Harga dan Spesifikasi Nokia 8

Harga

Rp10 jutaan (perkiraan)

Bodi

TBA (to be announced)

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz
Qualcomm Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz

GPU

Adreno 540
Adreno 530

RAM

4/6 GB

Storage

64/128 GB, microSD up to 256 GB

Layar

Super AMOLED 5,7 inci (2.560 x 1.440 piksel), Corning Gorilla Glass 5

Kamera

24 MP & 12 MP

Baterai

TBA

Sistem Operasi

Android 7.0 Nougat

Jaringan

Dual-SIM 4G LTE

Sensor

Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, heart rate

HMD Global secara resmi telah meluncurkan dan menjual smartphone Android Nokia pertama dengan OS Nougat, yakni Nokia 6 di Cina. Menariknya, 250 ribu orang diklaim telah melakukan registrasi untuk pembelian Nokia 6 secara flash sale hanya dalam sehari. Selanjutnya, smartphone flagship Nokia 8 dengan spesifikasi hardware mumpuni akan diluncurkan secara resmi pada ajang MWC 2017 di Barcelona.

Kamera resolusi tinggi

nokia 8 image 2

Kalau Nokia 6 telah dibekali kamera belakang beresolusi 16 MP dan kamera depan dengan resolusi 8 MP, Nokia 8 akan memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dengan membenamkan kamera belakang 24 MP. Kamera ini diserta OIS (Optical Image Stabilization), Super EIS (Electronic Image Stabilization), Phase Detection Autofocus, dan dual-tone LED flash. Sementara kamera depannya beresolusi 12 MP. Menariknya jika diperhatikan, resolusi kamera depan pada Nokia 6 maupun Nokia 8 setengahnya dari resolusi kamera belakangnya.

Fingerprint cepat

nokia 8 home button

Untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses smartphone, Nokia 8 telah disematkan sensor fingerprint pada bagian tombol fisik home di depan. Hal ini tentunya bakal sangat memudahkan dalam membuka kunci smartphone atau menjalankan aplikasi bagi pengguna hanya dengan menggunakan jarinya saja.

Platform tertinggi saat ini

Sebagai smartphone flagship pertama buatan HMD Global, Nokia 8 akan dibekali dengan prosesor kelas atas Qualcomm Snapdragon 835 octa-core (4x 2,45 GHz Kryo & 4x 1,9 GHz Kryo), RAM 6 GB, dan penyimpanan internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Selain versi Snapdragon 835, kabarnya Nokia 8 juga bakal hadir dalam versi yang sedikit lebih rendah, yakni menggunakan CPU Snapdragon 821. Versi satu ini bakal ditemani hardware tak kalah baik dari versi Snapdragon 835, seperti RAM 4 GB dan storage 64 GB.

Baik Nokia 8 versi Snapdragon 835 maupun 821, di atas kertas dapat membuat semua aplikasi, game, maupun aktivitas dengan komputasi kelas berat dapat berjalan dengan sangat lancar dan mulus pada Nokia 8. Tentu saja, spesifikasi hardware smartphone ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Nokia 6 yang disiapkan untuk bertempur di kelas entry.

OS Android terbaru

Nokia 8 akan menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang menawarkan beragam fitur menarik, seperti peningkatan daya tahan baterai dengan Doze, multiwindows yang memungkinkan penggunanya bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar secara berbarengan, dan masih banyak lagi.

Layar Quad HD

nokia 8 image 7

Apabila layar Nokia 6 hanya mengusung resolusi Full HD, HMD Global melakukan peningkatan yang cukup signifikan dengan menghadirkan layar Super AMOLED 5,7 inci beresolusi Quad HD (2.560 x 1.440 piksel) pada Nokia 8. Bahkan layarnya juga dilindungi oleh kaca antigores Corning Gorilla Glass 5 terbaru untuk meminimalisir terjadinya goresan. Pelindung Gorilla Glass 5 sendiri saat ini hanya digunakan oleh smartphone flagship saja.

Harga Nokia 8

Meskipun Nokia 8 dijadwalkan akan diluncurkan pada ajang MWC 2017 di Barcelona akhir Februari nanti, namun bocoran mengenai harga resmi dari smartphone yang satu ini belum diketahui. Tentunya diperkirakan harga dari Nokia 8 akan jauh lebih tinggi dibandingkan Nokia 6, apalagi smartphone ini mengusung hardware tertinggi di kelasnya. Banyak yang memprediksi, harga Nokia 8 tak akan beda jauh dari Samsung Galaxy S8, yakni sekitar Rp10 juta.

(last edit: 15 January, 2017 / 7:09 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
64%
Mau
25%
Biasa Aja
7%
Payah!
4%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.