OPINI: Smartphone Kamera Tunggal vs Kamera Ganda

Jika tren smartphone tahun 2016 mengacu pada penggunaan sensor sidik jari, kini tren tersebut sudah bergeser ke kamera. Penggunaan kamera ganda atau bisa disebut dual-camera mulai marak pada akhir 2016 lalu dan kini sudah semakin sering dijumpai.

Awal tren kamera ganda

optimus 3d

Sebenarnya tren dual-camera pertama kali dicetuskan oleh LG melalui Optimus 3D pada 2011 silam. Kala itu LG berinisiatif menggunakan kamera ganda di sisi belakang Optimus 3D untuk menciptakan smartphone yang bisa menangkap gambar dengan perspektif 3D stereoskopik. Hasilnya pun bisa dilihat secara kasat mata.

Setelah LG Optimus 3D, lalu muncul HTC Evo 3D dengan konsep serupa di tahun yang sama. Ya, kala itu hanya ada dua pemain utama yang menciptakan smartphone dengan konfigurasi dual-camera. Tapi karena dinilai gagal, tren dual-camera ini lalu menghilang.

Sempat hilang dan muncul kembali

p9 bokeh

Hingga akhirnya berdasarkan catatan kami, Huawei berhasil membangkitkan kembali tren dual-camera melalui smartphone P9. Huawei bekerjasama dengan Leica mengembangkan kamera P9. Pada awalnya sambutannya tak bisa dibilang meriah.

Tapi perlahan tapi pasti, apa yang dikerjakan oleh Huawei mulai dinikmati banyak kalangan. Hasilnya memang tidak mengecewakan, dimana dual-camera milik P9 bisa menghasilkan foto klasik hitam putih serta foto bokeh.

ip7plusbokeh

Singkatnya, hingga saat ini sudah banyak smartphone yang mengusung konfigurasi dual-camera. Kami pun sempat menjajal beberapa. Selain Huawei P9, kami sudah pernah menjajal Xiaomi Redmi Pro, Huawei Mate 9, Huawei P10, iPhone 7 Plus, LG G5, LG V20, LG G6, Xiaomi Mi 6, Coolpad Cool Dual, ASUS ZenFone Zoom S, Nubia M2, hingga yang berkamera depan ganda seperti Vivo V5 Plus,  OPPO F3 Plus, serta F3.

Berdasarkan data yang dirilis DxOMark, lima smartphone dengan kamera terbaik seluruhnya memiliki kamera tunggal.

Populasi smartphone dual-camera ini diyakini bakal terus bertambah. Huawei dipastikan bakal jadi yang paling getol merilis smartphone dual-camera. Bahkan Samsung pun dikabarkan sudah menyiapkan Galaxy C10 yang bakal jadi smartphone dual-camera pertama dari Samsung. Prediksi kami, tren kamera ganda ini masih akan booming hingga tahun depan.

Kamera tunggal kalahkan kamera ganda

dxomark rank mobile

Pertanyaannya, apakah penggunaan dua kamera ini pasti dan akan selalu lebih baik dari kamera tunggal? Boleh jadi ya, bisa juga tidak. Kami pribadi termasuk yang menyukai smartphone berkamera ganda karena biasanya membawa fitur yang lebih asyik. Praktis kami pun beranggapan dan meyakini kalau dua kamera pasti lebih baik daripada hanya satu.

Tapi paradigma itu sepertinya harus kembali dikaji. Bagaimana tidak, tiga smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark menempatkan HTC U11 (skor 90), Google Pixel (89), dan Samsung Galaxy S8 (88) di peringkat tiga teratas. Selanjutnya peringkat empat dan lima ditempati HTC 10 (88) dan Sony Xperia X Performance (88).

dxomark u11

Berdasarkan data yang dirilis DxOMark tersebut, ada fakta menarik dimana kita bisa melihat kalau lima smartphone dengan kamera terbaik seluruhnya hanya memiliki kamera tunggal. Terlepas dari fitur dual-camera yang ditawarkan, tapi performa dan kualitas jepretan smartphone berkamera tunggal nyatanya dinilai lebih baik.

Smartphone berkamera ganda seperti Huawei P10 hanya meraih skor 87. Sementara LG G5 meraih skor 86 serta LG V20 dan Huawei Mate 9 masing-masing mencetak skor 85 poin. Skor yang dirilis DxOMark ini tentunya sangat bisa dijadikan acuan mengingat mereka memiliki standar pengujian dan penilaian yang sudah teruji.

Kesimpulan

Penggunaan dua kamera di atas kertas menawarkan fitur yang lebih kaya, meski hasil atau kualitasnya belum pasti baik. Pada akhirnya kini kita dihadapkan dengan semakin menjamurnya smartphone berkamera ganda, bahkan dengan harga yang makin terjangkau.

Tapi sekali lagi, angka lebih tinggi atau lebih banyak tidak melulu menjanjikan keunggulan. Setidaknya hal ini berlaku pada standar jumlah kamera smartphone, dimana smartphone berkamera tunggal justru mampu mengalahkan smartphone berkamera ganda.

Jadi, pilih kamera tunggal atau kamera ganda?

(last edit: 11 June, 2017 / 12:26 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
94%
Mau
2%
Biasa Aja
6%
Payah!
1%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.