Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Berita

NFT Sebagai Aset Digital Punya Banyak Keuntungan

Non-Fungible Token atau yang sering disebut sebagai NFT memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulannya ada pada nilainya yang cenderung stabil jika dibandingkan dengan aset-aset digital lain.

Updated

Beberapa waktu ini, teknologi Blockchain di jaringan komputer menciptakan tren baru yaitu Non-Fungible Token (NFT) yang dapat bersaing dengan aset digital baru lainnya. Melansir dari antvklik pada 23 Maret 2022, NFT memiliki keunggulan yaitu pada nilainya yang cenderung stabil jika dibandingkan dengan aset-aset digital lain.

NFT adalah aset digital baik berupa barang yang memiliki wujud nyata ataupun barang tidak berwujud yang memiliki keunikan tersendiri.
Selama ini, NFT digunakan untuk mewakili sebuah barang yang biasanya merupakan karya seni pada forum digital. Karena itu, maka bisa dikatakan bahwa NFT adalah suatu sertifikasi kepemilikan dari sebuah barang baik baik berwujud nyata maupun tidak nyata.

Sekarang ini, NFT memang digunakan untuk pembelian dan penjualan karya seni digital. Yang dibeli adalah NFT-nya sebagai tanda kepemilikan akan suatu barang atau karya seni. Lalu, apa sajakah keuntungan ketika memiliki aset digital NFT yang tengah naik daun belakangan ini? Simak ulasannya berikut ini:

Seniman Dapat Menjual Karya

Hadirnya NFT di pasar global membuka wadah baru bagi seniman untuk menjual karya mereka dan menghasilkan uang dengan mudah. Para seniman dapat memasarkan karya seni yang mereka buat secara bebas di marketplace khusus NFT. Selain itu, para seniman juga tak perlu khawatir karya mereka akan dicuri maupun dijiplak.

Harga Lebih Tinggi

Keterbatasan karya yang dipasarkan di NFT membuat harga sebuah karya tersebut menjadi lebih mahal, bahkan terdapat karya yang hanya dibuat satu kali tetapi peminatnya sangat banyak sehingga membuat harganya melambung tinggi. Dikarenakan hal tersebut, jika ada kolektor yang membeli sebuah karya di NFT dan menjualnya kembali akan mendapat keuntungan yang tinggi pula.

Mendapat Perlindungan Hak Cipta

Untuk mencegah penyalahgunaan hak cipta dan pencurian karya, NFT membuat perlindungan karya sehingga hak cipta seniman akan aman. Agar bisa mendapatkan keuntungan seperti kelangkaan dan keunikan suatu karya yang diperjualbelikan dalam bentuk NFT maka penting untuk memilih karya yang akan dipasarkan.

Melansir dari intipseleb pada Jumat, 11 Februari 2022, strategi pemasaran yang juga terkait dengan NFT dapat diterapkan. Seperti halnya yang dilakukan IKEA ketika mereka menjual perabotan rumah tangga yang sejatinya barang fungible. Ketika itu, mereka memanfaatkan kursi yang didesain oleh desain dari Swedia membuatnya lebih berharga dan langka daripada kursi yang dibuat oleh desainer lain.

“Strategi branding mereka sukses membuat para pembeli harus segera memilikinya. Jadi strategi [dengan konsep NFT] itu sudah ada sejak dulu. Sampai akhirnya, muncul dalam teknologi blockchain, melahirkan OpenSea dan sebagainya. Kami percaya dan memfokuskan diri mengembangkan Kolektibel sebagai e-commerce NFT untuk kehidupan sehari-hari,” ujar CEO Kolektibel Pungkas Riandika.

Selain itu, NFT direncanakan akan dirancang menjadi lebih mainstream yang ditandai dengan ikut terjunnya perusahaan dari berbagai vertikal seperti ritel dan barang mewah. Hal ini tidak bertujuan untuk memperkenalkan NFT namun memberlakukan dan menganggap NFT menjadi sebuah identitas digital. NFT yang dibeli kemudian dikumpulkan maka akan menjadi status diri terkait dengan siapa pemiliknya.

“NFT itu bukan mata uang. Sama seperti di dunia sebenarnya. Orang yang punya uang apa iya dipamerkan uangnya? Pasti yang diperlihatkan adalah tasnya merek apa, sepatunya merek apa, itulah fungsi NFT nantinya. Bisakah hidup tanpa brand? Sepertinya susah karena manusia itu butuh pamer. Itu sudah jadi sifat dasar,” jelasnya Pungkas Riandika.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer