Connect with us
FX507Z
Fitur

Inilah Segudang Kecanggihan Kamera HUAWEI P50 Pro

Hadirkan pengalaman fotografi paling nyata, HUAWEI P50 Pro mampu hasilkan detil foto dan video yang jernih dan responsif di segala kondisi pencahayaan hingga kemampuan zoom in berkali-kali lipat.

Updated

Huawei telah memperkenalkan sistem kamera Dual-Matrix pertama yang disematkan pada HUAWEI P50 Pro. Kamera utama pada HUAWEI P50 Pro dirakit dari dua lensa, yang terdiri dari satu lensa RGB, satu lensa monokrom, dan sensor multi-spektrum yang disesuaikan dengan kemajuan konsep AI-Raw.

Hal itu memungkinkan kamera utama yang ada pada HUAWEI P50 Pro mampu mempertahankan keaslian warna dari foto yang dihasilkan. Dalam artikel ini, Huawei akan menjabarkan bagaimana system kamera pada HUAWEI P50 Pro dapat menangkap gambar yang lebih nyata.

Sebagian besar masyarakat bingung saat harus memilih kamera yang tepat untuk mengambil foto. Meskipun banyak smartphone yang menghadirkan kamera dengan jumlah pixel yang sangat besar, namun ketika diperbesar, foto yang dihasilkan justru terlihat buram.

Bahkan, kemampuan pencitraan (imaging) malam hari juga lebih buruk. Hal inilah yang membuat foto menjadi kurang realistis. Bahkan tak sedikit orang melihatnya cenderung mirip dengan lukisan cat minyak akibat jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera tidak mencukupi.

Sebagai contoh, sensor warna yang terdapat pada sebagian besar kamera smartphone di pasaran pada dasarnya menggunakan pengaturan Bayer dengan 4 warna piksel sebagai satu kesatuan. Cahaya terdiri dari 3 warna utama yaitu Red (merah), Green (hijau), dan Blue (biru).

Dalam hal ini, pengaturan Bayer menggunakan format RGBG (red, green, blue, green). Namun, jenis filter warna ini hanya memungkinkan satu warna cahaya untuk dapat masuk. Misalnya untuk sensor warna cahaya putih, maka hanya sepertiga intensitas cahaya yang dapat merambat ke setiap piksel.

Jika hanya ada cahaya hijau yang masuk, maka piksel R (merah) dan B (biru) tidak akan menerima foto apapun. Cara ini tidak hanya membatasi sebagian besar intensitas cahaya yang diterima oleh tiap piksel, tetapi juga tidak menghasilkan perbedaan berarti yang seharusnya dihasilkan oleh dua warna lainnya saat menampilkan satu warna.

Piksel yang tidak menerima foton akan menampilkan pencitraan gambar hitam. Oleh karena itu, banyak kamera menggunakan algoritma interpolasi selama pencitraan gambar untuk mengisi piksel yang hilang dengan warna yang ada di sekitarnya.

Seharusnya hal seperti ini tidak menjadi masalah. Namun, kecerahan dari piksel yang terisi dengan algoritma interpolasi bersifat tidak pasti, dan dapat bersifat konsisten terhadap warna sekitar yang menyebabkan hasil gambar seperti lukisan dengan cat minyak.

Selain itu, banyak foto smartphone yang terlihat bagus saat dilihat sekilas, tetapi ketika diperbesar, detail piksel akan menunjukkan hasil yang buruk seperti berminyak. Permasalahan ini makin terlihat jelas saat pengambilan foto pada malam hari atau saat pencahayaan di sekitar sudah berkurang.

Brightness atau kecerahan yang relatif rendah saat suasana malam hari dan kecerahan filter yang terbatas menyebabkan sensor menerima lebih banyak piksel tanpa foton, sehingga menghasilkan gambar yang terlihat kurang nyatabahkan lebih buruk.

Untuk menghindari situasi ini secara langsung adalah dengan meningkatkan jumlah cahaya yang masuk ke sensor. Meskipun dengan menggunakan sensor warna RGB yang sama, hal ini hanya dapat meningkatkan sensitivitas sensor piksel terhadap cahaya atau mengurangi waktu shutter-nya.

Di sisi lain, hal ini justru menimbulkan dua masalah lagi. Meningkatnya sensitivitas juga akan meningkatkan sensor noise (gangguan), sehingga menghasilkan gambar dengan titik-titik merah seperti bintik. Selain itu, jika ingin memperlama waktu shutter-nya, maka harus memerlukan stabilitas sensor yang baik.

Halaman ke: 1 2 3 4 5

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer