Connect with us
UX370-JOE
Tech News

iPhone X Cepat Panas dan Lemot Saat Di-charge, Kok Bisa?

Droidlime.com,

/

iphonex droidlime 05 1

Kita semua tahu kalau iPhone X hingga artikel ini ditulis masih tercatat sebagai smartphone paling kencang sejagat raya. Hal ini tercermin dari skor benchmark AnTuTu maupun Geekbench yang belum bisa dilampaui para pesaingnya.

Performa iPhone X yang begitu tinggi tak lepas dari peran chipset Apple A11 Bionic. Chipset ini memiliki enam inti core dengan clockspeed maksimal 2,4 GHz dan L2 cache 8 MB. Di atas kertas, game apapun bisa dihajar dengan santai.

Namun nyatanya ada hal yang mengganjal perasaan kami selama menggunakannya, khususnya akhir-akhir ini. Dengan sistem operasi iOS 11.2.1, seringkali kami mendapati performanya yang seharusnya tinggi jadi menurun.

dasherx droidlime

Penurunan performa ini selalu kami rasakan ketika suhu unit iPhone X mulai meningkat. Ketika menggunakannya untuk bermain game berat hingga setengah jam, biasanya suhunya tetap aman dan performa tetap tinggi.

Akan tetapi, ketika kami bermain game sembari mengisi baterainya, biasanya suhunya sudah langsung meningkat dalam waktu 10-15 menit saja, bahkan ketika hanya digunakan bermain game ringan seperti Clash Royale.

Kami pun mencari tahu apa penyebabnya. Lewat aplikasi DasherX, kami mendapati ternyata sistem akan langsung menurunkan clockspeed CPU ketika mendeteksi suhunya sudah meningkat.

Kita bisa melihat dari statistik Thermal State, dimana statusnya tertulis “Nominal” ketika suhu dingin, “Fair” ketika suhu sedikit di atas normal, dan “Serious” ketika suhu jauh melampaui batas.

Nah, ketika suhu berada dalam status “Serious” inilah, sistem akan memaksa clockspeed chipset turun. Clockspeed CPU yang seharusnya berada dikisaran 2 hingga 2,4 GHz, jadi hanya 1,8 GHz saja.

Tentu saja, penurunan clockspeed 600 MHz bakal sangat terasa, terutama ketika harus mengolah grafis 3D seperti bermain game. Sempat bertanya dengan beberapa pengguna iPhone X lainnya, nyatanya juga mengalami hal yang sama.

Baca juga

Bisa disimpulkan, suhu iPhone X memang bakal mudah naik ketika sedang diisi baterainya yang diiringi dengan penurunan clockspeed untuk menjaga kesehatan hardware-nya. Namun sayangnya kami belum sempat menjajal apakah iPhone 8 series juga mengalami hal yang sama.

Advertisement
Comments
Tech News

Inilah Negara Pertama yang Ditunjuk Samsung untuk Memasarkan Galaxy A6

Published

on

Samsung Galaxy A6 Spek
Beberapa waktu lalu render salah satu smartphone besutan Samsung, yakni Galaxy A6 dan A6+ muncul di YouTube. Sepertinya, perangkat ini memang tak lama lagi akan digulirkan oleh Samsung dan bakal hadir untuk menyasar konsumen kelas menengah. Bahkan, detail spesifikasi hardware dari salah satu Galaxy A6 Series yang bakal diluncurkan juga ikut-ikutan muncul ke internet. Adalah Galaxy A6 yang kabarnya akan dikemas dengan layar berukuran 5,6 inci dan resolusinya hanya HD+ alias 720p+. Disebut-sebut, smartphone ini akan datang dengan chipset Exynos Octa-core dan Geekbench pun telah mengungkap bahwa itu adalah Exynos 7870. Tak ketinggalan, smartphone ini juga akan dibekali RAM sebesar...
Continue Reading
Tech News

Setelah di MWC 2018, ZTE Blade V9 Kembali Muncul di TENAA

Published

on

ZTE Blade V9 Leak
Seperti Vivo, OPPO, Huawei dan juga Xiaomi, ZTE pun tak mau berdiam diri di industri smartphone pada tahun ini. Ya! Salah satu pabrikan smartphone asal Cina tersebut sedang mempersiapkan smartphone terbarunya, Blade V9. Bahkan, smartphone ini juga pernah muncul di sela-sela gelaran MWC 2018 lalu. Sebulan lebih tak terdengar suaranya, kini Blade V9 tiba-tiba kembali muncul di TENAA. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa smartphone tersebut dalam waktu dekat akan dirilis secara resmi di pasar Cina. Lewat bocoran yang terungkap, ZTE Blade V9 akan dikemas dengan layar berukuran 5,7 inci. Layaknya smartphone yang banyak bermunculan di tahun ini, Blade V9 pun...
Continue Reading
Tech News

Ayo Menerka Harga ASUS ZenFone Max Pro M1

Published

on

ASUS ZenFone Max Pro M1 2 1
ASUS secara resmi pada tanggal 23 April 2018 nanti akan memperkenalkan "amunisi" terbarunya di pasar Indonesia. Sudah diinformasikan oleh ASUS sendiri, amunisi tersebut adalah smartphone ASUS ZenFone Max Pro M1. Daya tarik dari smartphone ini, ASUS mempercayakan chipset Snapdragon 636 sebagai otak utama ZenFone Max Pro M1. Seperti kita ketahui bersama, chipset ini juga telah bercokol di dalam smartphone terbaru milik Xiaomi yang belum lama ini meluncur di pasar Indonesia, yakni Redmi Note 5. Tak hanya diklaim lebih bertenaga untuk smartphone kelas menengah, chipset ini juga menawarkan efesiensi dalam penggunaan baterai. Redmi Note 5 sendiri muncul di pasar Indonesia dengan...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer