Connect with us
TUF
Tech News

Beginilah Qualcomm Meracik Snapdragon 855 5G

Kinerja lebih cepat, kemampuan AI lebih cerdas, ada dukungan 3D Sensor Sonic dan Qualcomm Elite Gaming. Begitulah Qualcomm meracik System on Chip (SoC) terbarunya, Snapdragon 855.

Updated

Secara resmi Qualcomm telah memperkenalkan chipset unggulan terbarunya, Snapdragon 855. System on Chip (SoC) ini diperkenalkan oleh Qualcomm di ajang Snapdragon Summit 2018 yang berlangsung di Grand Wailea, Maui, Hawaii. Dan Droidlime pun berkesempatan hadir langsung di sana.

Berbeda dengan bocoran sebelumnya, SoC yang nantinya bakal ditempatkan ke dalam smartphone unggulan ini datang dengan nama Snapdragon 855 5G. Ya! Beberapa bocoran sebelumnya mengatakan bahwa SoC ini datang dengan nama Snapdragon 8150.

Seperti yang disinggung pada berita sebelumnya, SoC terbaru milik Qualcomm ini memang punya dukungan jaringan 5G. Ya! Bisa dibilang ini adalah jawaban dari Qualcomm untuk ikut meramaikan teknologi “internet super cepat” yang diperkirakan akan mulai marak di tahun depan.

Tak hanya itu, Qualcomm juga menjajikan bahwa SoC barunya ini bakal memiliki peningkatan yang signifikan. Bahkan tak menutup kemungkinan, Snapdragon 855 ini akan jauh lebih kencang ketimbang Kirin 980 yang belum lama ini telah diperkenalkan oleh Huawei.

Dijanjikan, Snapdragon 855 akan punya peningkatan kinerja hingga dua kali lipat dari seri pendahulunya. Sementara itu, performa kecerdasan buatan alias AI yang dibenamkan ke dalam chipset mobile ini tiga kali lipat dari pendahulunya, Snapdragon 845.

Bisa dikatakan, ada lonjakan yang sangat signifikan yang dibuat oleh Qualcomm. Namun, tentunya ini baru akan terbukti jika chipset tersebut sudah benar-benar tersedia di pasaran atau setidaknya sudah menempel ke dalam salah satu smartphone flagship yang muncul di tahun depan.

Hal menarik lainnya, Qualcomm juga sesumbar bahwa Snapdragon 855 memiliki ISP yang sudah berkemampuan AI. Hal ini memberi keuntungan untuk mengurangi beban kerja sistem dan bahkan membuat konsumsi daya lebih irit.

Qualcomm juga mengatakan bahwa Snapdragon 855 akan dapat mengendalikan 3D Sonic Sensor yang berkaitan erat dengan pemindai sidik jari. Ya! Ini adalah pemindai sidik jari di dalam layar dan karena menggunakan sensor ultrasonik, Qualcomm menjajikan kemampuan pemindaian secara tiga dimensi.

Kabar baik lainnya terkait dengan 3D Sensor Sonic, Qualcomm juga menjajikan bahwa sistem biometrik ini dapat bekerja dengan baik meskipun nantinya pada layar smartphone akan terpasang screen protector alias pelindung layar sekalipun.

Baca juga

Qualcomm pun juga mengatakan bahwa Snapdragon 855 memiliki Qualcomm Elite Gaming. Dari penamaannya, ini berkaitan erat dengan gaming. Nantinya tidak hanya performa GPU dan CPU yang dirancang untuk gaming, tetapi juga audio yang lebih optimal dan baterai akan dibuat lebih hemat.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.