Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Instagram Punya User Insight, Facebook Punya Your Time

Updated

Beberapa waktu lalu Instagram dikabarkan sedang mempersiapkan satu fitu terbarunya, yakni User Insight. Fitur ini hadir nantinya untuk menunjukkan seberapa sering pengguna Instagram menggunakan aplikasi tersebut setiap harinya.

Nah! layanan jejaring sosial terbesar yang juga menjadi pemilik Instagram, yakni Facebook akan menghadirkan fitur serupa. Disebut-sebut, fitur ini akan diberi nama Your Time. Sama seperti User Insight, fitur ini pun hadir untuk menghitung waktu yang dihabiskan pengguna saat menggunakan Facebook.

Source code ini pertama kali ditemukan di dalam aplikasi Facebook untuk Android. Tak hanya menghitung pemakaian selama satu minggu terakhir, fitur Your Time juga dapat mengkalkulasi rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna setiap harinya.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur notifikasi harian. Dengan begitu, pengguna akan selalu mendapatkan notifikasi ketika batas pemakaian yang sudah ditentukan sebelumnya akan terlampaui. Ada juga pintasan atau shortcuts untuk memudahkan pengguna mengubah pengaturan pemberitahuan.

Seperti dikutip dari Fonearena, Facebook pun sudah mengonfirmasi dan menegaskan untuk terus berupaya menyajikan cara-cara baru untuk membantu pengguna menghabiskan waktu dengan baik. Fitur ini juga diharapkan lebih banyak membantu pengguna tetap sadar, seberapa lama mereka aktif di dalam aplikasi jejaring sosial ini.

Raksasa teknologi, seperti Apple dan Google sebelumnya juga telah lebih dulu memperkenalkan sebuah dashboard untuk memonitor waktu yang dihabiskan pengguna saat menggunakan perangkatnya. Tak hanya itu, fitur monitoring ini juga dapat mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang banyak menyita waktu pengguna.

Baca juga

Sudah barang tentu, hadirnya fitur User Insight di dalam Instagram, Your Time di Facebook atau fitur monitoring yang dikembangkan oleh Apple dan Google akan sangat membantu pengguna smartphone terhindar dari “candu gadget”. Artinya, kini waktu ketergantungan pemakaian perangkat atau aplikasi benar-benar bisa dikelola dengan baik.

Comments

Populer