Connect with us
UX370-JOE
Featured

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Belajar Coding

Droidlime.com,

/

coding01

Menciptakan sebuah program dalam bentuk aplikasi atau pun website adalah kegiatan yang seru dan menyenangkan. Apalagi bagi mereka yang benar-benar mencintai dunia teknologi, menulis code atau disebut dengan istilah ‘coding’ sudah menjadi santapan sehari-hari.

Kendati demikian, membuat sebuah program bukanlah perkara yang mudah bagi orang awam. Layaknya anak burung yang tak bisa terbang tanpa belajar, orang awam tidak akan pernah bisa menulis sebaris code pun tanpa mempelajari sebuah bahasa pemrograman beserta pola dan strukturnya.

Lantas, apakah Anda termasuk golongan orang-orang awam yang ingin belajar menulis code dan membuat program? Kalau begitu, kami akan berbagi lima aplikasi yang menyediakan berbagai macam materi dan pembelajaran mengenai bahasa pemrograman. Tanpa perlu menunggu lama, berikut adalah ulasannya.

Encode

coding06

Aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda para pemula yang baru mengenal bahasa pemrograman. Encode menyediakan tiga bahasa pemrograman dasar yang cukup populer, yakni JavaScript, Python dan bahasa pemrograman web statis (HTML dan CSS).

Ketika menggunakan aplikasi ini Anda akan diajak untuk mempelajari sebuah bahasa pemrograman dari awal alias yang paling dasar, lalu meningkat ke level yang lebih tinggi dan begitu seterusnya.

Penjelasan dari setiap bab tersusun dengan rapi dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Saat ini Encode sudah digunakan oleh lebih dari 100 ribu orang. Apakah Anda juga tertarik menjadi salah satu pengguna aplikasi ini? Berita baiknya aplikasi ini dapat Anda download secara gratis.

SoloLearn

coding05

Aplikasi selanjutnya adalah SoloLearn. Hadir dengan kapasitas memori yang lebih besar dari Encode, SoloLearn menawarkan fitur dan informasi yang lebih beragam. Bagaimana tidak, SoloLearn menyediakan tidak hanya satu atau dua materi bahasa pemrograman saja, melainkan lebih dari lima bahasa pemrograman.

Beberapa di antaranya adalah bahasa pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery), Python, Java, C++, PHP, Ruby dan masih banyak lainnya. Tidak hanya memberikan pembelajaran, melalui aplikasi ini kita juga bisa men-gedit atau bahkan menulis code, menemukan kesalahan, dan belajar dari kesalahan tersebut.

Sebagaimana ritual yang dilakukan para programmer ketika belajar bahasa pemrograman baru, pembelajaran akan dimulai dengan menulis kata “Hello World”. Salah satu bagian paling menarik yang disediakan aplikasi ini adalah adanya fitur “persentase kemampuan” atau yang biasa disebut XP. Persentase kemampuan akan terus bertambah apabila kita berhasil menyelesaikan sebuah masalah.

Programming Hub

coding02

Serupa dengan SoloLearn, Programming Hub juga menyediakan berbagai macam tutorial bahasa pemrograman, beberapa di antaranya adalah bahasa HTML, CSS, JavaScript, VB.net, Python, SQL, jQuery dan sederet bahasa pemrograman lainnya.

Aplikasi ini menyediakan antarmuka yang menarik dan rapi sehingga pengguna dapat belajar dengan nyaman serta urut dari hal paling dasar hingga ke level yang lebih sulit.

Programing Hub juga menyediakan fitur compiler dimana pengguna dapat menulis code, menjajalnya, serta melihat hasilnya. Sekadar informasi, Programming Hub berhasil menyabet penghargaan sebagai salah satu aplikasi terbaik ditahun 2017.

Udacity

coding04

Sedikit berbeda dengan tiga aplikasi di atas, Udacity menyediakan pembelajaran plus mentor khusus. Tentunya, mentor-mentor ini adalah para ahli atau pakar yang telah menghabiskan waktu untuk menulis code dan membuat program. Materi yang diberikan bisa berupa ulasan (e-book) atau video.

Beberapa materi ada yang disediakan secara gratis, namun ada pula yang berbayar. Biasanya untuk materi yang sifatnya sangat dasar dapat di-download dan dipelajari secara gratis, sementara materi yang sifatnya “berat” dilabeli dengan harga tertentu.

Hingga tahun 2018 ini, sudah lebih dari satu juta orang yang menggunakan Udacity. Bahkan aplikasi ini diklaim telah berhasil melahirkan banyak developer-developer hebat.

C++ Programming

coding03

Bagi Anda yang ingin fokus untuk mempelajari satu bahasa saja khususnya bahasa C++, aplikasi ini benar-benar kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin bagi beberapa orang apalagi bagi mereka yang baru belajar bahasa pemrograman, kebanyakan enggan menggunakan bahasa C++ dengan alibi sangat rumit alias sulit dipahami.

Padahal jika kita sudah menguasainya, bahasa C++ sangatlah powerful untuk membuat aplikasi desktop, membuat aplikasi mobile, game, hingga membangun sistem operasi sebab beragam kernel sistem operasi seperti Windows, Linux dan OSX dibangun dari bahasa C++. Untuk itulah, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajari dasar-dasar bahasa C++ melalui aplikasi ini. Ditambah lagi, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Advertisement
Comments
Featured

6 Pesona Huawei P20 Pro yang Memukau

Published

on

Huawei P20 Pro 4
Pada tahun lalu Apple kembali menggemparkan pasar smartphone global dengan merilis tiga perangkat sekaligus. Ketiganya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Smartphone terakhir yang disebutkan hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di industri ini. Pada awal tahun 2018 ini, tepatnya menjelang akhir bulan Februari lalu, Apple mendapat saingan dengan kehadiran Galaxy S9 dan S9+. Keduanya merupakan smartphone besutan Samsung yang memang hadir untuk berkompetisi di kelas high-end. Dan menjelang akhir Maret 2018 lalu, iPhone X, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ mendapat lawan sepadan dari Huawei. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina ini dengan penuh percaya diri...
Continue Reading
Featured

5 Aplikasi Video Editor yang Cocok Di-install untuk Smartphone

Published

on

aplikasi editor smartphone
Platform online untuk meng-upload video sangatlah beragam. Tak hanya ada YouTube, namun juga ada beberapa layanan lainnya seperti aplikasi sosial media Instagram dan Facebook, atau aplikasi video streaming karya anak bangsa, Vidio.com. Lewat platform online tersebut, kita dapat dengan meng-upload video yang dibuat, entah itu untuk dokumentasi atau sekadar mencari uang tambahan. Yang terpenting, video yang kita upload harus terlihat berkualitas dan menarik. Dengan begitu, kita bisa berharap video tersebut mampu menggaet banyak penonton. Bukan begitu? Membuat video yang layak "tonton" bukanlah perkara yang sulit. Mengapa? Karena saat ini kita pun bisa menemukan banyak aplikasi video editor yang dapat mempermudah...
Continue Reading
Featured

5 Pekerjaan “Freelance” Online dengan Upah Menggiurkan

Published

on

pekerjaan online
Internet dengan segala macam perangkat teknologi yang ada telah mengubah dunia ini menjadi lebih cepat dan dekat. Kini kita tak perlu bertatap mata secara langsung untuk dapat bercengkrama, bahkan lebih dari itu kita dapat dengan mudah membeli barang hanya dengan duduk santai di rumah. Dengan begini, internet telah bertransformasi menjadi tempat untuk berladang bisnis ataupun untuk bekerja. Nah, bagi Anda seorang mahasiswa atau yang ingin bekerja tanpa dikekang waktu, berikut ini adalah daftar lima pekerjaan "online" yang dapat Anda kerjakan dimana pun saja dengan gaji yang tak kalah menggiurkan. Freelance programmer atau desainer Kemajuan teknologi internet nyatanya telah mempengaruhi segala...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer