4 Cara Mudah Perkuat Sinyal WiFi

Smartphone tanpa jaringan internet ibarat makan sayur tanpa garam. Entah itu menggunakan data seluler ataupun WiFi. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk memperkuat sinyal WiFi sehingga koneksinya menjadi lebih stabil. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya.

Aplikasi penguat WiFi

wifi analyzer

Cara yang paling instan dan paling mudah adalah dengan meng-instlal aplikasi penguat sinyal WiFi. Anda bisa menemukannya di Google Play Store ataupun Apple App Store. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat meng-install-nya.

Ada baiknya untuk memerhatikan ulasan dan rate dari aplikasi tersebut. Aplikasi yang bisa dicoba seperti Network Signal Speed Booster atau Wifi Easy Connect. Jika masih bingung, Anda bisa melihat beberapa rekomendasi aplikasi penguat sinyal WiFi di sini.

Ubah pengaturan WiFi

optimal wifi

Jika Anda menggunakan jaringan WiFi dengan banyak router, ada baiknya Anda merubah beberapa pengaturan pada smartphone. Coba masuk ke pengaturan WiFi -> pilih Advanced -> centang pilihan avoid poor connection. Untuk Android Lollipop ke atas, pengaturan ini sepertinya sudah berjalan secara otomatis. Dengan cara ini, jaringan WiFi pada smartphone akan langsung berganti jika sinyal dari salah satu router lemah.

Perhatikan lokasi router

netgera

Sinyal WiFi tentu memiliki batas jangkuan tertentu untuk dapat bekerja secara optimal. Selain itu sinyal WiFi tersebut juga dapat terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router-nya. Jadi pastikan Anda berada pada tempat yang dekat dengan lokasi router berada serta tidak terhalang banyak tembok atau sekat.

Gunakan perangkat tambahan

wifi kaleng

Jika sinyal dirasa masih lemah, Anda bisa menggunakan bantuan alat tambahan. Alat yang pertama adalah extender WiFi atau repeater. Perangkat ini dapat meningkatkan sinyal WiFi. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli repeater, Anda dapat menggunakan penghantar sinyal dari kaleng bekas minuman. Anda dapat melihat cara membuatnya pada gambar di atas.

(last edit: 23 February, 2017 / 8:16 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
0%
Biasa Aja
33%
Payah!
6%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.