Connect with us
VivoBook-S14-S433FL
Berita

Samsung Mau Bikin Drone Canggih, Seperti Apa?

Sukses di industri perangkat elektronik rumahan dan smartphone, Samsung ingin terjun ke pasar drone. Baru-baru ini, paten mengenai drone buatannya pun telah diterima oleh Samsung dari US Patents & Trademark Office.

Updated

Samsung di tahun ini di industri smartphone telah membuat banyak kejutan. Ya! Salah satu kejutan yang dibuat oleh Samsung adalah menghadirkan smartphone dengan empat kamera belakamg. Smartphone tersebut datang dengan nama Galaxy A9 (2018).

Di awal tahun depan, Samsung pun akan kembali memberikan kejutan dengan menghadirkan Galaxy F, yakni smartphone dengan layar lipat. Prototype dari smartphone itu pun sudah diperlihatkan oleh Samsung dalam ajang Samsung Developer Conference (SDC) 2018 yang digelar beberapa waktu lalu.

Masih di tahun 2019 nanti, Samsung pun akan kembali memperkenalkan smartphone premium terabrunya, Galaxy S10 Series. Satu hal yang menarik, ada tiga model Galaxy S10 Series yang bakal diperkenalkan, yakni Galaxy S10, Galaxy S10+ dan Galaxy S10 Lite.

Nah! Yang tak kalah mengejutkan adalah keinginan Samsung untuk terjun ke pasar drone. Bahkan raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut telah mengajukan paten drone dan baru-baru ini, patennya telah diterbitkan oleh US Patents & Trademark Office.

Tentu saja, ini membuat Samsung sebagai pabrikan smartphone pertama yang begitu serius untuk mempertimbangkan dirinya masuk ke pasar drone. Menariknya, drone yang nantinya akan dibuat oleh Samsung dapat ditransformasikan menjadi aksesoris generasi berikutnya untuk jajaran Galaxy.

Dalam patennya itu, drone besutan Samsung digambarkan memiliki lengan yang dapat dilipat dan juga disokong banyak sensor. Tak hanya sensor kamera, tentunya Samsung juga akan menyematkan sensor gyro, barometer, kompas, ultrasonik, suhu, cahaya dan sensor ultraviolet.

Tak hanya dikontrol secara nirkabel menggunakan smartphone, tablet atau PC, Samsung juga menjajikan bahwa drone buatannya ini dapat dikontrol menggunakan perangkat elektronik apa pun, termasuk parangkat rumah tangga, seperti mesin cuci dan lemari es atau kulkas.

Sedangkan untuk struktur bodinya, drone terdiri dari dua kompartemen yang meluncur bersama untuk membentuk unit yang kompak dan portabel. Sama seperti aplikasi drone lainnya, Samsung juga akan menyertakan navigasi seperti joystick yang dapat dimanipulasi melalui layar smartphone.

Sejumlah pengamat mengatakan bahwa Samsung telah mengajukan beberapa paten desain dan teknologi terkait dengan drone sejak tahun 2016 lalu. Tujuan utamanya, Samsung juga ingin jadi pemain terdepan dalam teknologi drone.

Paten baru terkait drone merupakan paten ke-5 yang diraih Samsung di tahun ini. Samsung pun berhasil mendepak IBM sebagai pemegang paten terbanyak di Amerika Serikat. Lantas, kapan drone buatan Samsung ini bisa kita lihat secara nyata? Samsung belum mau berkomentar banyak mengenai hal itu.

Baca juga

Menurut data IDC, industri drone global telah tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 30,6 persen. Diperkirakan, angkanya akan terus tumbuh hingga mencapai US$29,5 miliar pada tahun 2022 nanti.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

POCO sudah memperkenalkan penerus dari POCO F1 yang datang dengan sebutan POCO F2 Pro. Datang sebagai smartphone unggulan, POCO membekali...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M21

Samsung Galaxy M21 resmi diboyong oleh Samsung ke pasar Indonesia. Ditenagai chipset Exynos 9611, RAM 4 GB dan penyimpanan internal...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y30

Setelah memperkenalkan vivo Y50, vivo kembali melengkapi lini Y Series yang dikembangkannya dengan menghadirkan vivo Y30. Smartphone yang ditenagai chipset...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A92

OPPO beberapa waktu lalu telah memperkenalkan smartphone barunya, yang masuk ke lini A Series di Indonesia. Smartphone tersebut adalah OPPO...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A52

OPPO diam-diam telah memboyong OPPO A52 ke pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ke bawah ini telah dibekali chipset Snapdragon 665...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Meramaikan pasar smartphone kelas menengah, Samsung baru saja memboyong Galaxy A31 ke Indonesia. Smartphone yang dijual seharga Rp4 jutaan ini...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Apple iPhone SE (2020)

Apple pada pertengahan bulan lalu sudah meluncurkan smartphone "murah" terbarunya, iPhone SE (2020). Ini adalah generasi kedua dari iPhone SE...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifkasi vivo Y50

Pasar Indonesia kembali kedatangan smartphone kelas menengah yang ditawarkan oleh vivo. Smartphone tersebut adalah vivo Y50 yang sudah dbekali chipset...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer