Connect with us
ZF5
Featured

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Belajar Coding

Droidlime.com,

/

coding01

Menciptakan sebuah program dalam bentuk aplikasi atau pun website adalah kegiatan yang seru dan menyenangkan. Apalagi bagi mereka yang benar-benar mencintai dunia teknologi, menulis code atau disebut dengan istilah ‘coding’ sudah menjadi santapan sehari-hari.

Kendati demikian, membuat sebuah program bukanlah perkara yang mudah bagi orang awam. Layaknya anak burung yang tak bisa terbang tanpa belajar, orang awam tidak akan pernah bisa menulis sebaris code pun tanpa mempelajari sebuah bahasa pemrograman beserta pola dan strukturnya.

Lantas, apakah Anda termasuk golongan orang-orang awam yang ingin belajar menulis code dan membuat program? Kalau begitu, kami akan berbagi lima aplikasi yang menyediakan berbagai macam materi dan pembelajaran mengenai bahasa pemrograman. Tanpa perlu menunggu lama, berikut adalah ulasannya.

Encode

coding06

Aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda para pemula yang baru mengenal bahasa pemrograman. Encode menyediakan tiga bahasa pemrograman dasar yang cukup populer, yakni JavaScript, Python dan bahasa pemrograman web statis (HTML dan CSS).

Ketika menggunakan aplikasi ini Anda akan diajak untuk mempelajari sebuah bahasa pemrograman dari awal alias yang paling dasar, lalu meningkat ke level yang lebih tinggi dan begitu seterusnya.

Penjelasan dari setiap bab tersusun dengan rapi dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Saat ini Encode sudah digunakan oleh lebih dari 100 ribu orang. Apakah Anda juga tertarik menjadi salah satu pengguna aplikasi ini? Berita baiknya aplikasi ini dapat Anda download secara gratis.

SoloLearn

coding05

Aplikasi selanjutnya adalah SoloLearn. Hadir dengan kapasitas memori yang lebih besar dari Encode, SoloLearn menawarkan fitur dan informasi yang lebih beragam. Bagaimana tidak, SoloLearn menyediakan tidak hanya satu atau dua materi bahasa pemrograman saja, melainkan lebih dari lima bahasa pemrograman.

Beberapa di antaranya adalah bahasa pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery), Python, Java, C++, PHP, Ruby dan masih banyak lainnya. Tidak hanya memberikan pembelajaran, melalui aplikasi ini kita juga bisa men-gedit atau bahkan menulis code, menemukan kesalahan, dan belajar dari kesalahan tersebut.

Sebagaimana ritual yang dilakukan para programmer ketika belajar bahasa pemrograman baru, pembelajaran akan dimulai dengan menulis kata “Hello World”. Salah satu bagian paling menarik yang disediakan aplikasi ini adalah adanya fitur “persentase kemampuan” atau yang biasa disebut XP. Persentase kemampuan akan terus bertambah apabila kita berhasil menyelesaikan sebuah masalah.

Programming Hub

coding02

Serupa dengan SoloLearn, Programming Hub juga menyediakan berbagai macam tutorial bahasa pemrograman, beberapa di antaranya adalah bahasa HTML, CSS, JavaScript, VB.net, Python, SQL, jQuery dan sederet bahasa pemrograman lainnya.

Aplikasi ini menyediakan antarmuka yang menarik dan rapi sehingga pengguna dapat belajar dengan nyaman serta urut dari hal paling dasar hingga ke level yang lebih sulit.

Programing Hub juga menyediakan fitur compiler dimana pengguna dapat menulis code, menjajalnya, serta melihat hasilnya. Sekadar informasi, Programming Hub berhasil menyabet penghargaan sebagai salah satu aplikasi terbaik ditahun 2017.

Udacity

coding04

Sedikit berbeda dengan tiga aplikasi di atas, Udacity menyediakan pembelajaran plus mentor khusus. Tentunya, mentor-mentor ini adalah para ahli atau pakar yang telah menghabiskan waktu untuk menulis code dan membuat program. Materi yang diberikan bisa berupa ulasan (e-book) atau video.

Beberapa materi ada yang disediakan secara gratis, namun ada pula yang berbayar. Biasanya untuk materi yang sifatnya sangat dasar dapat di-download dan dipelajari secara gratis, sementara materi yang sifatnya “berat” dilabeli dengan harga tertentu.

Hingga tahun 2018 ini, sudah lebih dari satu juta orang yang menggunakan Udacity. Bahkan aplikasi ini diklaim telah berhasil melahirkan banyak developer-developer hebat.

C++ Programming

coding03

Bagi Anda yang ingin fokus untuk mempelajari satu bahasa saja khususnya bahasa C++, aplikasi ini benar-benar kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin bagi beberapa orang apalagi bagi mereka yang baru belajar bahasa pemrograman, kebanyakan enggan menggunakan bahasa C++ dengan alibi sangat rumit alias sulit dipahami.

Padahal jika kita sudah menguasainya, bahasa C++ sangatlah powerful untuk membuat aplikasi desktop, membuat aplikasi mobile, game, hingga membangun sistem operasi sebab beragam kernel sistem operasi seperti Windows, Linux dan OSX dibangun dari bahasa C++. Untuk itulah, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajari dasar-dasar bahasa C++ melalui aplikasi ini. Ditambah lagi, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Advertisement
Comments

Wajib baca

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.