Inilah 10 Smartphone Terlaris di Indonesia Q2 2016

Indonesia sudah cukup dikenal sebagai negara yang sangat terbuka pada perkembangan teknologi. Sebagai pasar yang sangat potensial, banyak produsen gadget yang akhirnya membuat pabrik di sini untuk ikut bersaing berjualan smartphone.

Nah, dari sekian banyak merek smartphone yang menginjakkan kakinya di Indonesia, siapakah yang berhasil menjadi rajanya? Dikutip dari data yang dirilis Counterpoint, hanya ada tiga merek penguasa di Indonesia selama kuartal kedua 2016. Mereka adalah Samsung, OPPO, dan ASUS.

top-10-indonesia

Seperti yang sudah bisa ditebak, Samsung berhasil menjadi raja di Indonesia. Samsung Galaxy J1 Mini dan Galaxy J2 jadi dua smartphone terlaris. OPPO membuntuti di peringkat ketiga dan keempat melalui produk Selfie Expert F1 dan Neo 7.

Sementara produsen asal Taiwan, ASUS, memiliki dua wakil. ASUS ZenFone Go ada di peringkat kelima, sementara ASUS ZenFone Selfie nangkring di posisi kedelapan. Secara keseluruhan, Samsung memiliki lima wakil, OPPO tiga wakil, dan ASUS dua wakil dalam daftar smartphone terlaris di Indonesia Q2 2016.

Sebenarnya masih ada merek lainnya yang juga memiliki banyak pengguna di Indonesia. Sebut saja Xiaomi atau Apple. Hanya saja karena kedua merek tersebut tidak bisa memenuhi TKDN, penjualan smartphone mereka di Indonesia tidak dicatat secara resmi karena masuk secara tidak resmi.

(last edit: 24 August, 2016 / 3:26 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
27%
Mau
4%
Biasa Aja
40%
Payah!
29%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.