Connect with us
FX507Z
Berita

Samsung Umumkan Kehadiran Exynos 2200, ini Keunggulannya

Samsung telah mengumumkan chipset mobile andalan terbarunya, Exynos 2200. Digadang-gadang, chipset tersebut akan mendukung smartphone premium dari Samsung yang akan datang akhir bulan ini.

Updated

Samsung telah mengumumkan chipset mobile andalan terbarunya, Exynos 2200. Digadang-gadang, chipset tersebut akan mendukung smartphone premium dari Samsung yang akan datang akhir bulan ini. Ya! Ini adalah chipset yang sama yang akan diluncurkan perusahaan pada 11 Januari tetapi tertunda.

Pengumuman chipset terbaru dari raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut cukup menegaskan bahwa akan ada varian lineup Galaxy S22 yang ditenagai Exynos. Jelas, hal ini mematahkan rumor yang mengatakan bahwa Samsung “membuang” chipset Exynos.

Sementara, Samsung mengatakan bahwa Exynos 2200 adalah chipset yang benar-benar dirancang baru, diproduksi menggunakan node EUV 4nm dari Samsung. Chipset ini mengemas desain CPU dengan konfigurasi Octa-core dan menggunakan core CPU Armv9.

Ada tiga kluster CPU,  satu inti unggulan Cortex-X2, tiga inti besar Cortex-A710, dan empat inti kecil Cortex-A510. Lebih lanjut, chipset ini hadir dengan GPU Xclipse dari Samsung, yang berdasarkan arsitektur AMD RDNA 2. Samsung sesumbar GPU-nya ini akan menawarkan pengalaman bermain game “tingkat konsol” di smartphone.

Unit pemrosesan grafis Xclipse akan menawarkan fitur-fitur canggih seperti penelusuran sinar yang dipercepat oleh perangkat keras dan bayangan tingkat variabel. Ray tracing mensimulasikan bagaimana cahaya berperilaku secara fisik di dunia nyata di dalam game.

Sementara, shading tingkat variabel dapat menurunkan tingkat shading di area game untuk mengoptimalkan beban kerja GPU. Itu juga dilengkapi dengan beberapa teknologi lain seperti multi-IP canggih (AMIGO) yang meningkatkan kinerja dan efisiensi secara keseluruhan.

Exynos 2200 juga dilengkapi dengan AI yang ditingkatkan berkat NPU baru. Ini dapat digunakan dengan chip sinyal gambar untuk mendukung pengambilan gambar yang lebih realistis. ISP mendukung 108MP dalam mode kamera tunggal dan menawarkan perekaman video 4K HDR dan 8K.

Sedangkan untuk komunikasi, Exynos 2200 hadir dengan modem 3GPP Release 16 5G yang mendukung pita spektrum sub-6GHz dan mmWave. Ada E-UTRAN New Radio – Dual Connectivity (EN-DC) yang memanfaatkan sinyal 4G LTE dan 5G NR dan dapat meningkatkan kecepatan hingga 10Gbps.

Untuk keamanan, juga dilengkapi dengan Integrated Secure Element (iSE) untuk menyimpan kunci kriptografik pribadi serta berperan sebagai RoT (Root of Trust). Samsung juga menambahkan bahwa enkripsi inline HW untuk UFS dan DRAM telah diperkuat.

Samsung juga telah mengatakan bahwa Exynos 2200 saat ini sedang diproduksi massal. Meskipun belum dikonfirmasi secara eksplisit, chipset ini akan mendukung smartphone flagship seri Galaxy S22yang diharapkan akan diluncurkan secara resmi pada 8 Februari, bersama dengan model yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer