Connect with us
Tech News

MediaTek Perkenalkan Helio M70 dengan Dukungan 5G

Ikut meramaikan gelaran Computex 2019 di Taiwan, MediaTek membuat kejutan. Ya! Mereka telah memperkenalkan chipset terabrunya, Helio M70 yang di dalamnya sudah terintegrasi dengan modem 5G.

Updated

Awal bulan lalu MediaTek pernah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka dalam waktu dekat akan memperkenalkan chipset terbaru. Nah! Pernyataan tersebut dibuktikan oleh MediaTek yang baru-baru ini telah mengumumkan kehadiran chipset Helio M70.

Menariknya, chipset ini datang dengan kemampuan 5G dan dibangun menggunakan fabrikasi alias teknologi proses 7 nanometer. Tidak hanya itu, ini juga menjadi platform pertama yang di dalamnya mencakup CPU ARM Cortex-A77 dan GPU Mali-G77.

Ya! Kehadiran chipset ini diumumkan oleh MediaTek disela-sela gelaran Computex 2019 yang berlangsung di Taiwan. Modem 5G terintegrasi dengan Helio M70, memungkinkan semua smartphone yang menggunakan chipset ini akan memiliki jaringan 5G dan sub-6GHz yang mandiri.

Hal menarik lainnya, MediaTek juga mengatakan bahwa chipset barunya itu turut mendukungan jaringan 2G, 3G dan 4G ketika perangkat berada di area yang tidak terjangkau oleh jaringan 5G. Dikatakan, chipset baru ini akan siap untuk didistribusikan ke pabrikan smartphone pada kuartal ketiga 2019.

Sayangnya, ketiga disinggung soal spesifikasi detailnya, MediaTek masih merahasiakan. Produsen chipset asal Taiwan ini hanya mengatakan bahwa dalam beberapa bulan mendatang mereka akan mengeluarkan pengumuman secara terpisah menyangkut hal itu.

Saat ini, pabrikan smartphone yang sudah berkolaborasi dan menjalin kerja sama yang erat dengan MediaTek adalah OPPO dan Vivo. Jadi kita bisa berharap kedua anak perusahaan BBK ini akan segera merilis smartphone flagship dengan kemampuan 5G dalam waktu dekat.

Siaran pers yang dirilis oleh MediaTek mengatakan bahwa Helio M70 akan mencapai throughput puncak kecepatan download 4,7 Gbps (pada jaringan sub-6GHz). Selain itu, chipset ini juga mendukung New Radio (NR) 2 Component Carrier (CC).

Baca juga

MediaTek juga menuliskan, Helio M70 ini juga akan dapat mendukung encoding dan decoding video 4K pada 60fps. Keunggulan lainnya, chipset ini juga dapat bekerja dengan sensor kamera smartphone dengan resolusi hingga 80 MP.

Comments

Populer