Connect with us
FA506_2024
Berita

Gunakan Family Pairing, Orang Tua dan Anak Dijamin Aman TikTok-an

TikTok kembali memperlihatkan komitmennya untuk menawarkan platform online yang aman bagi keluarga Indonesia. Ini dibuktikan dengan hadirnya fitur baru di dalam TikTok, yakni Family Pairing.

Updated

Melanjutkan komitmen dalam membangun keamanan pengguna, TikTok beberapa waktu lalu telah mengumumkan peluncuran fitur Family Pairing atau Pelibatan Keluarga. Kehadiran fitur ini didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia dan UNICEF Indonesia.

“Semakin banyak keluarga menggunakan platform internet, seperti TikTok. Tidak hanya untuk mencari hiburan, tetapi mereka juga menggali informasi dan yang tak kalah penting ingin bersosialisasi satu sama lain,” ungkap Donny Eryastha, Head of Public Policy of TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Ditambahkan oleh Donny bahwa hal tersebut sudah terjadi lama, sebelum COVID-19. Tetapi, belakangan ini jumlahnya terutama dengan adanya kebijakan social distancing membuat keluarga menjadi lebih sering bersama. Bahkan tak sedikit keluarga Indonesia yang mengekspresikan kreativitas mereka dan berbagi momen di TikTok.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan seperti itu, TikTok mengambil sejumlah langkah untuk mengembangkan dan meningkatkan tim, kebijakan, kontrol, serta sumber edukasi. Karena itulah, TikTok memperkuat komitmennya dengan memperkenalkan fitur Family Pairing, dan menerapkan batasan baru untuk fitur Pesan Langsung.

Fitur Family Pairing terbaru ini mendapat dukungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia dan UNICEF Indonesia. Ini sebagai pengakuan atas usaha TikTok dalam memberdayakan orang tua untuk memfasilitasi perilaku online yang cerdas untuk anak remajanya.

“Meningkatkan literasi digital bagi orangtua untuk bisa mendampingi anak remajanya di ranah siber merupakan salah satu program utama pemerintah. Untuk mewujudkan misi digital parenting ini, tentu saja dibutuhkan sinergi dari kolaborasi pemegang kepentingan, termasuk TikTok,” kata Bintang Puspayoga, Kemen PPPA.

Lebih lanjut, Bintang juga mengapresiasi langkah TikTok untuk meluncurkan fitur ini, di mana orang tua dapat lebih terlibat dalam menciptakan lingkungan internet yang aman untuk anak remaja. Diharapkan, fitur ini benar-benar bisa memberikan manfaat bagi keluarga Indonesia.

Kehadiran fitur ini pun disambut baik oleh UNICEF. Ketika remaja menghabiskan lebih banyak waktu online untuk belajar dan berhubungan dengan teman-teman mereka, maka penting bagi orang tua membantu anak-anak remaja menavigasi peluang dan risiko yang mereka hadapi.

Seperti yang diungkapkan oleh Debora Comini, Perwakilan UNICEF Indonesia bahwa Orang tua harus berbicara dengan anak remaja mereka secara teratur tentang aplikasi yang mereka gunakan, berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk online, bagaimana memastikan bahwa pengaturan privasi dioptimalkan untuk menjaga mereka.

Fitur Family Pairing rencananya baru akan dibuka dalam beberapa minggu ke depan di Indonesia. Berkat fitur ini, orang tua dan anak remajanya dapat mengkostumisasi pengaturan keamanan mereka berdasarkan kebutuhan masing-masing. Selain itu, Family Pairing juga melengkapi fitur keamanan TikTok dan kinerja platform yang lebih baik.

“Kami berkomitmen untuk memberikan masukan kepada orang tua, dan mendorong keterlibatan orangtua terhadap bagaimana anak remaja mereka menggunakan TikTok. Kami juga memfasilitasi diskusi penting di dalam keluarga tentang bagaimana menavigasi platform digital secara bertanggung jawab,” pungkas Donny.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer