Connect with us
Zenbook131415
Tech News

Apple Siap Bikin Iphone Dengan Koneksi 5G, Kapan?

Tidak mau ketinggalan dari pabrikan smartphone Android, Apple juga sudah berencana merilis iPhone dengan dukungan jaringan 5G bekerjasama dengan Intel.

Updated

Pengembangan jaringan 5G terus jadi pembicaraan. Sejumlah operator telekomunikasi di Amerika Serikat pun mulai berlomba-lomba untuk berinvestasi agar bisa menjadi yang “pertama” merilis jaringan 5G. Di sisi lain, sejumlah pabrikan smartphone juga sedang mempersiapkan diri.

Ya! Kehadiran 5G tentunya akan disambut positif oleh sejumlah pabrikan smartphone. Diperkirakan, rentetan smartphone yang mendukung konektivitas ultra-cepat 5G akan segera hadir di tahun 2019. Namun, jangan harap kalian bisa menemukan iPhone di tahun depan dengan dukungan jaringan 5G.

Menurut laporan yang ditulis oleh Fast Company, iPhone dengan konektivitas 5G pertama baru akan tiba pada tahun 2020. Dan mengutip dari sebuah sumber yang dekat dengan Apple, disebut-sebut smartphone tersebut akan dibekali chip modem 8161 dari Intel yang diproduksi dengan fabrikasi 10 nanometer.

Sekadar informasi untuk kalian, raksasa teknologi asal Cupertino ini sebenarnya telah menggunakan modem dari Qualcomm dan Intel sejak tahun 2016 lalu. Namun, Apple sepertinya memutus kerjasama dengan Qualcomm dan lebih memilih Intel.

Pengujian saat ini yang sedang dilakukan adalah menggunakan chip 8060 yang sedikit lebih lawas dan hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Untuk itulah, Intel sedang berjuang untuk mengurangi pembuangan panas dari sejumlah komponen yang ada.

Ya! Unit pengujian 5G saat ini dengan modem 8060 memang mengalami masalah dengan akumulasi panas yang berlebih. Tentu saja ini juga akan berdampak negatif terhadap masa pakai baterai. Meski begitu, Intel menjanjikan akan menyelesaikan masalah ini tepat waktu.

Lantas, bagaimana jika penanganan masalah tersebut meleset? Apple sendiri juga sudah melirik MediaTek sebagai pemasok chip alternatif jika masalah tersebut berlanjut. Sebagai perbandingan, pabrikan smartphone Android, seperti Samsung, Huawei dan Xiaomi lebih memilih modem 5G Qualcomm X50.

Keputusan Apple yang dianggap lambat tentu saja bukan kabar yang baik bagi sebagian orang. Namun, pendekatan konservatif seperti ini bisa menjadi langkah yang tepat yang dilakukan oleh Tim Cook Cs. Artinya, Apple memang tidak mau tergesa-gesa untuk menghadirkan iPhone 5G dalam waktu dekat.

Xiaomi sendiri yang menjadi salah satu pabrikan smartphone Android terkuat telah merilis smartphone 5G, yakni Xiaomi Mi MIX 3. Sayangnya, kemampuan jaringan 5G yang dimilikinya belum bisa digunakan hingga ada operator yang siap menghadirkan layanan 5G.

Baca juga

Tak hanya di Amerika Serikat, beberapa operator telekomunikasi di sejumlah negara juga baru tahap uji coba untuk menghadirkan layanan jaringan 5G. Jadi, cukup masuk akal jika Apple tidak tergesa-gesa untuk merilis iPhone dengan dukungan konektivitas 5G di tahun depan.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.