Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Featured

Kamera Selfie Zaman Now, Mana Paling Kece?

Vivo punya Vivo V15 Pro dan OPPO punya OPPO F11 Pro. Sementara, Samsung punya Galaxy A80 dan ASUS punya ZenFone 6. Semuanya datang dengan dukungan kamera depan yang unik. Ya! Itulah Revolusi selfie camera di tahun ini.

Updated

Sejak awal tahun ini, sejumlah pabrikan smartphone Android terus memperlihatkan inovasi dalam meracik dukungan kamera yang disematkan, terutama pada kamera depan. Ya! Kini mereka pun menghindar untuk tidak lagi memuat kamera depan di area layar.

Inovasi yang mereka perlihatkan pun sangat beragam dengan memanfaatkan sisi bagian atas. Namun, ada juga yang mengadopsi dengan menempatkannya sebagai kamera utama di bagian belakang, tetapi bisa berputar hingga juga berfungsi sebagai kamera depan.

Ya! Tentu saja penempatan kamera yang akhirnya tidak lagi di area layar memiliki alasan yang sangat masuk akal. Para pabrikan smartphone Android tersebut ingin menyajikan layar yang lebih luas sehingga konsumen pun bisa menikmati beragam konten dengan lebih optimal.

Lantas, siapa saja pabrikan smartphone Android yang sudah tidak lagi menempatkan kamera depan di layar? Bisa kita lihat, Vivo dan OPPO adalah dua pabrikan smartphone yang menjadi pionir terkait dengan hal itu. Ya! Mereka memanfaatkan sisi bagian atas untuk memuat kamera depan.

Kamera selfie pop-up

Pada awal tahun ini, Vivo merilis Vivo V15 Pro. Satu hal yang menarik, Vivo tidak lagi mengemas smartphone tersebut dengan dukungan kamera depan di area layar. Ya! Memanfaatkan sisi bagian atas, kamera depan Vivo V15 Pro mengadopsi model pop-up alias naik-turun.

Jika diperhatikan, inovasi yang diadopsi oleh Vivo V15 Pro sebenarnya sudah ada lebih dulu pada smartphone Vivo lainnya, yakni Vivo NEX. Vivo menyebutnya inovasi kamera pop-up yang dikembangkannya sebagai “Elevating Camera”.

Namun jauh sebelum Vivo NEX diperkenalkan, Vivo juga sudah merancang Vivo APEX yang menjadi cikal bakal kehadiran smartphone dengan Elevating Camera”. Inovasi ini pun terus digadang-gadang oleh Vivo sehingga OPPO pun kepincut untuk menggunakannya.

Adalah OPPO F11 Pro yang akhirnya muncul kepasaran dengan kamera depan model pop-up. Seperti juga Vivo V15 Pro, kehadiran smartphone ini pun disambut positif oleh para pencinta gadget di Indonesia. Yang membedakan OPPO F11 Pro dengan Vivo V15 Pro adalah posisi penempatan kamera depan.

Jika kamera pop-up Vivo V15 Pro berada di sisi atas bagian kanan, OPPO meletakkan kamera pop-up miliknya di sisi atas bagian tengah. Dukungan sensor yang disematkan juga berbeda. Vivo V15 Pro hanya pakai sensor 32 MP, sedangkan OPPO F11 Pro sudah 48 MP.

OPPO Reno dengan “sirip hiu”

Tidak mau dikatakan ikut-ikutan Vivo, OPPO pun menunjukkan inovasi kamera depan yang cukup unik. Ya! OPPO membuat OPPO Reno Series yang datang dengan kamera depan seperti sirip hiu. Hanya saja, pola kerjanya tidak jauh berbeda dengan model kamera pop-up yang dmiliki oleh OPPO F11 Pro.

Saat ini, ada dua seri OPPO Reno yang dibekali kamera depan seperti sirip hiu ini, yaitu OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom. Kekuatan sensor yang dibenamkan sama, yakni masing-masing 16 MP dengan fitur Portrait Mode 2.0 dan Soft Light.

Seperti yang kita tahu, sebelum OPPO meniru Vivo V15 Pro dan membuat Reno Series, OPPO pada tahun 2018 telah menghadirkan OPPO Find X. Nah! Inovasi yang diperlihatkan oleh OPPO dari Find X adalah desain slider untuk memunculkan kamera depan sekaligus kamera belakang.

Sensor kamera depan yang dimuat oleh OPPO ke dalam Find X adalah 25 MP dengan aperture f/2.0. Sementara, pada bagian belakangnya memuat sensor ganda 16 MP f/2.0 dan 20 MP f/2.2. Sayangnya, OPPO sepertinya enggan untuk mengembangkan kembali Find X generasi selanjutnya.

Kamera putar Samsung dan ASUS

Tidak mau kalah dengan Vivo dan OPPO, dua pabrikan smartphone lainnya, yakni Samsung dan ASUS juga membuat kejutan. Ya! Kedua pabrikan smartphone Android ini baru saja merilis Samsung Galaxy A80 dan ASUS ZenFone 6. Keduanya mengadopsi desain kamera berputar alias rotating camera.

Hanya saja, Samsung meramu Galaxy A80 dengan mengombinasikan kamera berputarnya itu ditambah mekanisme slider. Sedangkan ASUS ZenFone 6 murni hanya mekanisme berputar (rotating) ketika pengguna ingin memotret selfie.

Lebih detail, sensor kamera yang ada pada Galaxy A80 adalah 48 MP f/2.0 + 8 MP f/2.2. Namun, Samsung juga turut membanamkan sensor lensa ketiga, yakni 3D ToF. Sedangkan ASUS ZenFone 6 punya konfigurasi dual-camera dengan lensa 48 MP f/1.8 + 13 MP untuk ultra-wide.

Baca juga

Produsen lain ikut meramaikan

Vivo dan OPPO bisa dibilang sebagai pioner desain kamera depan model pop-up alias naik turun. OPPO juga punya inovasi kamera depan sirip hiu yang diimplementasikan ke dalam OPPO Reno Series. Samsung dan ASUS memilih untuk memakai inovasi yang tak kalah menarik, yakni kamera berputar.

Nah! Bagaimana dengan pabrikan smartphone Android lainnya? Ya! Bisa dibilang mereka mengekor dengan meniru inovasi yang sudah hadir lebih dulu. Seperti OnePlus yang sudah merilis OnePlus 7 Pro dan Xiaomi atau Redmi yang belum lama ini menghadirkan Mi 9T dan Redmi K20 Pro.

Ya! Ketiganya, baik OnePlus 7 Pro, Mi 9T dan Redmi K20 Pro datang dengan dukungan desain kamera depan yang sama, yakni model pop-up seperti yang dimiliki Vivo V15 Pro atau OPPO F11 Pro. Sepertinya kamera model pop-up yang bakal diikuti oleh banyak pabrikan smartphone Android untuk di tahun ini.

Lagi dan lagi, OPPO sendiri juga memiliki inovasi kamera depan yang tak kalah menarik. Saat ini, OPPO sedang menggodok kamera depan di bawah layar alias under display selfie camera. Prototipe mengenai inovasi ini pun sudah diperlihatkan oleh OPPO di ajang MWC Shanghai 2019.

Nah! Dari sekian banyak inovasi kamera depan yang sudah diperlihatkan, mana yang kalian suka? Apakah model pop-up alias naik-turun seperti yang dimiliki Vivo V15 Pro atau OPPO F15 Pro? Atau sirip hiu kepunyaan OPPO Reno Series? Atau kamera berputar milik Samsung Galaxy A80 dan ASUS ZenFone 6?

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer