iPhone 7 Resmi Dirilis dengan Fitur Tahan Air dan Kamera Baru

Now Reading
iPhone 7 Resmi Dirilis dengan Fitur Tahan Air dan Kamera Baru

Apple resmi memulai perjalanan barunya bersama iPhone terbaru. Pada 7 September 2016, Apple memperkenalkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan bentuk yang masih mirip iPhone 6 series dan beberapa peningkatan hardware.

Sebelumnya kita sudah mendengar beberapa rumor mengenai iPhone 7 dan hampir seluruhnya benar. iPhone 7 kini tidak lagi memiliki jack audio 3,5 mm, mekanisme tombol home-nya sudah berubah, hardware kamera baru, serta pilihan warna baru.

iphone-7-color

iPhone 7 masih memiliki dimensi layar 4,7 inci (720p), begitu juga iPhone 7 Plus yang punya layar 5,5 inci (1.080p). iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kini juga tampil lebih kuat karena ada sertifikasi IP67 yang membuatnya resmi jadi smartphone tahan air. Anda bisa mengajaknya menyelam satu meter selama 30 menit.

Untuk pilihan warna, selain silver, gold, dan rose gold, kini ada dua pilihan warna baru yang disediakan, yaitu black dan jet black. Warna black memiliki karakter matte atau doff sedangkan jet black lebih mengkilat dan bisa memantulkan refleksi.

ip7-waterproof

Di dalam iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terdapat CPU Apple A10 Fusion yang diklaim 40 persen lebih kencang dari CPU Apple A9 pada iPhone 6s. Selain prosesor, daya tahan baterainya juga diklaim lebih lama. Daya tahan baterai iPhone 7 dua jam lebih lama dari iPhone 6s dan baterai iPhone 7 Plus satu jam lebih lama dari iPhone 6s Plus.

Peningkatan paling terasa pada iPhone 7 ada pada sektor kamera. Meski sama-sama beresolusi 12 MP, kualitasnya lebih baik ketimbang iPhone 6s. Lensa kamera iPhone 7 memiliki aperture F/1.8 dengan enam elemen lensa, OIS, dan quad-LED flash, mampu bekerja 60 persen lebih cepat dan 30 persen lebih efisien.

zoom-ip7

Jika ingin peningkatan yang lebih terasa lagi, Anda bisa memilih iPhone 7 Plus yang punya dua kamera utama. Kedua kamera tersebut sama-sama beresolusi 12 MP. Fungsinya yakni untuk memotret zoom (telephoto) dengan hasil yang tetap detail. Apple juga akan meng-upgrade kemampuan kamera ini dengan fitur depth-of-field melalui pembaruan software tahun depan.

Untuk pencinta selfie, kamera FaceTime milik iPhone 7 dan iPhone 7 Plus juga sudah ditingkatkan dari 5 MP menjadi 7 MP. Kamera tersebut juga bisa merekam video full HD agar lebih optimal saat Anda menggunakan aplikasi media sosial seperti Instagram atau Snapchat.

iphone-stereo

Peningkatan lain yang ditawarkan Apple pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus adalah speaker. Untuk pertama kalinya, iPhone memiliki dual speaker di sisi atas dan bawah yang mampu hasilkan suara lebih kencang hingga 50 persen.

Dengan kinerja makin tinggi dan kemampuan kamera makin canggih, Apple pun menghilangkan opsi kapasitas 16 GB pada iPhone terbaru. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kini tersedia dalam tiga pilihan kapasitas, yaitu 32 GB, 128 GB, dan 256 GB dengan harga mulai US$649 (Rp8,6 juta).

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
16%
Mau
62%
Biasa Aja
15%
Payah!
7%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
4 Comments
Leave a response
  • Andri Basuseto
    September 13, 2016 at 6:06 am

    saya rasa hampir semua spek di iphone memang teknologi lama. bahkan prosesor dan kamera memang kalah dgn versi android. layar, fitur waterproof, speaker gede, ram, dll itu semua teknologi lama. tp ya itulah iphone. dia berani mengeluarkan teknologi lama dengan harga selangit. dan lagi2 laris manis. itu sisi hebat iphone yg patut di tiru. bukannya berlomba menawarkan spek tinggi tp habis itu meledak. tapi kali ini iphone berani dengan spek minim tapi aman tidak seperti yg dulu2 selalu bikin yg terbaru dan beda.

  • Muhammad Syahruddin
    September 8, 2016 at 11:14 am

    memang yg difokuskan kamera dan processor..tpi minim inovasi seperti tetangga si samsul
    harga murahan samsul dan fitur lebih banyak smpe bingung

  • YanDhika
    September 8, 2016 at 8:34 am

    :v fitur baru yang sebenarnya udah telat

  • Dhany Wibiksana
    September 8, 2016 at 7:07 am

    Wah serba baru ya, tapi bukannya semua sudah ada di android ya?khususnya anti air, sony dah duluan dgn desain yg memantulkan juga ( kaca).

Leave a Response