Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

Samsung X Yayasan Bill & Melinda Gates Rancang Toilet yang Aman

Samsung bersama Yayasan Bill & Melinda Gates kembangkan prototipe ‘Reinvented Toilet’. Ya! Kolaborasi ini bertujuan untuk merancang toilet yang aman untuk penggunaan rumah tangga.

Updated

Samsung mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan sebuah proyek dalam kerja sama dengan Yayasan Bill & Melinda Gates untuk menanggapi Reinvent the Toilet Challenge, yang berpuncak pada pengembangan prototipe toilet yang aman dan dirancang untuk penggunaan rumah tangga.

Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT), anak usaha penelitian dan pengembangan Samsung, mulai bekerja dengan Yayasan Bill & Melinda Gates untuk reinvented toilet sejak tahun 2019. Dan baru-baru ini telah menyelesaikan pengembangan teknologi inti untuk toilet tersebut.

Keberhasilan proyek tersebut diumumkan di SAIT di Suwon, Korea, dihadiri oleh Gyoyoung Jin, President dan Head of SAIT; Doulaye Kone, Deputy Director, Water, Sanitation & Hygiene dan Sun Kim, Senior Program Officer, Water, Sanitation & Hygiene di Bill & Melinda Gates Foundation; dan Yong Chae Lee, External Advisor Yayasan, bersama dengan peserta proyek dari SAIT.

Sementara itu, Vice Chairman Samsung, Jay Y. Lee bertemu dengan Bill Gates, co-chair Yayasan Bill & Melinda Gates pada 16 Agustus lalu untuk membahas hasil proyek reinvented toilet yang dijalankan secara bersama dan bertukar ide mengenai inisiatif kontribusi sosial global.

Selama pertemuan, Bill Gates juga berbagi visi filantropi dan inisiatif yang sedang dijalankan yayasannya. Sedangkan Lee menyatakan komitmennya untuk mendorong teknologi Samsung guna membantu mengatasi tantangan yang dihadapi umat manusia.

Samsung berencana untuk menawarkan lisensi paten bebas royalti terkait proyek tersebut ke negara- negara berkembang selama tahap komersialisasi. Tak hanya itu, Samsung juga akan terus memberikan konsultasi intensif kepada Yayasan Bill & Melinda Gates.

Penawaran konsultasi intensif yang dilakukan oleh Samsung ini bertujuan untuk membantu membawa teknologi tersebut ke produksi massal. Kedua organisasi akan bekerja sama untuk mengidentifikasi mitra industri yang bersedia mengkomersialkan teknologi ini.

Selama tiga tahun penelitian dan pengembangan yang dijalankan, SAIT mengerjakan desain dasar dan mengembangkan komponen serta teknologi modular. Itu semua mengarah pada keberhasilan pengembangan prototipe untuk penggunaan rumah tangga.

Produk ini tak hanya hemat energi dengan kemampuan pengolahan limbah, tetapi juga mampu memenuhi kinerja yang disyaratkan oleh Yayasan Bill & Melinda Gates, yang pada akhirnya bertujuan untuk komersialisasi reinvented toilet bagi penggunaan rumah tangga.

Teknologi inti yang dikembangkan oleh Samsung termasuk teknologi penanganan panas dan bioproses untuk membunuh patogen dari kotoran manusia. Tak hanya itu, teknologi tersebut juga berhasil membuat limbah dan padatan yang dilepaskan aman bagi lingkungan.

Selain itu, sistem ini juga memungkinkan air yang telah diolah untuk didaur ulang sepenuhnya. Limbah padat yang dihasilkan didehidrasi, dikeringkan dan diolah menjadi abu. Sementara itu, limbah cair diolah melalui proses pemurnian biologis.

Diluncurkan pada tahun 2011 lalu, Reinvent the Toilet Challenge adalah inisiatif dari Yayasan Bill & Melinda Gates untuk mengembangkan teknologi toilet transformatif yang dapat mengelola kotoran manusia secara aman dan efektif. Inisitif tersebut bisa kalian baca melalui tautan berikut.

Menurut WHO dan UNICEF, sekitar 3,6 miliar orang terpaksa menggunakanmfasilitas sanitasi yang tidak aman. Ini mengakibatkan setengah juta anak di bawah usia 5 tahun meninggal setiap tahun akibat penyakit diare yang disebabkan oleh terbatasnya akses ke air bersih dan kebersihan.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer