Connect with us
ROG Zephyrus Duo 15 SE
Berita

Facebook: Ada 30 Juta Akun Rentan di-Hack

Facebook masih terus berupaya untuk menutup celah yang dipakai oleh pencuri untuk meretas akun-akun penggunanya. Kini, tersisa 30 juta akun yang masih rentan dan Facebook pun terus bekerja.

Updated

Facebook belum lama ini sudah mengeluarkan pernyataan bahwa ada pelanggaran keamanan terkait dengan layanan media sosial yang dikembangkannya. Tercatat, diperkirakan masih ada 30 juta pengguna yang datanya berhasil diretas, seperti alamat e-mail dan nomor telepon.

Diperkirakan, setengah dari jumlah tersebut ada beberapa data pribadi yang terbilang penting yang berhasil diakses oleh peretas, termasuk data tempat tinggal, status hubungan dan riwayat pencarian. Facebook sendiri mengatakan bahwa ini bukan lagi pelanggaran sepele yang dilakukan oleh peretas.

Diperkirakan ada 14 juta akun pengguna yang dibobol oleh peretas dan mereka berhasil mengakses data pribadi yang terbilang “sangat krusial”. Tak hanya nama pengguna dan jenis kelamin, peretas juga berhasil mengetahui informasi lainnya, seperti agama, tanggal lahir, pendidikan hingga perangkat yang dipakai.

Untuk mengetahui apakah data pribadi kalian termasuk yang berhasil diretas, kalian bisa mengakses tautan ini. Geser ke bawah ke kotak berwarna biru muda dengan judul “Is my Facebook account impacted by this security issue?”

Jika akun Facebook kalian tidak terganggu masalah ini, kalian akan melihat pesan yang bertuliskan “Based on what we’ve learned so far, your Facebook account has not been impacted by this security incident. If we find more Facebook accounts were impacted, we will reset their access tokens and notify those accounts.”

Lalu, bagaimana jika akun Facebook yang kalian punya termasuk yang diretas? Kotak biru yang ada di pusat bantuan ini akan terlihat seperti  seperti gambar di atas. Namun tak perlu khawatir, Facebook sendiri saat ini sudah berupaya untuk menutup celah keamanan tersebut.

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Facebook awalnya mengumumkan bahwa ada 50 juta akun penggunanya rentan untuk diserang. Hal ini memungkinkan peretas bisa mencuri token akses Facebook dan selanjutnya bisa dengan mudah mengakses akun pengguna.

Melihat hal itu, Facebook pun mereset token 50 juta pengguna yang terindikasi. Selanjutnya, Facebook kembali melakukan hal yang sama, yakni mereset token 40 juta pengguna. Hal ini sengaja dilakukan oleh Facebook agar seluruh akun pengguna yang ada benar-benar aman.

Melihat adanya penurunan jumlah penggunanya yang diretas, Facebook pun berkelakar bahwa ini adalah cara yang sangat efektif. Kini, lebih sedikit pengguna yang terkena dampak peretasan dari awalnya yang diperkirakan akan sangat besar.

Tentu saja, cara yang dilakukan oleh perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini tidak seharunya membuat mereka “sombong”. Bagaimana pun juga, keinginan banyak pengguna Facebook adalah data-data yang mereka punya tidak boleh “berpindah tangan” ke peretas.

Baca juga

Tidak sendirian untuk mengatasi masalah tersebut, FBI juga secara aktif ikut menyelidiki pelanggaran keamanan ini. Untuk itu, FBI juga meminta partisipasi aktif dari Facebook dan memintanya untuk tidak mengungkap nama kelompok di balik peretasan tersebut, demi melancarkan jalannya penyelidikan.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro

POCO X3 Pro secara resmi telah tiba di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan chipset Snapdragon 860 dan...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer