Connect with us
Featured

Menakar Samsung Galaxy S10e dengan iPhone Xr, “Flagship Budget”

Samsung dalam waktu dekat akan merilis Galaxy S10 Series. Salah satu model yang akan diperkenalkan adalah Galaxy S10e. Jadi “flagship budget”, smartphone ini pun pantas untuk kita takar dengan iPhone Xr besutan Apple.

Updated

Kita ingat, pada tahun 2018 lalu Apple tak hanya merilis iPhone Xs dan Xs Max, tetapi juga iPhone Xr. Ya! iPhone Xr sengaja dihadirkan untuk menjangkau pengguna yang ingin “memakai iPhone” dengan harga terjangkau. Nah! Langkah Apple ini rupanya diikuti oleh Samsung.

Di awal tahun 2019, Samsung yang saat ini masih menduduki peringkat atas pasar smartphone global akan merilis Galaxy S10 Series. Ada tiga model yang akan diperkenalkan, yakni Galaxy S10, Galaxy S10+ dan Galaxy S10e. Nah! lewat Galaxy S10e inilah yang diduga kuat Samsung mengikuti jejak Apple.

Apple menempatkan iPhone Xr sebagai “flagship budget”. Begitu juga Samsung yang pada tanggal 20 Februari 2019 nanti akan turut memperkenalkan Galaxy S10e. Tentu saja Samsung berharap, Galaxy S10e bisa membawa banyak keberuntungan seperti yang ditunjukkan iPhone Xr.

Lantas, apakah Galaxy S10e siap bertarung dengan iPhone Xr? Mari kita ulas bersama-sama mulai dari desain, spesifikasi dan layar, dukungan kamera hingga harga Galaxy S10e di pasaran. Namun yang patut kalian ingat, semua ini masih berbentuk rumor.

Galaxy S10e vs iPhone Xr: Desain

Sama seperti Xr dan saudara kandungnya yang lebih besar, Galaxy S10e diharapkan datang dengan balutan kaca di bagian belakang. Sedangkan sisi-sisinya alias bingkainya terbuat dari logam. Diperkirakan, S10e juga akan datang dengan berbagai warna menarik yang enak dipandang mata.

Bocorannya, Galaxy S10e akan datang dengan pilihan warna Black, White, Green, Blue dan Yellow. Jika dibandingkan dengan iPhone Xr, jumlah pilihan warna yang ditawarkan sama, yakni Black, White, Blue, Yellow dan Coral. Namun, Apple juga punya iPhone Xr dengan warna khusus, yakni (PRODUCT)RED.

Berbicara soal ukuran layar, kabarnya Samsung akan mengemas Galaxy S10e dengan layar 5,8 inci. Ya! Ini mengingatkan kita dengan ukuran layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9. Sedangkan iPhone Xr sedikit lebih lebar, yakni 6,1 inci.

Jika melihat dari ukuran layarnya itu, bisa jadi Galaxy S10e akan sedikit lebih kompak dibandingkan iPhone Xr. Selain itu, “flagship budget” besutan Samsung ini diperkirakan akan punya bezel yang lebih tipis di sekitar layar. Ya! Tampaknya benar-benar berbeda dengan bezel yang dimiliki iPhone Xr.

Secara keseluruhan, dimensinya diharapkan cukup mirip. Yang membedakan adalah solusi biometrik yang disematkan. Kabarnya, Samsung akan melengkapi Galaxy S10e dengan pemindai sidik jari yang dipasang di samping. Sementara, Apple melengkapi Xr dengan TrueDepth Camera untuk facial recognition.

Galaxy S10e vs iPhone Xr: Layar dan Spesifikasi

Seperti yang diungkap lewat sejumlah bocoran, Samsung akan mengemas layar Galaxy S10e dengan desain Infinity-O “punch hole”. Sedangkan Apple mengemas iPhone Xr dengan poni khasnya yang begitu mencolok dan itu untuk menaungi kit kamera FaceID.

Layar Super AMOLED dengan resolusi FullHD+ yang kemungkinan besar akan dimuat oleh Samsung ke dalam Galaxy S10e akan jadi nilai jual smartphone tersebut. Ini pun berbeda dengan iPhone Xr yang hanya dibekali layar LCD dengan resolusi HD+.

Masuk ke dalam bodinya, kita sudah tahu bersama bahwa Apple membekali iPhone Xr dengan chipset Apple A12 terbaru. Ya! Chipset ini dapat menghasilkan video 4K. Sedangkan Galaxy S10e kabarnya akan disokong chipset Snapdragon 855 atau Exynos 9820.

Satu hal yang menarik, Apple A12 dan Snapdragon 855 dibuat lewat teknologi proses 7 nanometer. Sedangkan Exynos 9820 dibuat lewat teknologi fabrikasi 8 nanometer. Di atas kertas, seharusnya kinerja yang dibangun oleh Samsung lewat Galaxy S10e tidak kalah bertenaga dibandingkan iPhone Xr.

Nah! Keunggulan mutlak yang bisa dirasakan, Samsung kabarnya akan membuat Galaxy S10e dengan internal storage paling kecil berkapasitas 128 GB. Sedangkan kita tahu bersama, kapasitas penyimpanan paling dasar yang dimiliki oleh iPhone Xr adalah 64 GB.

Galaxy S10e vs iPhone Xr: Kamera dan baterai

Tak sedikit yang memperkirakan, Galaxy S10e akan “mengimplementasi” dukungan dual-camera belakamng yang ada pada Galaxy Note 9. Tentu saja, Samsung nantinya juga diharapkan memberikan suntikan kemampuan terhadap kamera yang disematkan.

Jika benar Samsung memakai kamera Galaxy Note 9, artinya kita akan melihat bahwa Galaxy S10e akan tiba dengan konfigurasi 12 MP sebagai kamera utama + 12 MP sebagai telefoto. Sedangkan Apple masih sangat percaya diri membenamkan kamera tunggal di bagian belakang dengan resolusi 12 MP.

Mengingat rekam jejak Samsung soal kamera yang disematkan, diharapkan raksasa elektronik asal Korea Selatan ini mau meningkatakan kemampuan kamera Galaxy S10e dengan fitur low-light atau pemotretan malam hari. Untuk urusan ini, Xr sudah melakukannya.

Mengenai catu daya alias baterai, kemungkinan Samsung akan membenamkan baterai berkapasitas 3.100 mAh ke dalam S10e. Seperti yang kita tahu, iPhone Xr hanya mengandalkan baterai berkapasitas 2.942 mAh. Ya! Kapasitas baterai Galaxy S10e hanya lebih besar 3% dibandingkan iPhone Xr.

Baca juga

Galaxy S10e vs iPhone Xr: Harga

Ya! Bagian yang paling menarik tentu saja harga jual yang ditawarkan oleh Samsung dan Apple terhadap “flagship budget” buatannya. Apple kini menjual iPhone Xr di Indonesia dengan harga Rp13.999.000 (64 GB).

Melihat harga yang ditawarkan oleh Apple, tentunya Samsung diperkirakan tidak akan menjual Galaxy S10e jauh lebih murah ketimbang iPhone Xr. Apalagi jika benar Samsung merilis Galaxy S10e mulai dari penyimpanan internal 128 GB.

Namun, berbagai sumber di Korea Selatan mengklaim bahwa “flagship budget” dari portofolio Galaxy S10 Series ini akan dijual mulai dari US$ 715 atau setara dengan Rp10 juta. Itu artinya, Galaxy S10e memiliki perbedaan harga yang lumayan tipis dengan Galaxy S9 yang masih dipasarkan saat ini.

Comments

Populer