Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Featured

Mengenal Kamera Samsung Galaxy A70 dan Galaxy A80

Samsung Galaxy A70 dan Galaxy A80 sudah diperkenalkan secara resmi oleh Samsung di Bangkok, Thailand. Keduanya datang dengan dukungan tiga kamera.

Updated

Pada segmen kelas menengah ke atas, Samsung sepertinya akan menggedor pasar smartphone lewat Galaxy A Series. Ini terbukti dari kengototan Samsung yang meluncurkan begitu banyak Galaxy A Series. Ya! Terhitung saat ini sudah ada Galaxy A10, A20, A30, A50, A70 dan A80.

Tentu saja, yang baru diperkenalkan oleh Samsung adalah Galaxy A70 dan A80. Ya! Pabrikan elektronik asal Korea Selatan itu memperkenalkan dua smartphone barunya di Bangkok, Thailand dalam acara spektakuler bertajuk “A Galaxy Event” yang juga diramaikan oleh aksi BLACKPINK.

Nah! Jika melihat dukungan kamera yang disematkan oleh Samsung ke dalam Galaxy A70 dan A80, masing-masing punya tiga kamera belakang. Namun uniknya, tiga kamera belakang yang dimiliki oleh Galaxy A80 bisa juga menjadi kamera depan. Ya! Galaxy A80 mengadopsi teknologi “rotating camera”.

Mari kita lihat satu per satu konfigurasi kamera yang ada di dalam Galaxy A70 dan A80. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Galaxy A70 punya dukungan tiga kamera belakang. Konfigurasinya adalah 32 MP + 8 MP + 5 MP.

Jika diurai, 32 MP merupakan lensa utama yang ditopang dengan aperture f/1.7. Sementara itu, 8 MP merupakan lensa ultra-wide yang memiliki sudut pandang hingga 123 derajat, dan terakhir adalah 5 MP dengan aperture f/2.2 yang menjadi lensa kedalaman untuk menciptakan efek bokeh.

Sedangkan untuk memanjakan para penyuka foto selfie dan video call, Samsung membekali Galaxy A70 dengan kamera depan 32 MP plus aperture f/2.0. Kamera depannya ini ditempatkan ke dalam sebuah poni dengan desain Infinity-U dan juga bisa berfungsi sebagai face unlock.

Tentu saja, yang tak kalah menarik adalah dukungan tiga kamera yang ada pada Galaxy A80. Punya dukungan tiga kamera, konfigurasinya 48 MP + 8 MP + 3D Time of Flight (ToF). Tak hanya berfungsi sebagai kamera belakang, ketiga juga bisa dimanfaatkan sebagai selfie-camera alias kamera depan.

Lensa 48 MP merupakan kamera utama yang disokong dengan aperture f/2.0. Sedangkan 8 MP merupakan kamera sekunder yang berfungsi sebagai lensa wide dengan sudut pandang 123 derajat, dan kamera ketiga, 3D ToF yang menawarkan fitur Live Focus untuk foto serta video.

Seperti telah disebutkan, Galaxy A80 punya inovasi yang menarik, yakni rotating camera. Tiga kamera yang disematkan secara otomatis pop-up dari bagian belakang smartphone ketika pengguna mengaktifkan aplikasi kamera. Dengan mekanisme berputar tiga kamera ini juga dapat diaplikasikan pada mode selfie.

Tidak ketinggalan, Samsung juga membenamkan fitur Super Steady. Ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin memanfaatkan Galaxy A80 untuk membuat konten video yang ciamik. Fitur ini mengurangi guncangan dan memastikan gambar yang mulus untuk video pro-level action.

Fitur cerdas lainnya adalah Scene Optimizer. Lewat fitur ini, kamera yang ada pada Galaxy A80 dapat  mengenali hingga 30 scene. Selain itu, ada juga Flaw Detection yang secara otomatis dapat mengidentifikasi gangguan sebelum pengguna menangkap gambar.

Baca juga

Samsung sendiri sudah mengumumkan bahwa Galaxy A80 baru akan dijual pada akhir bulan Mei 2019. Sementara, Galaxy A70 akan mulai ditawarkan pada tanggal 26 April 2019. Samsung pun berjanji, akan memboyong keduanya ke pasar Indonesia. Jadi, kalian lebih suka yang mana?

Comments

Populer