/ Apple

iPhone Versi 2018 Bakal Punya Tiga Ukuran Layar?

Sejak diperkenalkan pada tahun ini, iPhone X telah mampu mencuri perhatian para penggila gadget di banyak negara. Bagiaman tidak, hadir sebagai perangkat spesial, iPhone X dikemas oleh Apple dengan desain dan suguhan fitur menarik menarik di dalamnya.

Desain layar penuh alias full screen, performa yang bertenaga dan dukungan Face ID yang diklaim oleh Apple sebagai fitur keamanan terkini jadi nilai jual iPhone X. Sangat pantas jika akhirnya tak sedikit orang yang rela antri berjam-jam untuk mendapatkan perangkat besutan Apple tersebut.

Lantas, bagaimana Apple menghadapi persaingan di pasar smartphone pada tahun 2018? Seorang analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo bulan lalu telah menegaskan bahwa Apple akan merilis tiga iPhone sekaligus pada tahun 2018 mendatang.

Bahkan, perusahaan asal Jepang yang berkutat di industri teknologi keamanan, Nomura baru saja memperkuat penegasan yang diucapkan oleh Kuo. Disebutkan, Apple pada tahun 2018 akan merilis dua iPhone dengan layar OLED dan satu iPhone dengan layar LCD.

Bahkan, pihak Nomura lebih jauh menjelaskan bahwa iPhone dengan layar LCD tetap memiliki keunggulan, terutama dengan desain layar yang tipis dari tepi ke tepi. Artinya, desain layar pada perangkat ini tak berbeda dengan yang ada pada iPhone X.

Namun, iPhone dengan layar LCD ini hanya dilengkapi dengan kamera tunggal di bagian belakangnya. Selain itu, layar yang disematkan pada perangkat ini juga tidak dilengkapi dengan fitur Force Touch.

Dugaan lainnya, iPhone dengan layar LCD ini tetap disokong dengan fitur keamanan biometrik Face ID. Diperkirakan, Apple akan memasarkan perangkat yang memiliki ukuran layar 6,1 inci ini direntang harga US$650 hingga US$900.

Dua perangkat iPhone lainnya, yakni yang mengadopsi layar OLED bakal dikemas dengan ukuran 5,8 inci dan 6,5 inci. Sudah barang tentu, iPhone OLED dengan ukuran layar terakhir yang disebutkan bakal membawa embel-embel Plus.

Tak berbeda dengan iPhone yang masih mengadopsi layar LCD, dua perangkat iPhone dengan layar OLED ini juga diperkirakan akan ditopang dengan fitur Face ID. Bahkan, Nomura bisa lebih jauh memprediksi bahwa iPhone yang akan hadir pada tahun 2019 akan dilengkapi dengan kamera 3D.

Hadirnya kamera belakang yang mempunyai fitur TrueDepth akan memungkinkan Apple memenuhi tujuannya, yakni membawa teknologi Augmented Reality (AR) secara penuh ke dalam  iPhone.

iPhone dengan layar LCD yang dijual jauh lebih murah kemungkinan akan dirakit oleh Pegatron. Bahkan, tak tertutup kemungkinan Wistron juga bakal ikut untuk memproduksi smartphone ini. Sementara, iPhone dengan layar OLED akan dirakit oleh Foxconn.

Lantas, dari mana Nomura bisa memperoleh informasi tersebut? Perusahaan ini mengatakan bahwa mereka memperoleh informasi mengenai iPhone yang akan hadir pada tahun 2018 lewat survei supply chain.

Dalam survei tersebut terungkap mengenai supplier dan spesifikasi iPhone yang akan datang. Untuk itu, kita tunggu saja bocoran-bocoran berikutnya mengenai iPhone dengan layar LCD maupun OLED yang bakal muncul di tahun depan.

(last edit: 9 December, 2017 / 7:41 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
31%
Mau
7%
Biasa Aja
18%
Payah!
48%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.