7 Teknologi Smartphone yang Bakal Eksis Tahun 2017

Selamat tahun baru untuk Anda para pembaca setia DroidLime. Tak terasa waktu cepat berlalu. Di tahun yang baru ini diprediksi akan hadir smartphone dengan sederet fitur-fitur canggih. Beberapa fitur ini masih dianggap sebagai rumor atau sebuah prediksi dan beberapa lainnya sudah terbukti keberadaannya. Mau tahu fitur apa yang akan eksis pada smartphone keluaran 2017? Berikut ulasannya.

Pemindai mata

iris scanner

Pada tahun 2015 dan 2016 kita dapat menggunakan fingerprint sebagai fitur andalan untuk mengamankan smartphone. Lain halnya di tahun 2017, karena pada tahun ini diprediksi banyak vendor yang menghadirkan fitur pemindai mata sebagai keamanan utama sebuah smartphone.

Sebenarnya ada beberapa vendor besar seperti Microsoft, Samsung, dan ZTE telah menyematkan fitur ini pada jajaran smartphone buatannya. Slaah satu yang paling fenomenal adalah Galaxy Note7. Namun, seperti yang kita tahu karena musibah yang terjadi mengharuskan Samsung untuk menarik Note 7 dari pasaran.

Layar lipat

foldable display

Seperti rumor yang beredar bahwa akan hadir smartphone dengan model layar lipat. Desain layar lipat di sini bukan seperti desain clamsheel pada ponsel-ponsel masa lalu karena layarnya lah yang benar-benar dapat dilipat. Beberapa vendor yang dikabarkan siap menggunakan desain seperti ini adalah Samsung, Lenovo, dan LG.

Snapdragon 835 & RAM 8 GB

snapdragon

Hadirnya prosesor baru, yakni Snapdragon 835 menjadi salah satu alasan mengapa smartphone keluaran 2017 bakal memiliki performa yang lebih baik. Ini bukanlah sebuah prediksi. Pasalnya, Snapdragon 835 sudah diluncurkan berkolaborasi dengan Samsung. Selain itu, beberapa sumber memprediksi bahwa smartphone 2017 akan menggunakan RAM sebesar 8 GB. Dengan RAM sebesar itu, game berat mana yang tidak bisa dimainkan?

Bodi modular

modular

Konsep bodi modular memungkinkan smartphone dapat dibongkar pasang layaknya Lego. Konsep bodi modular ini pernah dikembangkan oleh Google beberapa tahun yang lalu. Namun karena banyak kendala yang terjadi akhirnya proyek ini dibatalkan. Meski Google gagal mewujudkan teknologi ini, tak menutup kemungkinan vendor lain untuk mengembangkannya kembali. Sempat terdengar kabar bahwa LG sedang mengembangkan kembali konsep ini dan siap merilis smartphone dengan konsep bodi modular.

Kamera 3D

3d camera

Fitur ini diprediksi juga akan hadir di tahun ini. Dulu memang sudah ada smartphone berkamera 3D seperti LG Optimus 3D atau HTC Evo 3D. Tapi teknologi 3D yang baru ini beda dari yang sebelumnya. Kabarnya iPhone 8 adalah salah satu yang akan menggunakan kamera 3D. Jika fitur ini benar-benar hadir, sudah dipastikan kita dapat memotret foto 360 derajat dimana kita dapat melihat gambar dari semua sisi seperti hasil jepretan kamera 360.

Mobile payment

mobile poayment

Saat ini, beberapa vendor smartphone sudah mengusung sistem pembayaran mobile seperti Android Pay, Samsung Pay, Apple Pay. Dan kami percaya sistem ini akan lebih eksis di tahun 2017. Mungkin vendor lain juga akan menghadirkan fitur ini pada setiap smartphone yang berhasil mereka rilis. Salah satuya adalah Xiaomi yang sedang mengembangkan Mi Pay. So, kegiatan belanja akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Layar tanpa bezel

mi mix

Sharp Aquos adalah smartphone pertama yang menggunakan desain smartphone tanpa bezel, lalu diikuti Xiaomi Mi MIX. Dan di tahun 2017, tidak menutup kemungkinan akan ada banyak smartphone yang hadir dengan desain tanpa bezel tersebut. Dengan desain tanpa bezel, layar akan terlihat lebih luas sehingga membuat kegiatan-kegitan menarik seperti bermain game dan menonton film menjadi lebih seru.

Itulah beberapa teknologi yang akan eksis di tahun ini, beberapa sudah menjadi kenyataan, beberapa akan menjadi kenyataan, dan beberapa ainnya masih sebatas prediksi saja. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat silakan mengirim pesan di kolom komentar.

(last edit: 6 February, 2017 / 11:30 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
93%
Mau
5%
Biasa Aja
0%
Payah!
2%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.