Connect with us
Tech News

Nokia 9 PureView dengan Lima Kamera Dijual Seharga Rp9,8 Juta

Nokia 9 PureView secara resmi telah diperkenalkan oleh HMD Global. Ya! Smartphone ini datang dengan dukungan lima kamera di bagian belakang dan berjalan dengan Android 9 Pie murni. Sudah mulai dipasarkan, smartphone ini dijual seharga Rp9,8 juta.

Updated

Memanfaatkan keseruan Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, HMD Global telah merilis secara resmi smartphone andalannya, Nokia 9 PureView. Ya! Smartphone ini datang dengan dukungan lima kamera yang dipasang di panel bagian belakang.

Selain itu, HMD juga melengkapi smartphone unggulannya ini dengan layar HDR10, pemindai sidik jari di dalam layar, dan pengisian nirkabel. Nokia 9 PureView juga datang sebagai smartphone tahan air dan debu karena sudah dibekali sertifikasi IP67.

Bodi belakang smartphone ini dibalut dengan material logam yang dilapisi kaca, sedangkan bingkainya dikunci dengan material alumunium. Nokia 9 PureView juga dilengkapi dengan layar OLED berukuran 5,99 inci yang mengusung resolusi 2.880 x 1.440 piksel alias quadHD+.

Aspek rasio smartphone ini sendiri adalah 18:9 dan HMD juga melengkapinya dengan fitur Always on Display. Untuk memproteksi layarnya, HMD telah memuat Corning Gorilla Glass 5. Lima kamera yang dibenamkan juga disandingkan dengan dual-LED flash dan sensor ToF.

Berbicara soal konfigurasi kamera yang dibenamkan, HMD memuat dua sensor RGB 12 MP dan tiga sensor monokrom 12 MP. Menariknya, kelima sensor kamera yang ada jika digunakan bersamaan, bisa mengambil gambar tunggal 50 MP yang didukung oleh co-prosesor gambar khusus.

Dikatakan, setiap gambar memiliki rentang dinamis 12,4 stop. Ini adalah pengukuran sensitivitas di mana kecerahan gambar meningkat dua kali lipat. Dengan bantuan sensor ToF, Nokia 9 PureView dapat menangkap kedalaman hingga 1.200 lapisan data hingga 40 meter dari kamera.

Untuk mengedit gambar lebih lanjut, pengguna dapat menggunakan Adobe Lightroom untuk mengekspor gambar RAW. Selain itu, smartphone ini juga menyertakan Nokia Pro Camera UI yang memungkinkan untuk melihat penyesuaian kamera secara real-time.

Lewat Nokia Pro Camera UI,  juga memungkinkan pengguna untuk mengelola eksposur dengan detail yang lebih halus. Aplikasi Google Photos secara native dapat mendukung foto yang diambil melalui Nokia 9 PureView.

Digunakan untuk merekam video, smartphone ini dapat mendukung untuk pengambilan video 4K HDR pada 30 fps. Sedangkan di bagian depan, HMD telah melengkapi Nokia 9 PureView dengan sensor 20 MP yang memiliki aperture f/1.8 plus tambahan teknologi Tetracell.

Tidak berbeda dengan kebanyakan Nokia Series lainnya, Nokia 9 PureView juga datang dengan Android murni dari Android 9 Pie. Dengan begitu, HMD juga menjamin bahwa smartphone ini akan diperlakukan untuk mendapatkan update OS selama dua tahun dan patch keamanan selama tiga tahun.

Nah! Untuk dapur pacunya, Nokia 9 PureView masih ditenagai dengan Snapdragon 845. Di dalamnya juga terpasang RAM sebesar 6 GB dan internal storage berkapasitas 128 GB. Smartphone ini telah ditenagai baterai berkapasitas 3.320 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0 dan USB PD.

Baca juga

Bagi kalian yang tertarik untuk meminang smartphone ini, HMD membanderolnya dengan harga US$ 699 atau sekitar Rp9,8 juta. Smartphone ini akan memasuki pasar pada bulan Maret 2019. Apakah akan turut diboyong ke pasar Indonesia? Kita tunggu saja!

Comments

Populer