Hands-on Acer Liquid Z320

Berasal dari negara yang sudah terkenal dalam memproduksi hardware seperti Taiwan bukan berarti Acer hanya bisa menciptakan produk mahal saja. Untuk pasar Indonesia yang lebih didominasi kalangan menengah ke bawah, Acer punya jagoan bernama Liquid Z320 yang dijual seharga Rp1.299.000.

Back cover Thai Silk

hands-on-acer-z32-droidlime-03

Desain Acer Liquid Z320 tidak terlihat menawan alias biasa saja. Sisi depannya sederhana tanpa adanya tombol fisik maupun soft button. Di bagian atas terdapat earpiece berukuran cukup besar beserta LED notifikasi. Sedangkan bagian belakangnya terlihat lebih menarik karena memiliki guratan yang mereka namakan Thai Silk.

Meski terbuat dari material plastik, back cover Thai Silk tersebut dapat mengelabui penglihatan dimana smartphone terlihat seperti terbuat dari material non plastik. Dengan layar 4,5 inci dan bentuk oval, Acer Liquid Z320 asyik digenggam.

hands on acer z32 droidlime 02

Masih di bagian belakangnya, Acer menempatkan dua aksen bulatan kembar di sisi atas dan bawah, yaitu kamera utama 5 MP dan lubang speaker. Back cover-nya juga dapat dilepas. Acer menyediakan dua slot micro SIM dengan jaringan 3G serta satu slot microSD.

Ukuran bezel tebal

hands-on-acer-z32-droidlime-04

Acer Liquid Z320 mengusung layar 4,5 inci dengan panel IPS beresolusi 854 x 480 piksel. Tampilan layarnya terlihat biasa saja dengan kontras warna yang tidak tajam. Namun Acer membekali layarnya dengan teknologi Bluelight Shield untuk memberi kenyamanan ekstra bagi mata ketika Anda menggunakannya dalam waktu lama.

Sayangnya, ukuran bezel layar yang terlalu tebal, terutama di sisi atas dan bawah layar membuat smartphone ini terlihat kurang menarik. Belum lagi saat kondisi tidak menyala, layarnya lebih terang dibanding bezel-nya.

Spesifikasi entry-level terbaru

Sesuai dengan banderol harganya, Acer menyematkan hardware kelas entry pada Liquid Z320, seperti prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 210, RAM 1 GB, dan storage 8 GB. Prosesor yang digunakan menghasilkan skor AnTuTu 5.7.1 di angka 17 ribu poin, sementara sisa kapasitas RAM yang dimilikinya yakni 500 MB dan storage murni yang bisa digunakan hanya 3 GB saja.

Ringan dengan Float UI

hands-on-acer-z320-droidlime-06

Berbekal sistem operasi Android 5.1.1, Float UI pada Acer Liquid Z320 sangat ringan, hanya mengonsumsi RAM 400 MB saja. Kinerjanya juga tidak lambat. Yang menarik adalah adanya beberapa aplikasi yang bisa dijalankan dalam mode windowed, seperti note, calculator, dan calendar.

(last edit: 11 November, 2015 / 12:14 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
21%
Mau
14%
Biasa Aja
36%
Payah!
29%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.