Connect with us
Tech News

Harga dan Spesifikasi Pocophone F1

Pocophone F1, smartphone pertama besutan Pocophone sudah melenggang di Indonesia. Dibekali chipset yang bertenaga, smartphone ini dibanderol dengan harga ramah dikantong, yakni mulai dari Rp4 jutaan. Ada tiga varian yang ditawarkan.

Updated

Spesifikasi dan Harga

HargaRp4.499.000 (6GB/64GB), Rp4.999.000 (6GB/128), Rp5.199.000 (Armored Edition)
Platform
ChipsetSnapdragon 845
CPUOcta-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630
Sistem OperasiAndroid 8.1 Oreo - MIUI for Poco
Memori
RAM6 GB
Internal64 GB & 128 GB
EksternalmicroSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Bodi
Dimensi155.5 x 75.3 x 8.8 mm
Berat180 gram
Slot SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6,18 inci
Resolusi1.080 x 2.246 piksel, rasio 18,7:9
Kamera
Belakang12 MP + 5 MP
Depan20 MP
Video2160p@30fps, 1080p@30fps (gyro-EIS), 1080p@240fps
FiturAI Backlit Detection, Super Pixel, AI Beautify
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFC-
Lainnya
SensorInfrared face recognition, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Jack audioYa
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh

Secara resmi Pocophone telah memperkenalkan smartphone pertamanya, Pocophone F1 di pasar Indonesia. Untuk selanjutnya, bagi konsumen yang tertarik untuk membeli Pocophone F1, smartphone ini baru akan dipasarkan mulai tanggal 30 Agustus 2018 via Lazada dan Authorized Mi Store.

Pocophone F1 sendiri hadir membawa serangkaian hal yang terbilang sangat mengejutkan. Ya! Pocophone yang berada di bawah bendera Xiaomi ini memperkenalkan Pocophone F1 dengan spesifikasi hardware jempolan, namun dibanderol dengan harga super miring. Penasaran?

Desain minimalis

Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone kelas menengah pada umumnya, Pocophone F1 dikemas oleh Pocophone dengan desain yang bisa dibilang minimalis. Layarnya memiliki ukuran 6,18 inci FullHD+ yang sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass.

Pocophone juga mengemas layar smartphone barunya ini dengan potongan poni yang dialokasikan untuk menempatkan kamera depan, earpice, lensa inframerah, dan beberapa sensor pendukung. Sedangkan pada panel bagian belakang, Pocophone membalut unibody Pocophone F1 dengan material polikarbonat.

Pada panel begaian belakang, kalian juga bisa menemukan dukungan dual-camera yang diposisikan di tengah secara horisontal dengan sensor pemindai sidik jari. Selain itu, Pocophone juga menyisipkan Dual-LED flash. Sedangkan di bawah, ada pula logo yang bertuliskan Pocophone by Xiaomi.

Pocophone juga menempatkan port USB Type-C yang diapit dengan grill speaker di sisi bagian bawah. Sedangkan di sisi atasnya memuat port jack audio 3.5mm. Tombol Volume dan Power (On/Off) di ditempatkan sejajar di sisi bagian kanan perangkat.

Otak Snapdragon 845

Ya! Meskipun datang dengan desain minimalis, namun jeroannya bisa dibilang sangat bertenaga. Bagaimana tidak! Pocophone F1 telah dibekali chipset kelas atas milik Qualcomm, yakni Snapdragon 845 Octa-core yang memiliki clock speed hingga 2,8 GHz.

Tak hanya powerfull di sisi chipset, namun untuk urusan grafis juga tak dilupakan. Snapdragon 845 yang terpasang telah dipadukan dengan GPU Adreno 630. Pocophone saat memperkenalkan Pocophone F1 di Indonesia menyebutkan bahwa ada peningkatan kinerja GPU hingga 30%.

Berkat sokongan Snapdragon 845 yang tertanam di dalam smartphone ini, Pocophone juga sesumbar bahwa kinerja AI alias artificial intelligence yang ada di dalam smartphone ini meningkat 3 kali lipat. Pocophone pun unjuk hasil benchmark Pocophone F1 menggunakan AnTuTu, yakni mencapai 291.302.

Lantas, bagaimana dengan RAM serta storage yang dibenamkan? Tentu saja, dua komponen ini ini juga menjadi selling point dari Pocophone F1. Smartphone ini tiba dengan RAM 6 GB dan pilihan storage berkapasitas 64 GB dan 128 GB. Ada juga slot microSD yang mampu menampung data hingga 256 GB.

LiquidCool Technology

Memiliki dukungan chipset yang bertenaga, tentu saja nantinya tak sedikit pengguna yang bakal memanfaatkan Pocophone F1 untuk bermain game. Sudah barang tentu, smartphone ini sangat menjanjikan untuk melahap game-game berat.

Pertanyaan yang muncul, bagaimana dengan panas yang ditimbulkan? Pocophone sudah mengantisipasi hal itu. Solusinya, Pocophone F1 telah dibekali dengan LiquidCool Technology. Lagi dan lagi, Pocophone menegaskan bahwa teknologi ini mampu menghilangkan panas hingga 300% lebih cepat.

Selain LiquidCool Technology, yang juga menjadi “alat” jualan Pocophone untuk menggaet konsumen membeli Pocophone F1 adalah dukungan baterai yang disematkan. Ya! Pocophone F1 telah dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh dan juga sudah dilengkapi dengan fitur Quick Charge 3.0.

Tak hanya itu, hal menarik lainnya Pocophone F1 telah mendukungan 4G+, dimana jaringan ini dikatakan 275% lebih cepat ketimbang jaringan 4G biasa. Selain itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas Dual VoLTE, menarik bukan?

Dual-camera 12 MP + 5 MP

Meskipun telah menjejali smartphone ini dengan chipset yang bertenaga dan adanya dukungan LiquidCool Technology, Pocophone tetap tak melupakan untuk sektor kameranya. Pocophone F1 datang dengan dukungan dual-camera belakang yang memiliki konfigurasi lensa 12 MP + 5 MP.

Menariknya, Pocophone membekali lensa 12 MP dengan sensor SonyIMX363, piksel besar 1.4um, dan Dual Pixel Autofocus. Sedangkan untuk lensa 5 MP menggunakan sensor buatan Samsung. Selain itu, dual-camera belakang yang disematkan juga dilengkapi dengan Dual-LED flash.

Tak ketinggalan, Pocophone juga melengkapi kamera ganda belakangnya ini dengan AI Backlit Detection. Untuk memanjakan pengguna, Pocophone juga menyertakan 206 pilihan scene dari 25 kategori foto yang berbeda.

Lantas, bagaimana dengan kamera depannya? Tak kalah menarik dengan dual-camera belakang, Pocophone memuat selfie-camera ke dalam Pocophone F1 dengan resolusi 20 MP. Dukungan yang disertakan juga beragam, diantaranya Super Pixel dan AI Beautify.

Satu hal yang tak kalah unik, kamera depan Pocophone F1 juga ditemani dengan lensa inframerah. Ya! ini untuk mendukung kinerja fitur face unlock agar mampu memindai wajah di lingkungan minim cahaya atau low-light. Pocophone F1 juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat.

Antarmuka MIUI for Poco

Satu lagi yang tak kalah mengejutkan, Pocophone F1 datang dengan antarmuka yang mereka sebut MIUI for Poco. Namun sedikit informasi untuk kalian, antarmuka ini sebenarnya adalah MIUI yang berhasil dimodifikasi oleh Pocophone.

MIUI for Poco sendiri berbasis Android .8.1 Oreo. Dijanjikan, Pocophone F1 juga akan menerima MIUI 10 dan Android Pie dalam beberapa bulan ke depan. Berbicara soal antarmuka yang disematkan, fokus utama MIUI for Poco adalah Poco Launcher, Turbocharge Machine, Fast Update.

Harga dan ketersediaan

Ada tiga varian warna yang ditawarkan, yakni Graphite BlackSteel Blue, dan Rosso Red. Ada opsi keempat yang disebut Armored Edition, dimana bodinya sudah dilapisi dengan Kevlar sehingga nyaman saat digenggam dan tahan dari goresan.

Penasaran dengan harganya? Pocophone F1 RAM 6 GB + ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp4.499.000. Varian lainnya, yakni RAM 6 GB + ROM 128 GB dijual dengan harga Rp4.999.000. Sedangkan varian Pocophone F1 Armored Edition (RAM 6 GB + 128 GB) dijual seharga Rp5.199.000.

Comments

Populer