Cara Mengatasi Google Now yang Error

Kehadiran fitur Google Now, Google Assistant, atau juga dikenal "OK Google" membuat banyak orang enggan mengetik dan lebih memilih untuk mengatakan apa yang mereka cari. Layaknya seorang asisten pribadi, OK Google membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat.

Meski begitu, nyatanya tak sedikit orang mengalami error atau masalah pada fitur OK Google di smartphone-nya. Jika Anda termasuk orang yang mengalaminya, kami akan membagikan cara untuk mengatasi masalah ini. Ingin tahu seperti apa cara mengatasinya? Simak informasi berikut ini.

Periksa setelan bahasa

google bahasa

 

Jika Google Now tidak menanggapi setiap ucapan Anda, kemungkinan besar pengaturan bahasa yang Anda gunakan salah. Karenanya Google Now tidak dapat mendeteksi setiap perkataan dan ucapan Anda. Jadi, pastikan Anda menggunakan pengaturan bahasa yang benar. Untuk memeriksa dan mengubahnya Anda dapat masuk ke aplikasi Google -> penelusuran -> suara -> bahasa.

Periksa mikrofon

mikrofon hp

Sebagai sistem berbasis suara, Google Now sangat bergantung kepada kinerja mikrofon ponsel Anda. Coba perhatikan ketika Anda membuka aplikasi Google Now dan mengucapkan suatu kata, ikon mikrofon di sisi kanan kotak pencarian akan muncul secara tebal dengan garis-garis penuh yang menyatu. Tetapi jika garis yang dihasilkan putus-putus, besar kemungkinan microphone pada ponsel Anda lah yang bermasalah.

Dalam banyak kasus, hal ini terjadi karena microphone pada smartphone tersumbat oleh debu ataupun kotoran kecil lainnya. Bersihkan dengan peniti atau barang sejenisnya dan lalukan cara ini dengan sangat hati-hati. Kebanyakan smartphone meletakan mikrofon di samping port USB. Jangan lupa juga untuk mengecek pengaturan microphone pada setelan Google Anda.

Matikan S Voice bagi pengguna Samsung

s voice

Tak ada alasan yang jelas mengapa hal ini bisa terjadi, namun dalam beberapa kasus S Voice milik Samsung tidak kompitibel dengan Google Now atau bisa disebut crash. Jadi pilih saja salah satu, jika Anda lebih sering menggunakan Google Now, matikan saja fitur S Voice pada smartphone Samsung Anda atau sebaliknya.

Setel ulang Google Now

OK google 1

Jika cara-cara di atas tidak bekerja, Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur ulang fitur Google Now pada ponsel Anda. Untuk melakukan ini, masuk saja ke setelan Google -> penelusuran -> suara -> deteksi "OK Google" -> berikan centang kotak di samping opsi “Dari Google app”. Atur seperti Anda mengatur fitur OK Google pada saat pertama kali mengaktifkannya.

(last edit: 12 February, 2017 / 11:21 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
6%
Biasa Aja
19%
Payah!
25%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.