Connect with us
ROG GL504
note9 01 note9 01 560x600
Hands-on

Hands-on Samsung Galaxy Note 9

Kami mendapat kesempatan spesial berangkat ke New York untuk jadi salah satu yang pertama menjajal flagship iconic Samsung Galaxy Note 9. Berikut pengalaman kami berkenalan dengannya!

Published
Vivo V11 Pro

Nggak terasa, kayaknya baru kemarin datang ke acara peluncuran Galaxy S9 di Barcelona, Spanyol, dan sekarang kami sudah ada di New York buat nyaksiin peluncuran si flagship iconic Galaxy Note 9.

Sebelumnya thanks banget buat Samsung yang sudah mau ngundang DroidLime dan juga beberapa teman-teman lainnya jauh-jauh ke New York. Di sini kami sudah langsung bisa ngerasain kayak gimana kerennya suasanya acara Unpacked Galaxy Note 9. Venue-nya gede banget dan yang datang banyak banget.

Desain khas kotak

note9 0

Jadi, sesuai kayak bocoran-bocoran informasi yang sudah beredar sebelumnya, ditahun ini Samsung lebih fokus update fitur-fitur yang ada di S Pen. Seperti yang kita tau, S Pen adalah senjata utama Galaxy Note series yang sampai sekarang belum ada lawannya.

Sebelum bahas lebih jauh soal S Pen, enaknya kita icip-icip dulu unit smartphone-nya. Nah ini dia si Galaxy Note 9 yang dijulukin “The Next Powerful Phone”. Sekilas memandang aja kita sudah tahu kalo smartphone ini punya bahasa desain yang sama kayak Galaxy Note 8.

Kami pribadi sih suka ya sama bahasa desain Galaxy Note series yang sekarang karena lebih kotak, jadi kesannya lebih macho dan beda dari Galaxy S series. Untuk smartphone barunya ini, Samsung masih setia pakai bahan kaca buat bagian belakangnya.

Sekilas frame modul kamera Galaxy Note 9 sama kayak Galaxy Note 8. Eh tapi ternyata nggak benar-benar sama karena posisi fingerprint-nya sekarang pindah ke bawah sebagai bentuk apresiasi Samsung menanggapi feedback dari para penggunanya.

Kamera seperti Galaxy S9+

note9 03

Kalau untuk kameranya kurang lebih sama kayak Galaxy S9+ dimana setup yang dipakai adalah dual-camera 12 MP. Yaitu lensa 12 MP dual-aperture f/1.5 dan f/2.4 serta lensa 12 MP f/2.4 2x optical zoom. Kedua lensanya sama-sama punya OIS ya kayak biasa dan sekarang sudah dilengkapi scene recognition buat identifikasi objek atau kondisi.

Selain diklaim jago low light, kamera belakang Galaxy Note 9 juga jadi salah satu yang the best buat rekam video. Selain autofokusnya ngebut banget, juga bisa rekam super slow motion 960 fps diresolusi HD.

Kalo buat selfie, kamera depannya juga belum ada peningkatan signifikan. Bisa jadi karena Samsung memang merasa belum perlu upgrade. Disaat smartphone lain sudah pakai kamera belasan atau puluhan megapiksel, Galaxy Note 9 masih percaya diri pakai kamera 8 MP yang punya autofokus dengan bukaan f/1.7.

Layar, baterai, storage BESAR

note9 04

Sekarang kita balik smartphone-nya, nah ini dia layarnya yang luas banget. Ukurannya 6,4 inci pake panel Super AMOLED resolusi 2.960 x 1.440 piksel sudah support HDR10 dan dilapis Gorilla Glass 5. Dan kalau kita lihat bezel-nya agak lebih tipis dari seri sebelumnya, khususnya di bagian dagu.

Keistimewaan layar Note 9 baru bakal terasa ketika ditandemin sama S Pen. Nah S Pen yang sekarang ini lebih sakti karena ada built-in Bluetooth-nya. Di dalamnya ada baterainya dan bakal otomatis nge-charge ketika disimpan di dalam bodi smartphone. Bisa keisi penuh dalam waktu 40 detik.

Fungsi Bluetooth-nya buat jadiin S Pen sebagai remote. Misalnya kita bisa motret pake S-Pen, ngontrol pemutar musik, atau operasiin slide presentasi. Selain fungsinya yang bertambah, penampilan S Pen di Galaxy Note 9 juga sedikit divermak, dimana warnanya jadi lebih berani.

note9 05

Sekarang kita sedikit bahas spek hardware-nya ya. Buat pasar Indonesia, otak di dalamnya pakai Exynos 9810 ditunjang baterai yang lebih besar, yaitu 4.000 mAh. Kombinasi RAM dan storage-nya cukup bikin geleng-geleng, yaitu 6 dan 128 GB atau 8 dan 512 GB.

Dan parahnya, walaupun storage-nya sudah besar, ternyata masih ada slot microSD yang nyatu sama slot SIM card kedua alias hybrid. Oh ya hampir lupa, Note 9 juga masih nyediain jack audio di bawah berdekatan sama port USB C dan juga grill speaker stereo. Plus juga masih ada sertifikat IP68.

Baca juga

Beli HP gratis TV

Sebagai pelengkap, kita bisa nikmatin beberapa fitur tambahan kayak iris scanner, face recognition, Bixby, dan Samsung DeX yang sekarang jauh lebih simpel karena bisa dihubungkan ke monitor eksternal cuma pake kabel.

Untuk info harganya, Samsung mematok harga terendah yakni Rp13,5 juta untuk versi 6/128 GB dan harga tertinggi Rp18 juta untuk varian 8/512 GB. Kalau kalian ikut pre-order, bakal dapat cashback Rp750 ribu dan juga gratisan Smart TV 40 inci. Sikat gaes…!

Video hands-on

Comments

Wajib baca

Populer