Connect with us
MaxM2
Tech News

HMD Global Rilis Nokia 3.1 Plus, Kembali Goda Entry-level

Entry-level sepertinya jadi pasar yang menarik bagi HMD Global. Mereka pun terus menggoda dengan menghadirkan Nokia 3.1 Plus. Sayangnya, smartphone ini hanya baru dipasarkan di India.

Updated

Di pasar smartphone global, Nokia sepertinya memang ingin kembali memperlihatkan tajinya. Setelah beberapa minggu lalu merilis Nokia 7.1, kini brand smartphone yang berada di bawah kendali HMD Global telah merilis Nokia 3.1 Plus. Hanya saja smartphone ini baru tersedia di pasar India.

Datang sebagai Android One yang menyasar entry-level, Nokia 3.1 Plus punya layar berukuran 6,0 inci. Membawa embel-embel “Plus” smartphone ini juga punya dukungan dual-camera belakang, pemindai sidik jari, dan tentu saja dukungan baterai yang lebih besar dari Nokia 3.1.

Layar smartphone ini memiliki aspek rasio 18:9 dan resolusinya masih HD+. Namun, ukuran layarnya sedikit lebih besar ketimbang Nokia 6.1 Plus dan Nokia 5.1 Plus. Smartphone ini juga hadir tanpa poni di bagian atas layarnya. Ya! Sesuatu yang berbeda yang ditawarkan oleh HMD.

Pada bagian punggungnya bercokol dual-camera yang memiliki konfigurasi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan digabungkan lensa depth sensor 5 MP. Untuk menciptakan foto bokeh tentu saja lebih dari bisa. Ada juga pembaca sidik jari yang diletakkan di bawah dual-camera-nya.

Sedangkan untuk bagian depannya, HMD menyisipkan selfie-camera yang memiliki resolusi 8 MP. Smartphone ini datang dengan chipset Helio P22 besutan MediaTek. Ke-8 inti prosesor Cortex-A53 lebih tinggi daripada yang ada di dalam tubuh Nokia 3.1.

RAM dan kapasitas penyimpanan internalnya sama. RAM 2 GB dipasangkan dengan storage 16 GB, sedangkan RAM 3 GB dipasangkan dengan storage 32 GB. Smartphone ini juga masih dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung data hingga 400 GB.

Berjalan dengan sistem operasi Android Oreo murni, bodi smartphone ini dibangun dari alumunium yang dikombinasikan logam die-cast untuk meningkatkan ketahanan. Permukaannya memiliki lapisan matte dan tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Blue, Baltic, dan White.

Chipset Helio P22 yang diproduksi dengan teknologi proses 12 nm secara signifikan lebih hemat daya daripada chip 28nm yang ada di dalam model “non-Plus”. Dikombinasikan baterai berkapasitas 3.500 mAh, HMD menjanjikan masa pakainya hingga 2 hari. Sayangnya, masih menggunakan port microUSB.

Baca juga

Di pasar India, HMD memasarkan Nokia 3.1 dengan harga INR 11.500 atau sekitar Rp2,3 juta. Sayangnya, HMD belum mengabarkan lebih jauh, apakah smartphone ini nantinya juga bakal tersedia di luar India atau tidak. Jadi, kita tunggu saja kelanjutannya.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.