Connect with us
ROG GL504
Tech News

NVIDIA: GPU GeForce untuk Gamer, Bukan Penambang Bitcoin

Published
Crytocurrency NVIDIA
Vivo V11 Pro

Saat ini cryptocurrency (uang digital) seperti Bitcoin jadi topik obrolan yang banyak dibicarakan orang-orang. Seperti yang kita ketahui, kabarnya untuk menambang cryptocurrency dibutuhkan sebuah sistem PC yang kuat dengan sebutan “rig system”.

Mengapa PC yang dibangun harus kuat? Pasalnya, proses penambangan cryptocurrency tidak mudah dilakukan oleh PC dengan spesifikasi yang ala kadarnya. Oleh karena itulah, sistem PC yang dibangun juga membutuhkan GPU (VGA card) yang bisa diandalkan.

Terkait dengan hal itu, NVDIA selaku salah satu produsen GPU terbesar belum lama ini merilis sebuah pernyataan. Isinya yakni menegaskan bahwa NVIDIA merekomendasikan para penjual untuk memasarkan GPU NVIDIA hanya untuk para gamer, bukan para penambang cryptocurrency.

Penegasan NVIDIA cukup beralasan. Pasalnya NVIDIA melihat bahwa harga pasaran GPU bekas (second) sudah mengalami kenaikan yang tak lagi wajar. Bukan hanya itu, sejumlah toko juga kehabisan stok GPU baru yang diduga kuat diborong oleh beberapa penambang untuk menciptakan PC yang andal.

Meski begitu, ini adalah sebuah inisiatif yang mesti dilakukan oleh NVIDIA. Produsen GPU ini sendiri mengakui cukup kesulitan untuk mengontrol para partner penjualnya. Sebab tak mungkin melakukan pelacakan lebih dalam, apakah seseorang membeli GPU untuk keperluan bermain game atau penambangan.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, juru bicara NVIDIA Boris Böhles mengatakan kepada ComputerBase bahwa perusahaannya akan selalu mengutamakan permintaan para gamer. “Bagi NVIDIA, gamers adalah audiens utama kami,” sebutnya.

Lebih jauh, Boris juga menegaskan bahwa semua aktivitas yang terkait dengan lini produk GeForce ditargetkan untuk para gamer. Untuk itu, NVIDIA juga akan terus memastikan dan mengontrol ketersedian kartu grafis GeForce di pasaran.

Baca juga

Sekali lagi, akan terasa sulit bagi NVIDIA untuk melacak lebih dalam penjualan GPU miliknya yang dipasarkan oleh sejumlah toko. Namun kabar baiknya, NVIDIA juga turun tangan menjual langsung GPU yang dikembangkan kepada para gamer lewat situs resmi mereka. Jelas, ini sebuah solusi yang baik.

Comments

Wajib baca

Populer