Connect with us
FX507Z
Fitur

Cari Tahu Perbedaan Garansi Resmi dan Garansi Distributor

Ketika kalian ingin membeli sebuah smartphone, garansi menjadi pertimbangan yang patut diputuskan secara bijak. Dengan adanya garansi yang jelas, kalian tak perlu lagi khawatir seandainya  smartphone yang dibeli tiba-tiba rusak.

Updated

Buat kalian yang ingin sekali membeli smartphone, sudah tahukan perbedaan antara garansi distributor dan resmi? Sebagai informasi, garansi adalah bagian penting saat melakukan pembeliansebuah barang karena dianggap sebagai jaminan dari penjual terkait kondisi produk yang dijual.

Maka, ketika kalian ingin membeli sebuah smartphone, garansi menjadi pertimbangan yang patut diputuskan secara bijak. Dengan adanya garansi yang jelas, kalian tak perlu lagi khawatir seandainya  smartphone yang dibeli tiba-tiba rusak atau cacat sebab dapat diperbaiki atau diganti dengan unit baru.

Nah! Sebelum membeli smartphone, ada baiknya kalian perlu memahami dahulu perbedaan antara garansi resmi dan distributor. Tak hanya itu, kalian juga harus tahu untung serta ruginya. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat menyimak pembahasan berikut ini sehingga selesai.

Pengertian garansi distributor dan resmi

Garansi distributor ialah garansi yang diberi oleh pihak distributor, di mana barangnya tidak diambil secara resmi atau melalui kerjasama perwakilan produsen yang ada di Indonesia. Sedangkan, garansi resmi merupakan sebuah garansi yang diberikan perwakilan produsen yang ada di Indonesia.

Ada banyak keuntungan yang dapat kalian peroleh saat membeli produk dari garansi resmi, utamanya perangkat elektronik, seperti smartphone misalnya. Salah satu keuntungannya adalah kalian dapat melakukan klaim garansi di semua service center atau pusat layanan resmi.

Perbedaan smartphone garansi resmi dan distributor yang harus kalian ketahui

Sistem Klaim Garansi

Sistem Klaim merupakan perbedaan paling menonjol antara garansi distributor dan garansi resmi. Apabila kalian membeli barang bergaransi distributor, seandainya smartphone milik kalian rusak, klaim garansi hanya bisa dilakukan di toko tempat membeli atau di service center distributor.

Nah! Selain itu, ketika kalian mencoba datang ke service center resmi, kalian akan dikenakan biaya perbaikan dengan harga normal mengikuti kerusakan yang dialami smartphone tersebut. Itupun ada resiko, kalian bisa ditolak oleh service center resmi.

Kemampuan Tenaga Ahli

Satu hal yang juga harus kalian tahu adalah kemampuan tenaga ahli yang ada di dalam service center distributor. Biasanya, kemampuan tenaga ahli dari service center resmi tentunya lebih terpercaya, karena mereka sudah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi khusus.

Harga perangkat yang ditawarkan

Harga smartphone dengan garansi distributor tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan garansi resmi. Perbedaan harganya bahkan bisa lebih dari Rp1 juta. Sementara, smartphone garansi resmi umumnya tak terdapat perbedaan harga mencolok, terkadang penjual menerapkan sistem SRP.

Software dan Hardware

Perbedaan selanjutnya adalah smartphone dengan garansi distributor seringkali memiliki aksesoris dan hardware yang tak lumrah. Sebab, pembuatannya tidak mengikuti standar yang ada di Indonesia. Software pada smartphone garansi distributor juga umumnya berbeda dengan garansi resmi.

Terkadang, smartphone yang dijual dengan garansi distributor menyisipkan adware. Hal seperti inilah yang terkadang membuat kenyamanan pengguna jadi terganggu. Karena itu, smartphone tersebut tidak bisa berjalan dengan maksimal, terutama di sisi perangkat lunaknya.

Tanpa dukungan Bahasa Indonesia

Barang bergaransi distributor biasanya tidak dilengkapi buku manual maupun software dengan dukungan Bahasa Indonesia. Disamping itu, apabila kotak penjualan smartphone kalian berbahasa Inggris atau asing lainnya, dapat dipastikan smartphone yang kalian beli masuk lewat distributor ilegal.

Jadi garansi mana yang harus kalian pilih?

Pada intinya, bijaklah dalam membeli, jangan sampai kalian malah menyesal di kemudian hari. Karena itu, pilihlah smartphone bergaransi resmi karena yang resmi sudah pasti minim resiko, tidak repot, selalu up-to-date dengan sistem terbaru, dan IMEI-nya terdaftar di Kementerian Perindustrian RI.

Lagi pula, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah juga mewajibkan smartphone yang masuk ke Indonesia memiliki panduan Bahasa Indonesia. Pastikan kalian hanya membeli smartphone bergaransi resmi! Untuk menambah rasa aman, kalian bisa beli smartphone bergaransi TAM (Teletama Artha Mandiri).

Sebagai salah satu distributor resmi, smartphone garansi TAM dijamin sudah melewati proses yang ditetapkan pihak berwenang dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah. Hasilnya, kalian jadi bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakannya!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer