Connect with us
ZFLive
Tips

Cara Install Kamera Pixel 2 di Smartphone Android non-Google

Droidlime.com,

/

pixel 2 camera

Google Pixel 2 sukses menarik perhatian banyak orang. Smartphone ini juga berhasil mendapatkan predikat smartphone dengan kamera terbaik saat ini dengan kemampuan memotret bokeh (portrait) dan HDR yang menawan. Padahal kamera utamanya hanya satu. Praktis banyak orang mendambakan bisa merasakan dahsyatnya kemampuan kamera Pixel 2.

Beruntung, salah satu member senior di XDA Developer, Arnova8G2, berhasil memodifikasi kamera milik Google Pixel 2 sehingga bisa digunakan pengguna smartphone non-Google, termasuk fitur HDR+ dan juga portrait. Beberapa pengguna di forum XDA juga sudah berhasil mencoba efek portrait dari hasil modifikasi tersebut.

Meski begitu, nyatanya tidak semua smartphone bisa merasakan sensasi kecanggihan hasil modifikasi Google Camera dari Pixel 2 ini. Kami sendiri cukup penasaran dan akhirnya sudah mencoba melakukan porting ke beberapa smartphone, mulai dari Google Pixel, Xiaomi Mi 5s, Xiaomi Mi 6, Xiaomi Mi A1, Razer Phone, LG G6, hingga OnePlus 5T.

Wajib Snapdragon

Dari sederet smartphone yang kami coba tadi, hasilnya hanya Google Pixel, Xiaomi Mi 5s, dan LG G6 saja yang bisa menggunakan Google Camera modifikasi ini secara langsung. Pada Xiaomi Mi 6 dan Mi A1 bisa dipakai, namun ada konfigurasi tambahan yang harus dilakukan. Sementara pada OnePlus 5T sama sekali belum bisa berjalan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Google Camera modifikasi dari Pixel 2 ini di smartphone Android Anda, kali ini kami akan meberikan panduan install dan mengatur konfigurasinya. Wajib diketahui, cara ini tidak akan bisa dilakukan pada smartphone dengan chipset selain Snapdragon.

Kami pun merekomendasikan chipset Snapdragon 600 atau 800 series karena memang membutuhkan performa chipset yang tinggi. Sekadar info, dalam tutorial kali ini kami menggunakan smartphone Xiaomi Mi A1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah me-root smartphone lebih dulu.

Cara install

Tutorial untuk root bisa dicek di XDA Forum untuk Root Mi A1. Jika sudah berhasil melakukan root, langkah selanjutnya adalah enable Camera2 API. (Catatan: lakukan dengan menanggung risiko sendiri).

Setelahnya, Anda harus men-download Google Camera Modifikasi Arnova8G2 dan install seperti biasa di smartphone Android Anda. Setelah ter-install, jangan lupa untuk memberikan izin agar kamera tersebut bisa beroperasi.

Selanjutnya masuk ke menu Setting dan ubah Config camera HDR+ ke Nexus 6 Auto dan Model Nexus 6P.
google camera mod xiaomi mi a1 7

Setelah mengubah config dan model, masuk ke Advanced menu lalu aktifkan HDR+ control dan Portrait Mode. Jika sudah, tutup aplikasi kamera dan buka kembali.

kamera pixel 2

Sesaat kemudian secara otomatis akan muncul mode portrait pada tampilan kamera. Perlu diingat, mode portrait ini hanya bisa berfungsi ketika membidik objek wajah manusia saja. Efek blur tidak akan tampil jika mendeteksi objek selain wajah.

kamera pixel 2 02

Dan berikut adalah perbandingan beberapa contoh foto yang kami ambil menggunakan kamera Xiaomi Mi A1. Foto bawah menggunakan MIUI Camera bawaan sedangkan foto atas menggunakan mode portrait dan HDR+ via aplikasi Google Camera hasil modifikasi milik Google Pixel 2.

mia1 gcam 01mia1 miui 01

mia1 gcam 03mia1 miui 03

mia1 gcam 02mia1 miui 02

Itulah cara install dan menjalankan kamera Google Pixel 2 di smartphone non-Google. Perlu diketahui, tidak semua smartphone dapat menjalankan kameranya dengan lancar, khususnya untuk mode portrait. Selamat mencoba!

Advertisement
Comments
Tips

Cara Install Navigation Gesture ala iPhone X di Semua Android

Published

on

system navigasi iphone x 1
Seperti yang diketahui, hal baru yang hadir di perangkat buatan Apple selalu menjadi tren tersendiri bagi pengguna smartphone. Salah satu contohnya adalah system gesture yang ada di iPhone X. Apple menghilangkan tombol home dan mengubah bentuk iPhone X menjadi layar penuh, secara otomatis sistem navigasinya-pun berubah. Install Navigation Gesture di Android Jika Anda yang ingin merasakan sistem navigasi ala iPhone X di Android, sekarang sudah bisa dengan bantuan aplikasi bernama Navigation Gesture buatan XDA ini. Langsung saja, pertama-tama download aplikasinya dan Install seperti biasa di Android. Buka aplikasinya lalu berikan akses ke Accessibilty Service lalu aktifkan juga Write Secure Setting...
Continue Reading
Tips

Cara Baca Pesan WhatsApp yang Dihapus Pengirim di Android

Published

on

membaca pesan yang dihapus di whatsapp banner2
WhatsApp menjadi aplikasi pengiriman pesan cepat dengan pengguna paling banyak di dunia. WhatsApp pun tak henti-hentinya memberikan beragam fitur terbaru yang bisa digunakan secara gratis, salah satunya adalah fitur penarikan pesan atau menghapus pesan yang sudah dikirim. Membaca pesan terhapus di WhatsApp Saat pertama kali diluncurkan Oktober 2017 silam, fitur ini terbukti membantu pengguna untuk menghapus pesan yang salah kirim baik di chat pribadi maupun grup. Meski begitu, terkadang penerima yang tidak sempat membaca pesannya mungkin agak penasaran. Untuk membantu Anda membaca pesan yang dihapus pengirim di WhatsApp, sepertinya bisa mencoba aplikasi WhatsRemoved berikut ini. Pertama-tama download aplikasi WhatsRemoved dan...
Continue Reading
Tips

Cara Putuskan Koneksi Internet Orang Lain dengan Android

Published

on

memutuskan koneksi internet banner
Selain menggunakan paket data, cara lain untuk bisa mengakses internet adalah dengan menggunakan Wi-Fi. Sebelumnya kami sudah pernah membuat tutorial untuk menemukan lokasi hotspot Wi-Fi yang bisa digunakan secara gratis. Meski begitu kecepatannya akses internetnya mungkin biasa-biasa saja. Memutuskan koneksi Wi-Fi dengan Android Untuk mengatasi masalah internet lambat saat menggunakan jaringan Wi-Fi, Anda bisa memutuskan koneksi pengguna Wi-Fi lainnya hanya dengan smartphone Android. Cara ini mungkin agak kurang baik untuk dilakukan, jadi sebaiknya gunakan saat sedang butuh saja. Pertama-tama download aplikasi NetCut dan install seperti biasa di smartphone Android Anda. Aplikasi ini membutuhkan akses root, jadi pastikan Anda sudah root...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer