Connect with us
MaxProM1
Tips

5 Tips Gmail yang Belum Diketahui Banyak Pengguna

Harus diakui, Gmail adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan pengguna smartphone berbasis Android. Dibuat oleh Google dan memudahkan kita untuk berkirim e-mail, aplikasi ini juga menawarkan banyak kenyamanan.

Updated

Ditakdirkan sebagai raja teknologi dunia, Google telah memberikan sumbangsih yang besar kepada seluruh mahluk penghuni planet bumi. Pasalnya, perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini telah memanjakan masyarakat dunia dengan berbagai teknologi canggih.

Sebut saja, mulai dari mesin pencarian, sistem operasi Android, hingga sederet aplikasi canggih lainnya. Nah! Salah satu aplikasi besutan Google yang paling berpengaruh adalah Gmail. Terbukti, hingga saat ini Gmail masih menjadi pilihan utama para pengguna internet untuk mengirim surat elektronik alias e-mail.

Tercatat, sejak tahun 2016 lalu Gmail sudah memiliki pengguna aktif sekitar 1 miliar orang dan akan terus meningkat setiap tahunnya seiring berkembangnya smartphone Android. Karena, sebagian besar aplikasi bawaan Android membutuhkan hak akses Gmail.

Lantas, apakah kalian juga menjadi salah satu orang yang sering menggunakan Gmail untuk berkorespondensi? Dan seberapa sering kalian melakukan itu? Jika kalian pengguna setia Gmail wajib hukumnya untuk mengetahui 5 tips berikut ini agar aktivitas berkirim e-mail jadi lebih asik.

Swipe Kiri-Kanan untuk tindakan cepat

 

Kalian pengguna internet aktif dan sering kali menerima pesan yang masuk ke Inbox di Gmail? Sudah bisa dipastikan bahwa dalam sehari ada banyak pesan yang akan memenuhi Inbox kalian. Dengan kata lain, ada sejumlah e-mail yang sebenarnya tak perlu kalian baca atau dianggap penting.

Dengan melihat siapa pengirimnya dan judul e-mail yang masuk, sudah cukup menjelaskan apakah e-mail tersebut penting atau tidak. Dalam hal ini, Gmail App menghadirkan fitur swipe untuk mengeksekusi e-mail secara cepat.

Default-nya, kita dapat menggeser pesan ke kiri dan ke kanan guna memuatnya ke dalam arsip. Namun kita juga dapat mengubahnya lewat “Setting > General Setting > Swipe actions”. Setelah itu kita bisa mengubah tindakan cepat yang akan dilakukan, seperti menghapus, mengarsipkan, dan sebagainya.

Cari pesan dengan parameter detail

Adakalanya kita kehilangan e-mail lama yang tenggelam karena ditumpuk oleh sejumlah e-mail baru. Seperti yang kita ketahui, Gmail pun sudah menyediakan fitur pencarian. Pada dasarnya, kita hanya perlu mengetikkan “nama pengirim” atau “judul” dari e-mail yang akan kita cari.

Namun rupanya pengembang aplikasi Gmail, dalam hal ini Google telah menyediakan fitur pencarian yang lebih spesifik alias pro. Caranya, kalian bisa mencari e-mail yang diinginkan dengan menggunakan parameter khusus dalam kotak pencarian.

Misalnya, dengan mengetikkan older_than:1y, kalian bisa mencari e-mail setahun yang lalu. Atau kalian juga bisa mengetikkan older_than:1d untuk menampilkan e-mail yang masuk sehari yang lalu. Tidak itu saja, tentunya banyak parameter khusus yang bisa kalian gunakan. Pelajari lebih lanjut di sini.

Perjelas dan percantik e-mail yang akan dikirim

Untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, kita harus menulis pesan secara jelas, mudah untuk dipahami dan menarik untuk dibaca. Jika kalian berkirim e-mail menggunakan Gmail, semua itu bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Untuk itulah Gmail App menyediakan sejumlah format teks untuk memperkaya tampilannya. Mulai dari teks tebal, miring, garis bawah, semuanya sudah tersedia utuh. Selain itu, kalian juga bisa mempercantik e-mail yang dikirim teks berwarna.

Menghemat ruang

Aplikasi Gmail terus melakukan proses sinkronasi. Jika proses ini berjalan terlalu sering, hal ini tentu akan mempersempit ruang penyimpanan pada perangkat kalian. Apalagi jika dalam sehari, kalian menerima puluhan e-mail yang masuk ke Inbox.

Ada baiknya kalian melakukan pengaturan agar kapasitas penyimpanan yang ada di dalam smartphone tidak cepat penuh dengan e-mail-e-mail. Untuk itu, atur jangka waktu proses sinkronisasi lewat menu “Setting”. Dengan begitu, storage kalian tidak akan cepat terisi penuh.

Kirim uang atau bayar tagihan

Mungkin fitur yang satu ini sudah tersedia lumayan lama untuk versi Gmail Web. Tapi, untuk Gmail App, fitur ini masih terbilang baru. Ya! Inilah trobosan Gmail dengan Google Wallet untuk menghadirkan fitur kirim uang via e-mail. Kedengarannya memang sangat menarik.

Sayangnya sampai saat ini, fitur tersebut hanya berlaku di Amerika Serikat. Namun kami rasa, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat ini, Google akan merilis fitur pembayaran via Gmail ini untuk negara-negara lainnya, termasuk Indonesia. Jadi, kita tunggu saja!

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.