Connect with us
FX507Z
Berita

Lei Jun Pamerkan Tiga Inovasi Terbaru dari Xiaomi

Inovasi teknologi yang bisa membantu memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik kembali dipamerkan oleh Lei Jun, CEO Xiaomi. Ada tiga inovasi teknologi yang dipamerkan, MIX Fold 2, mobil listrik pintar dan CyberOne.

Updated

Xiaomi senantiasa berkomitmen melahirkan inovasi teknologi yang bisa membantu memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik. Baru-baru ini, ada sejumlah inovasi menarik yang diperkenalkan Xiaomi, mulai dari smartphone layar lipat, robot humanoid hingga kendaraan listrik pintar.

Sejak mengumumkan keseriusannya untuk terjun ke industri mobil listrik pintar pada akhir 2021, Xiaomi terus menghadirkan terobosan baru guna menegaskan visi perusahaan. Ya! Xiaomi memiliki visi untuk menjadi pemimpin dalam industri kendaraan listrik pintar pada 2024.

Selain itu, inovasi yang dihadirkan Xiaomi juga hadir lewat smartphone layar lipat pertama yang juga memiliki standar fotografi tinggi. Tak kalah mengejutkan adalah teknologi robotik berupa humanoid yang dapat mendeteksi perasaan dan emosi manusia.

Beberapa terobosan tersebut juga menjadi sorotan penting bagi Xiaomi. Karena itu, perusahaan yang berada di bawah pimpinan Lei Jun ini berkomitmen untuk menginvestasikan 100 miliar RMB (setara 220 triliun rupiah) untuk riset dan pengembangan selama lima tahun ke depan.

Berikut adalah sejumlah inovasi teknologi yang disampaikan secara langsung oleh Founder, Chairman, dan CEO Xiaomi Lei Jun lewat pidato tahunannya pada 11 Agustus 2022 lalu;

Xiaomi MIX Fold 2

Sebagai sekuel alias generasi kedua, Xiaomi MIX Fold 2 membawa sejumlah peningkatan yang menyeluruh dibandingkan pendahulunya. Xiaomi ingin memberikan sebuah perangkat yang tidak hanya memiliki performa terbaik, namun juga lebih dalam tampilan fisik yang lebih kompak.

Secara teori, perangkat smartphone dengan layar lipat memiliki komponen yang lebih kompleks, sehingga lebih sulit dihadirkan dalam desain yang kompak. Namun lewat MIX Fold 2, berbagai teknologi yang diusung dapat ditampilkan dalam profil yang sangat tipis.

Ya! Perangkat ini hanya memiliki ketebalan 5,4 mm saat layarnya dibuka. Hal itu menjadikan Xiaomi MIX Fold 2 sebagai smartphone layar lipat paling tipis saat ini. Untuk mencapai kemajuan tersebut, Xiaomi telah mengembangkan sendiri mekanisme layar lipat yang dinamakan Micro Waterdrop Hinge.

Dengan radius lipatan lebih kecil, modul layar lebih tipis serta komponen yang lebih sedikit, MIX Fold 2 bisa dirancang lebih tipis dengan jarak antar layar yang lebih dekat. Kedua bentang layar luar dan dalam juga telah menggunakan panel AMOLED kelas flagship.

Hasilnya, konten yang ditampilkan dari kedua layar MIX Fold 2 bisa menampilkan kualitas yang konsisten, dalam refresh rate 120Hz. Bahkan, layar perangkat ini memiliki kecerahan sampai 1.000 nits dan ditambah dengan dukungan efek Dolby Vision.

Xiaomi juga gunakan layar Eco² OLED display yang punya konsumsi daya 25% lebih efisien, ditambah mampu mengurangi pantulan pada layar. Sehingga konten yang ditampilkan oleh MIX Fold 2 ini bisa terlihat jelas dalam berbagai skenario penggunaan.

Kehadiran Xiaomi MIX Fold 2 juga menandai kemajuan pesat teknologi kamera smartphone layar lipat berkat keunggulan fotografi dari Leica, dan dukungan sensor kamera flagship 50MP IMX766. Selain itu, smartphone layar lipat ini sudah dibekali sistem operasi khusus, MIUI Fold 13.

Ya! Xiaomi mengemas MIUI Fold 13 sedemikian rupa sehingga bisa beradaptasi terhadap ukuran layar berbeda. Dengan begitu, aplikasi bawaan seperti kalender, perekam suara, catatan dan lainnya dapat lebih optimal menampilkan berbagai informasi di layar lebar.

Daya tarik lainnya dari MIUI Fold 13, pengguna MIX Fold 2 juga bisa manfaatkan pintasan seperti “geser dengan tiga jari” untuk pintasan fitur split screen, atau floating windows yang bisa diakses langsung dari sidebar. Semua itu dihadirkan untuk memberi rasa nyaman bagi pengguna.

Xiaomi Pilot Technology, Algoritma Pintar Untuk Mobil Listrik

Xiaomi juga mengumumkan perkembangan signifikan dalam pengembangan mobil listrik pintarnya lewat Xiaomi Pilot Technology. Sejak resmi masuk ke dalam industri mobil listrik pintar, Xiaomi berencana menginvestasikan senilai 3,3 miliar RMB (7,1 triliun rupiah).

Investasi tersebut masuk ke dalam tahap awal fase riset dan pengembangan (R&D) teknologi mobil otonom. Setidaknya ada lebih dari 500 profesional (termasuk 50 ahli di industri) yang direkrut oleh Xiaomi untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Jumlah tim inti ini dinilai sudah dapat mencakup area-area utama yang dibutuhkan dalam proses pengembangan teknologi autonomous driving, mulai dari algoritma, sensor, chip, platform data dan lainnya. Jumlah rekrutan akan bertambah mencapai 600 karyawan pada akhir 2022 mendatang.

Xiaomi juga telah mengakuisisi startup yang fokus mengembangkan teknologi mengemudi otonom, yakni Shendong Technology. Keputusan tersebut dirasa cukup penting, mengingat Xiaomi bakal merancang semua teknologinya sendiri alias self-developed.

Ke depannya, Xiaomi akan merancang semua bagian penting yang diperlukan termasuk pengembangan hardware, software, lokasi dan persepsi, serta solusi lainnya. Pendekatan ini memungkinkan Xiaomi untuk menyesuaikan algoritmanya dengan kebutuhan pengguna secara lebih instan.

Dalam waktu dekat, Xiaomi akan mengujicobakan sedikitnya 140 unit kendaraan yang merupakan hasil pengembangan fase awal teknologi mengemudi otonom yang akan menguji fitur unggulan seperti solusi parkir otomatis, dan pengisian daya baterai menggunakan lengan robot otomatis.

CyberOne, Robot Humanoid Pertama dari Xiaomi Technology Ecosphere

Tidak terbatas pada smartphone lipat dan kendaraan pintar saja, Xiaomi juga terus menambahkan portofolio seri Xiaomi Cyber. Setelah robot peliharaan cerdas “Cyberdog” diperkenalkan tahun lalu, kini giliran “CyberOne” yang hadir sebagai anggota terbaru sebagai robot humanoid pertama dari Xiaomi.

Dengan AI sebagai inti dan bingkai humanoid berukuran penuh sebagai wadahnya, CyberOne adalah eksplorasi kemungkinan dari ekosistem teknologi masa depan Xiaomi, serta terobosan baru bagi perusahaan. Secara tampilan, CyberOne memang dirancang menyerupai bentuk dan ukuran manusia.

CyberOne memiliki tinggi 177 cm dan berat 52 kilogram. Dibandingkan robot yang dirilis tahun lalu, robot humanoid pertama dari Xiaomi satu ini merupakan sebuah hasil dari rancangan teknologi kompleks, untuk bisa melakukan sejumlah gerakan yang dapat menirukan gerak gerik manusia.

Tak hanya lebih powerful, Xiaomi juga merancang sejumlah motor penggerak yang diperlukan agar robot humanoid ini lebih efisien dan ringan. Algoritma rancangan sendiri seperti humanoid bipedal control memungkinkan CyberOne untuk memiliki postur berjalan yang natural dan stabil.

Bahkan, CyberOne bisa mengangkat beban hingga 1,5 kilogram dari salah satu tangan robotiknya. Untuk mengidentifikasi sekitar, digunakan kombinasi AI dan Mi-Sense depth vision module, agar mampu mempersepsikan ruang tiga dimensi dan mengenali objek di sekitar.

Tak hanya gestur dan ekspresi manusia, CyberOne juga bisa mengenali 85 jenis suara dan sejumlah emosi manusia, berkat sejumlah teknologi MiAI. Hasilnya? Robot ini bisa mendeteksi rasa bahagia, bahkan menghibur mereka yang sedang bersedih.

Ya! Hal itu untuk menjawab salah satu tantangan terbesar dalam pengembangan robot pintar, yakni dapat memproses persepsi, kognisi, melakukan pengambilan keputusan sampai eksekusi selayaknya manusia dalam berbagai skenario yang ada.

Proses pengembangan Xiaomi CyberOne sendiri mengombinasikan sejumlah teknologi terdepan dari berbagai sektor, mulai dari biomechatronics, kecerdasan buatan (AI), big data sampai cloud computing. Nantinya teknologi yang ada pada robot humanoid ini juga bakal diaplikasikan ke sejumlah produk Xiaomi jenis lainnya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer