Akhir 2016 Pengguna BB dan Nokia Tak Bisa WhatsApp-an Lagi

Adakah di antara Anda yang masih menggunakan ponsel BlackBerry atau bahkan Nokia dengan Symbian OS? Jika ada, Anda harus siap-siap ganti haluan menggunakan smartphone dengan OS Android atau iOS. Pasalnya, aplikasi chatting paling familiar di dunia, WhatsApp, akan segera hengkang dari BlackBerry dan Symbian.

Melalui blog resmi miliknya, WhatsApp menyatakan akan menghentikan layanannya untuk beberapa sistem operasi smartphone yang tidak lagi banyak digunakan. Mulai dari BlackBerry dan BlackBerry 10, Symbian S60, Nokia S40, Windows Phone 7.1, Android 2.1, dan Android 2.2.

Hal tersebut dilakukan karena jumlah pengguna pada ketujuh sistem operasi tersebut sangat jauh dibandingkan Android dan iOS. Dengan begitu, ini artinya WhatsApp ingin fokus meningkatkan layanannya pada sistem operasi terkini yang banyak digunakan saja, karena saat ini mereka harus melayani satu milyar penggunanya.

Dengan satu milyar pengguna, WhatsApp harus melayani hingga 42 milyar pesan per hari, termasuk 250 juta pesan dalam format video. Lalu, kapan WhatsApp hengkang dari BlackBerry, Symbian, dan yang lainnya? Dikutip dari blog WhatsApp, aplikasi pesan paling populer ini akan menghentikan layanannya pada akhir tahun 2016 nanti.

(last edit: 29 February, 2016 / 9:10 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
25%
Mau
0%
Biasa Aja
13%
Payah!
63%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.