Hands-on ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Now Reading
Hands-on ASUS ZenFone 3 ZE520KL

Calon primadona baru satu ini bakal segera hadir di Indonesia. Jika tidak ada halangan, ASUS Indonesia akan memboyong keluarga ZenFone 3 pada awal September nanti. Namun buat Anda yang sudah kepalang penasaran, Anda bisa menyimak impresi awal kami saat menjajal salah satu varian ZenFone 3 dengan tipe ZE520KL berikut ini.

Perombakan desain

zf3-droidlime-02

ZenFone generasi pertama dan jajaran ZenFone 2 punya desain yang identik, yaitu sama-sama memiliki bagian belakang yang “kembung”. Desain mengembung tersebut kini tidak akan terlihat lagi pada ZenFone 3 series, termasuk ZenFone ZE520KL.

ZenFone 3 ZE520KL adalah varian ZenFone 3 paling basic. Smartphone ini punya ketebalan 7,7 mm yang tergolong ramping. Layarnya berdimensi 5,2 inci beresolusi full HD, serta berlapis Gorilla Glass 3. Layar tersebut menggunakan kaca 2,5D yang mengkilat. Begitu juga dengan bagian belakangnya, berlapis kaca 2,5D yang lebih mengkilat lagi.

Memegang ASUS ZenFone 3 ZE520KL terasa nyaman. Selain karena bodinya compact, sudut-sudut serta seluruh sisinya dibuat melengkung. Nah, untuk navigasi menu, ASUS menyematkan tiga soft button di bagian dagu. Sayang, ASUS tidak melengkapinya dengan backlight.

Kamera 16 MP + fingerprint

zf3-droidlime-03

Untuk kali pertama, ASUS menyematkan sensor sidik jari pada smartphone ZenFone miliknya. Sensor ini ditempatkan di sisi belakang dengan bentuk yang memanjang ke bawah. Tepat di atasnya, terdapat modul kamera berbentuk persegi yang agak menonjol keluar.

Kamera tersebut beresolusi 16 MP, menjanjikan performa yang tidak kalah kece dengan smartphone flagship seperti Xiaomi Mi 5 misalnya. ASUS melengkapi kamera utama ZenFone 3 ZE520KL dengan teknologi TriTech autofocus, kemampuan merekam video 4K, pelindung kaca safir, serta OIS dan EIS.

Android 6.0.1 + SD625

zf3-droidlime-04

ASUS ZenFone 3 ZE520KL sudah langsung membawa sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow yang dibungkus dalam balutan ZenUI 3.0. UI ini masih membawa cukup banyak bloatware seperti ZenFone 2 series, namun seluruhnya bisa Anda uninstall jika tidak menghendakinya.

ZenUI 3.0 berjalan sangat smooth pada ZenFone 3 ZE520KL. Prosesor 8-core Qualcomm Snapdragon 625 berkecepatan 2.0 GHz yang digunakannya mampu menyajikan performa yang impresif. Jika Anda adalah pengguna smartphone kelas berat, ASUS menyediakan varian RAM 4 GB dan storage 64 GB. Namun jika hanya menggunakan untuk kebutuhan komputasi standar, Anda bisa memilih varian RAM 3 GB dan storage 32 GB.

Video hands-on

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
59%
Mau
20%
Biasa Aja
12%
Payah!
8%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
14 Comments
Leave a response

Leave a Response