Connect with us
MaxProM1
Featured
MWC 2018

7 Fitur Unggulan Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9+

Updated
Galaxy S9 vs Galaxy S9 plus 2

Mobile World Congress 2018 (MWC 2018) menjadi salah satu ajang yang ditunggu-tunggu oleh pencinta gadget di seluruh dunia. Dalam acara yang digelar di Barcelona ini, kami pun berkesempatan untuk menyaksikan langsung acara peluncuran perdana smartphone flagship besutan Samsung, apalagi kalau bukan Galaxy S9 dan Galaxy S9+.

Sebagai smartphone flagship terbaru, kedua smartphone ini membawa beragam fitur menarik yang bisa digunakan. Dan berikut adalah beberapa fitur unggulan Samsung Galaxy S9 yang bisa menjadi pertimbangan kenapa harus beli flagship terbaru Samsung ini.

1. Fingerprint strategis

fitur unggulan s9 1

Samsung mengubah posisi sensor sidik jari untuk kedua Galaxy S9 series milikinya. Jika pendahulunya, Galaxy S8, Galaxy S8+, atau Galaxy Note 8 memiliki sensor di sebelah kamera, pada kedua flagship terbaru ini sensor fingerprint hadir tepat di bawah kamera.

Peletakan sensor di tengah smartphone ini tentu memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah Anda bisa menggunakan jari tangan kanan atau kiri untuk membuka layar smartphone (sebelumnya mungkin lebih nyaman menggunakan jari tangan kanan atau kiri saja).

2. Pengamanan biometric

fitur unggulan s9 2

Keamanan merupakan salah satu fitur yang dijual di Samsung Galaxy S9. Samsung memperbarui teknologi pengamanan biometrik untuk kedua flagship Galaxy S9 yang meliputi sensor fingerprint, iris scanner dan face unlock.

Fitur iris scanner ini sebenarnya sudah ada di Galaxy S8, hanya saja agak kurang responsif saat digunakan di bawah sinar matahari. Sedangkan untuk face unlock kebalikannya, dapat bekerja sempurna dengan cahaya baik, namun kurang bisa diandalkan dikondisi gelap.

Di Galaxy S9, Samsung memperbarui kedua teknologi tersebut sehingga mampu bekerja dengan maksimal di berbagai kondisi cahaya. Untuk pengamanan lebih lanjut, terdapat fitur Intelligent Scan menggunakan iris scanner yang secara otomatis bakal aktif saat pengguna mengakses aplikasi mobile banking ataupun Samsung Pay.

3. Kamera baru

fitur unggulan s9 3

Kamera utama Galaxy S9 dan Galaxy S9+ sama-sama menggunakan sensor dual-pixel generasi baru yang lebih cepat, responsif, dan bisa menyimpan data hingga empat kali lebih banyak. Jadi, walaupun resolusinya masih sama-sama 12 MP, tapi kini kualitasnya lebih baik. Apalagi ada fitur dual-aperture f/1.5 (untuk low light) dan f/2.4 (untuk kondisi normal).

Khusus untuk seri Galaxy S9+, Samsung menyematkan modul dual-camera di belakang. Kamera utama beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.5-2.4 yang dapat diubah sesuai kondisi cahaya dan 12 MP aperture f/2.4 untuk lensa elephoto. Kedua kameranya memiliki fitur OIS, PDAF, 2x optical zoom, serta Live Focus untuk membuat efek bokeh.

4. Super slow-motion

s9drodilime

Fitur super slow-mo yang hadir di Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ cukup luar biasa. Kameranya dapat mengambil gambar super lambat 960 fps dalam resolusi 720p HD. Selain itu, terdapat fitur kedua di super slow-mo yang bernama Motion Detection.

Di sini Anda hanya perlu merekam video dengan kecepatan normal lalu saat terdeteksi sebuah gerakan unik secara otomotasi kecepatan pengambilan gambarnya menjadi super slow-mo. Dengan adanya fitur Motion Detection, tentu Anda tidak perlu takut kehilangan momen-momen unik yang sedang berlangsung.

5. AR Emoji

fitur unggulan s9 5

Satu lagi fitur kamera yang diunggulkan di Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Fitur bernama AR Emoji ini memungkinkan Anda untuk membuat Animoji seperti iPhone X namun dengan hasil lebih baik. AR Emoji akan merekam wajah Anda yang selanjutnya akan diaplikasikan pada beberapa avatar yang sudah disediakan.

Bentuk avatar 3D tersebut bisa Anda ubah sesuka hati, mulai dari background, ekspresi wajah, hingga pakaian dari karakter tersebut. Jika sudah tersimpan, pengguna bisa mengirimkan Emoji interaktif tersebut ke berbagai media sosial untuk semua jenis smartphone.

6. Bixby Live Translation

fitur unggulan s9 6

Samsung Galaxy S9 series memiliki fitur terjemah bahasa otomatis yang bernama Bixby Live Translation. Di sini Anda hanya perlu membuka aplikasi kamera bawaan dan mengarahkan kamera tersebut ke tanpa atau sebuah kata yang ingin Anda terjemahkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi install aplikasi pihak ketiga hanya untuk menerjemahkan bahasa.

Selain Bixby Live Translation, Anda juga dapat mencoba fitur Bixby lainnya seperti Bixby Vision untuk mengindentifikasi restoran terdekat dan Bixby Quick Commands untuk mengaktfikan fitur asisten digital.

7. Speaker stereo

fitur unggulan s9 7

Kedua Samsung Galaxy S9 ini memiliki modul dual speaker stereo buatan produsen audio ternama, AKG, yang juga memiliki dukungan Dolby Atmos. Speaker ini diklaim dapat menghasilkan suara 40 persen kali lebih kencang dibanding Galaxy S8. Pada setiap paket penjualnnya, Anda juga akan mendapatkan earphone premium besutan AKG.

Video hands-on

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.