Bapak Android Andy Rubin Sedang Garap Smartphone Flagship Baru

Andy Rubin merupakan bapak Android karena menciptakan sistem operasi tersebut dan membuat perusahaan Android Inc. Selanjutnya, perusahaan ini diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Andy Rubin secara resmi bekerja dan melakukan penelitan di bawah perusahaan Google hingga tahun 2013. Pada tahun 2014, Rubin secara resmi meninggalkan Google dan melanjutkan impian barunya dengan membuat inkubator teknologi yang bernama Playground Global.

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Andy Rubin telah membuat perusahaan baru yang bernama Essential Products Inc. Dalam waktu dekat, perusahaan ini akan meluncurkan paket produk hardware untuk konsumen, termasuk perangkat mobile dan smarthome. Essential memiliki tim berjumlah 40 orang dan merek dagang yang terdaftar dari USPTO dengan fokus pada produk smartphone, tablet, aksesori, dan sistem operasi untuk perangkat mobile.

Desain modular

modular phone

Produk utama dari Essential Product Inc. yang sebentar lagi keluar adalah smartphone flagship (Essential FIH-PM1). Dikabarkan produk ini akan memiliki layar besar tanpa bezel dan memiliki fitur hardware yang akan selalu baru dari waktu ke waktu berkat desain modular.

Ya, perangkat ini akan memiliki desain modular dengan konektor magnet yang memiliki fungsi untuk pengisian baterai dan memperluas fungsi smartphone. Selain itu, produk ini direncanakan akan mendapatkan dukungan dari modul pihak ketiga.

Saat ini Essensial telah mengembangkan kamera spherical yang dapat mengambil foto 360 derajat dengan resolusi tinggi. Prototype smartphone buatan Essential memiliki layar yang lebih besar dibandingkan Apple iPhone 7 Plus dengan layar 5,5 inci, namun dimensi keseluruhannya lebih kecil karena terbantu dengan layarnya yang tanpa bezel.

Prosesor terbaru

fih pm1

Tak hanya itu, smartphone dengan codename Essential FIH-PM1 ber-OS Android 7.0 ini bahkan sudah diuji benchmark menggunakan aplikasi Geekbench. Skor single-core yang diperoleh yakni 1.844 poin, sementara skor multi-core mencapai 5.426 poin. Selain skor, spesifikasi yang diusungnya juga sudah ketahuan, yakni CPU Snapdragon 835 1,9 GHz dan RAM 4 GB.

Nantinya smartphone modular buatan Essential akan memiliki material yang terbuat dari keramik untuk bodinya dan logam untuk bingkainya. Desain dan materialnya diklaim lebih baik dibandingkan Xiaomi Mi MIX. Perangkat ini akan dirakit oleh Foxconn dan diperkirakan akan hadir pada pertengahan tahun 2017 dengan harga yang identik seperti Google Pixel dan Apple iPhone.

(last edit: 16 January, 2017 / 11:12 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
56%
Mau
19%
Biasa Aja
13%
Payah!
15%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.