Cara Mudah Akses WhatsApp, Facebook dan Instagram yang Diblokir

Pemerintah baru saja membatasi akses sosial media dan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram. Begini cara mudah untuk membuka blokirnya.

Baru-baru ini Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo secara resmi membatasi penggunaan media sosial dan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram terkait kabar hoaks yang berkaitan dengan kerusuhan 22 Mei 2019.

Akibatnya banyak pengguna kesulitan untuk mengakses ketiga aplikasi yang saat ini dimiliki Facebook lewat operator seluler lokal. Meski tidak diblokir menyeluruh, beberapa fitur memang sengaja dibatasi, salah satunya mengirim gambar dan video.

Untuk mengatasi hal tersebut dan bisa menggunakan ketiga aplikasi seperti biasanya. Cara paling mudah adalah dengan menginstall aplikasi VPN alias Virtual Private Network. Saat ini sudah banyak aplikasi VPN yang bisa didownload dan digunakan secara gratis.

Dari banyaknya aplikasi yang sudah ada, di sini kami merekomendasikan aplikasi 1.1.1.1 yang dibuat oleh Cloudflare. Beberapa kelebihan dari aplikasi ini antara lain, gratis, lebih ringan, akses Internetnya tergolong cepat dan pengguna bisa menggunakan aplikasi tanpa ada batasan waktu.

Untuk menggunakannya, cukup download aplikasi 1.1.1.1 dan install seperti biasa di Android. Selanjutnya ubah tombol di tengah menjadi Connected maka secara otomatis aplikasi sudah bisa digunakan.

Baca juga

Seperti itulah cara mengaktifkan aplikasi 1.1.1.1 di Android. Setelah aktif, barulah pengguna bisa mengakses aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram dan aplikasi lainnya seperti biasa.