Connect with us
ROG GL504
Review

Review OPPO F1 Plus

Published
review f1 lus droidlime 08

Baru-baru ini OPPO R9 yang kini lebih dikenal sebagai OPPO F1 Plus menorehkan catatan penjualan yang impresif. Smartphone berlayar 5,5 inci ini berhasil mencatatkan angka penjualan 400 ribu unit pada empat hari pertamanya. Sehebat apa smartphone yang satu ini?

Kelebihan

Kamera depan superior. Sebenarnya, resolusi kamera depan 8 MP atau bahkan 5 MP pun sudah cukup jika hanya untuk selfie. Namun OPPO F1 Plus menawarkan kamera depan 16 MP dengan aperture f/2.0. Kamera ini ditunjang fitur Beautify 4.0 dengan tujuh tingkatan beauty. Untuk memotret di tempat gelap, OPPO menyematkan fitur screen flash yang tak kalah terang dari LED flash. Bahkan, Anda bisa mencetak foto selfie hingga ukuran 24R (60 x 80 cm) berkat resolusi tinggi yang dimilikinya.

Sensor fingerprint tercepat. Tidak biasanya, OPPO F1 Plus memiliki sebuah tombol fisik home yang sekaligus menjadi sensor fingerprint. Dibandingkan smartphone lainnya, sensor fingerprint milik F1 Plus adalah yang tercepat. Hanya dibutuhkan waktu 0,2 detik untuk membaca sidik jari.

review-f1-lus-droidlime-01

Tetap elegan. Tidak bisa dimungkiri, rupa OPPO F1 Plus memang terlihat identik dengan iPhone 6 Plus. Sudut-sudutnya membulat, 98 persen bodinya terbuat dari metal, serta di sisi belakangnya terdapat dua garis horizontal yang berfungsi sebagai antena. Di luar kemiripannya dengan iPhone 6 Plus, smartphone ini menawarkan kenyamanan dan kesan elegan bagi penggunanya.

review-f1-lus-droidlime-02

Pertama dengan Helio P10. OPPO F1 Plus bisa dibilang smartphone pertama di Indonesia yang datang dengan prosesor 8-core MediaTek Helio P10. Sebelumnya yang sudah banyak digunakan adalah Helio X10. P10 sendiri memiliki performa setara dengan X10, dimana skor AnTuTu yang dihasilkan keduanya berkisar di angka 50-55 ribu poin. Menjalankan game kelas menengah ke atas pun tergolong baik meski tidak sempurna.

Isi baterai super cepat. Sebagai smartphone unggulan dari OPPO, F1 Plus membawa fitur penting VOOC Flash Charge. Dengan charger khusus bawaannya, mengisi baterai 2.850 mAh sangatlah cepat. Pengisian 60 persen hanya butuh waktu 30 menit dan pengisian selama 60 menit bisa mengisi penuh baterainya.

review-f1-lus-droidlime-07

Keamanan ekstra. Berkat adanya sensor fingerprint, OPPO F1 Plus memiliki keamanan ekstra. Anda bisa melindungi file-file atau pun aplikasi tertentu yang ada di dalam smartphone. Jadi siapa pun yang ingin membuka file atau aplikasi tertentu tersebut harus menggunakan password atau sidik jari.

review-f1-lus-droidlime-03

ColorOS 3.0. Selain prosesor Helio P10, OPPO F1 Plus juga yang pertama membawa user interface ColorOS 3.0. UI ini memiliki tampilan sederhana yang terlihat mirip iOS. Responsivitasnya lebih baik dari ColorOS 2.0. Waktu booting dan waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi pun terasa cepat.

RAM dan storage jumbo. Prosesornya boleh saja kelas menengah. Tapi RAM dan storage OPPO F1 Plus tergolong kelas atas dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB. Apabila masih kurang, OPPO juga menyediakan slot microSD hybrid menyatu dengan slot SIM card keduanya.

Kekurangan

Tidak ada gyroscope. Buat kami pribadi, sensor gyroscope bukanlah hal utama. Tapi untuk sebuah smartphone seharga Rp5,5 juta, OPPO F1 Plus jadi kurang sempurna karena tidak punya gyroscope. Padahal sensor ini adalah syarat mutlak untuk bisa menikmati konten virtual reality.

(Update 27/04/2016). Setelah mencoba dengan unit lainnya, OPPO F1 Plus ternyata memiliki sensor gyroscope. Sedangkan pada saat pengujian pada unit yang kami coba sensor tidak berjalan sempurna yang mungkin disebabkan defect pada produk.

Kesimpulan

OPPO F1 Plus adalah smartphone yang sangat mampu menjadi magnet bagi para pengguna wanita yang berjiwa muda. Smarpthone ini menawarkan kamera depan 16 MP yang belum ada saingannya saat ini. Bentuk dan UI-nya yang terlihat mirip iOS mungkin juga disukai oleh para wanita.

Video review

Comments

Wajib baca

Populer