya, Vivo V7+ juga disokong dengan kamera belakang yang cukup mumpuni. Ya! Vivo V7+ dibekali dengan kamera belakang yang memiliki resolusi 16 MP plus aperture f/2.0. Tak ketinggalan, LED flash juga turut disisipkan.

Hasil selfie Vivo V7+

Sementara, OPPO F5 dipersenjatai kamera depan yang memiliki resolusi 20 MP dengan aperture f/2.0. Menariknya, kamera depan OPPO F5 sudah dibekali teknologi AI alias kecerdasan buatan yang mampu mengidentifikasi karakteristik wajah dan warna kulit pengguna.

Berkat adanya teknologi tersebut, OPPO juga mengklaim bahwa kamera depan yang ada pada F5 yang dikembangkannya ini mampu menghasilkan foto selfie yang natural. Teknologi ini disebut juga dengan istilah AI Beauty Recognition.

Hasil selfie OPPO F5

Lantas, bagaimana dengan dukungan kamera utamanya? Meski jadi smartphone yang mengandalkan kemampuan kamera depan, OPPO tak melupakan dukungan kamera belakang yang mumpuni. Ya! OPPO menyematkan kamera belakang 16 MP plus aperture f/1.8.

Di atas kertas, kamera depan yang dibawa Vivo V7+ memiliki resolusi yang lebih tinggi ketimbang OPPO F5. Akan tetapi, besaran resolusi tak cukup akurat untuk digunakan sebagai acuan kualitas. Di sisi lain, OPPO F5 punya nilai lebih dengan menghadirkan teknologi AI yang lebih kekinian.

Jadi mana yang lebih baik? Kalian bisa melihatnya secara langsung lewat perbandingan hasil foto di bawah ini yang dijepret dengan kamera selfie V7+ dan F5 oleh rekan kami dari Filipina, yakni Gadgetmatch.

OPPO F5 vs Vivo V7+ : Hardware dan Software

Beranjak ke sisi dapur pacunya, Vivo V7+ telah dibekali chipset Snapdragon 450 yang ditunjang dengan RAM 4 GB, GPU Adreno 506, internal storage berkapasitas 64 GB, serta baterai berkapasitas 3.225 mAh. Kapasitas storage-nya dapat ditambah dengan microSD hingga 256 GB.

Berbeda dengan sang lawan, OPPO F5 lebih mengandalkan chipset MediaTek Helio P23. Sedangkan RAM yang disematkan yakni 4 dan 6 GB, GPU Mali G71, internal storage berkapasitas 32 atau 64 GB, serta dukungan baterai berkapasitas 3.200 mAh.

Untuk sisi software, OPPO F5 menggunakan Android Nougat 7.1 yang dikemas ke dalam Color OS 3.2. Sementara Vivo V7+ juga menggunakan Android Nougat 7.1 yang telah dikustomisasi ke dalam FunTouch OS 3.2.

Tak ketinggalan, kedua smartphone ini juga sama-sama dilengkapi sensor keamanan sidik jari yang diletakan pada bodi belakang. Keduanya juga dilengkapi dengan teknologi face recognition yang akurat dan cepat.

Pada sektor hardware, jujur saja keduanya memilki performa yang tidak jauh berbeda. Chipset Snapdragon 450 dan MediaTek Helio P23 memiliki kemampuan yang kurang lebih sama. Akan tetapi, OPPO F5 sedikit lebih unggul, khususnya untuk varian RAM dengan 6 GB.

Seperti yang kita ketahui, kapasitas RAM yang longgar akan mendongkrak performa smartphone ketika digunakan untuk kegiatan multitasking atau pekerjaan-pekerjaan berat. Jelas, ini menjadi nilai tambah sebuah perangkat di mata konsumen.

Tapi khusus bagi Anda yang hobi bermain game cukup sering, performa Vivo V7+ di atas kertas sedikit lebih unggul dan lancar karena GPU yang dimilikinya hanya me-render grafis pada resolusi layar HD+ saja, jadi lebih ringan.

OPPO F5 vs Vivo V7+: Harga

Harga jadi bagian yang paling diperhitungkan oleh konsumen. Menariknya, OPPO F5 dan Vivo V7+ berada pada rentan harga yang relatif tak terpaut jauh. OPPO membanderol F5 varian 4 GB dengan harga Rp4 juta pas, sementara versi RAM 6 GB dijual Rp5,2 juta. Di lain sisi, sang lawan, yakni Vivo V7+ dijual dengan harga yang ada di tengah-tengah F5 4 dan 6 GB, yakni Rp4,7 juta. So, mana yang sesuai dengan kantong Anda?

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.