Connect with us
UX8402
Berita
Tips

Cara Menghapus Aplikasi di iPhone dengan Mudah dan Tepat

Updated

Cara Menghapus Aplikasi di iPhone dengan Mudah dan Tepat

Saat ini, iPhone telah menjadi salah satu perangkat ponsel paling populer di dunia. Dengan berbagai aplikasi yang tersedia di App Store, pengguna iPhone dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal aplikasi sesuai kebutuhan mereka. Namun, ada kalanya kita perlu menghapus aplikasi yang tidak lagi kita butuhkan atau yang mungkin telah membuat ponsel kita terasa lambat.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus aplikasi di iPhone dan cara hapus data sistem di iphone dengan mudah dan tepat. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail, sehingga Anda dapat dengan cepat menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dan mengoptimalkan ruang penyimpanan di iPhone Anda.

Menghapus Aplikasi dari Layar Utama iPhone

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menghapus aplikasi langsung dari layar utama iPhone. Caranya sangat mudah, cukup tahan jari Anda pada ikon aplikasi yang ingin Anda hapus hingga muncul efek getar pada ikon tersebut. Kemudian, ketuk ikon “X” yang muncul di pojok kiri atas ikon aplikasi tersebut. Setelah itu, konfirmasikan penghapusan dengan menekan tombol “Hapus” yang muncul di jendela pop-up.

Selain menghapus aplikasi satu per satu, Anda juga dapat melakukan penghapusan dalam jumlah yang lebih besar dengan metode ini. Untuk menghapus beberapa aplikasi sekaligus, cukup tahan jari Anda pada salah satu ikon aplikasi hingga ikon-ikon aplikasi tersebut mulai bergetar. Kemudian, ketuk ikon “X” pada setiap aplikasi yang ingin Anda hapus. Terakhir, konfirmasikan penghapusan dengan menekan tombol “Hapus” di jendela pop-up yang muncul.

Proses ini sangat mudah dilakukan dan dapat membantu Anda menghapus aplikasi yang tidak terpakai dengan cepat. Namun, perlu diingat bahwa menghapus aplikasi ini hanya akan menghapus ikon dan data aplikasi dari iPhone Anda, bukan menghapus akun atau langganan yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Menghapus Aplikasi melalui Pengaturan iPhone

Jika Anda ingin menghapus beberapa aplikasi sekaligus, maka cara terbaik adalah melakukannya melalui pengaturan iPhone. Buka aplikasi Pengaturan di layar utama dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Umum”. Ketuk “Umum” dan pilih “Penyimpanan iPhone” atau “Penyimpanan & iCloud Penggunaan” tergantung pada versi iOS yang Anda gunakan.

Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Di dalam menu “Penyimpanan iPhone” atau “Penyimpanan & iCloud Penggunaan”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di iPhone Anda. Aplikasi-aplikasi ini akan diurutkan berdasarkan seberapa banyak ruang penyimpanan yang mereka gunakan. Cari aplikasi yang jarang Anda gunakan atau yang menghabiskan ruang penyimpanan yang signifikan.

Untuk menghapus aplikasi tersebut, cukup ketuk nama aplikasi dan Anda akan melihat informasi lebih lanjut tentang aplikasi tersebut, termasuk ukuran file dan data yang terkait. Di bagian ini, Anda akan melihat opsi “Hapus Aplikasi”. Ketuk opsi ini untuk menghapus aplikasi dari iPhone Anda. Konfirmasikan penghapusan dengan menekan “Hapus Aplikasi” lagi di jendela pop-up yang muncul.

Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan dengan Menghapus Data

Jika Anda ingin menghapus aplikasi yang jarang digunakan namun ingin menyimpan data yang terkait dengan aplikasi tersebut, Anda dapat memilih opsi “Hapus Aplikasi & Data” di menu informasi aplikasi. Dengan cara ini, aplikasi akan dihapus bersama dengan semua data yang terkait, seperti pengaturan dan file yang disimpan oleh aplikasi tersebut.

Sebelum menghapus aplikasi ini, pastikan Anda telah memindahkan atau menyimpan data penting dari aplikasi tersebut. Jika Anda tidak ingin kehilangan data ini, sebaiknya backup data aplikasi ke komputer atau layanan cloud sebelum menghapus aplikasi.

Menghapus Aplikasi yang Menghabiskan Banyak Ruang Penyimpanan

Jika Anda ingin mengoptimalkan ruang penyimpanan di iPhone Anda, Anda dapat menghapus aplikasi yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Buka aplikasi Pengaturan dan pilih “Umum” seperti langkah sebelumnya. Pilih opsi “Penyimpanan iPhone” atau “Penyimpanan & iCloud Penggunaan” dan gulir ke bawah untuk melihat aplikasi yang menggunakan ruang penyimpanan terbanyak.

Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan ketuk “Hapus Aplikasi” untuk menghapusnya. Setelah menghapus aplikasi yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam ruang penyimpanan yang tersedia di iPhone Anda. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menginstal aplikasi baru tanpa khawatir mengenai keterbatasan penyimpanan di iPhone Anda.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus

Terkadang, ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dihapus dari iPhone, seperti aplikasi bawaan seperti “Kontak”, “Pesan”, atau “Telepon”. Meskipun tidak dapat dihapus, Anda masih dapat menyembunyikan ikon aplikasi ini. Caranya adalah dengan membuat folder baru di layar utama iPhone dan menempatkan aplikasi yang tidak dapat dihapus di dalamnya. Dengan cara ini, ikon aplikasi tersebut tidak akan terlihat di layar utama iPhone Anda.

Menghapus Aplikasi yang Terhubung dengan Akun

Beberapa aplikasi di iPhone mungkin terhubung dengan akun Anda, seperti aplikasi media sosial atau aplikasi email. Jika Anda ingin menghapus aplikasi ini, pastikan Anda telah keluar dari akun atau memutuskan koneksi aplikasi tersebut ke akun Anda sebelum menghapusnya. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari kehilangan data atau informasi penting yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Menghapus Aplikasi Media Sosial

Jika Anda ingin menghapus aplikasi media sosial seperti Facebook atau Instagram, pastikan Anda telah keluar dari akun Anda sebelum menghapus aplikasi. Caranya adalah dengan membuka aplikasi media sosial tersebut, masuk ke pengaturan akun, dan pilih opsi “Keluar” atau “Log Out”. Setelah Anda keluar dari akun, Anda dapat menghapus aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya.

Menghapus Aplikasi Email

Jika Anda ingin menghapus aplikasi email seperti Gmail atau Yahoo Mail, pastikan Anda telah memutuskan koneksi aplikasi tersebut ke akun Anda sebelum menghapusnya. Caranya adalah dengan membuka aplikasi email tersebut, masuk ke pengaturan akun, dan pilih opsi “Hapus Akun” atau “Remove Account”. Setelah Anda memutuskan koneksi, Anda dapat menghapus aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Kadang-kadang, aplikasi yang telah diunduh sebelumnya mungkin tidak lagi kompatibel dengan versi iOS yang Anda gunakan saat ini. Jika Anda mencoba membuka aplikasi ini dan mengalami masalah atau kesalahan, maka mungkin sudah waktunya untuk menghapusnya. Buka App Store dan periksa pembaruan untuk aplikasi tersebut. Jika tidak ada pembaruan yang tersedia, itu berarti aplikasi tersebut sudah tidak lagi didukung dan Anda dapat menghapusnya dari iPhone Anda.

Menghapus Aplikasi yang Mengganggu Kinerja iPhone

Beberapa aplikasi mungkin membuat iPhone Anda terasa lambat atau mengalami masalah kinerja. Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Menghapus Aplikasi yang Menggunakan Banyak Sumber Daya

Beberapaaplikasi mungkin menghabiskan banyak sumber daya seperti CPU, RAM, atau baterai iPhone Anda. Jika Anda merasa bahwa aplikasi tertentu mengganggu kinerja iPhone Anda, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi tersebut. 

Untuk mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan banyak sumber daya, Anda dapat membuka Pengaturan dan pilih opsi “Baterai” di bagian “Umum”. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan baterai iPhone Anda dalam periode waktu tertentu. Jika Anda melihat aplikasi yang menggunakan banyak baterai, pertimbangkan untuk menghapus atau membatasi penggunaan aplikasi tersebut.

Menghapus Aplikasi yang Sering Keluar Sendiri

Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi yang sering keluar sendiri atau sering crash, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertama, pastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan adalah versi terbaru. Buka App Store dan periksa pembaruan untuk aplikasi tersebut. Jika ada pembaruan yang tersedia, lakukan pembaruan untuk memperbaiki bug dan masalah yang mungkin ada pada aplikasi tersebut.

Jika masalah masih berlanjut setelah memperbarui aplikasi, Anda dapat mencoba menghapus dan menginstal ulang aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan menekan dan tahan ikon aplikasi di layar utama hingga muncul efek getar. Kemudian, ketuk tombol “X” pada ikon aplikasi untuk menghapusnya. Setelah itu, buka App Store dan unduh kembali aplikasi tersebut.

Jika masalah masih persisten setelah menghapus dan menginstal ulang aplikasi, Anda dapat mencoba menghubungi pengembang aplikasi atau mencari solusi di forum pengguna. Mungkin ada masalah yang diketahui dengan aplikasi tersebut dan pengembang dapat memberikan pemecahan masalah atau pembaruan lebih lanjut.

Menghapus Aplikasi dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menghapus beberapa aplikasi sekaligus dengan lebih cepat, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengelola aplikasi di iPhone. Ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store yang dapat membantu Anda menghapus aplikasi dengan mudah, seperti “iMyFone Umate” atau “PhoneClean”. Instal salah satu aplikasi ini, ikuti petunjuknya, dan Anda dapat dengan cepat menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dari iPhone Anda.

Aplikasi pihak ketiga ini tidak hanya memungkinkan Anda menghapus aplikasi, tetapi juga dapat membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus file sementara atau file cache yang tidak diperlukan. Dengan membersihkan file-file ini, Anda dapat mempercepat kinerja iPhone Anda dan mengoptimalkan ruang penyimpanan yang tersedia.

Menyembunyikan Aplikasi dengan Screen Time

Jika Anda hanya ingin menyembunyikan aplikasi tertentu dari pandangan orang lain, Anda dapat menggunakan fitur Screen Time yang tersedia di iPhone. Buka aplikasi Pengaturan dan pilih “Screen Time”. Ketuk “Konten & Privasi” dan pilih “Akses Aplikasi” di bawah bagian “Batasan Aplikasi”.

Di sini, Anda dapat memilih aplikasi mana yang ingin Anda sembunyikan dengan memilih opsi “Tidak Ada” di samping aplikasi tersebut. Setelah Anda melakukan pengaturan ini, ikon aplikasi yang Anda pilih akan disembunyikan dari layar utama iPhone Anda. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi masih dapat diakses melalui pencarian atau melalui folder tempat aplikasi tersebut terletak.

Menghapus Aplikasi dengan Menggunakan iTunes

Jika Anda lebih suka menggunakan komputer untuk mengelola aplikasi di iPhone, Anda dapat menggunakan iTunes. Sambungkan iPhone Anda ke komputer Anda dan buka iTunes. Pilih perangkat iPhone Anda di iTunes dan pilih tab “Apps”. Di sini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di iPhone Anda.

Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik tombol “Hapus” untuk menghapusnya dari iPhone Anda. Jangan lupa untuk menyinkronkan perubahan ke iPhone Anda setelah menghapus aplikasi. Dengan menggunakan iTunes, Anda dapat dengan mudah mengelola aplikasi di iPhone Anda dan memperbarui atau menghapus aplikasi dengan cepat.

Menyegarkan iPhone Anda

Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi di iPhone Anda, misalnya aplikasi sering keluar sendiri atau berjalan dengan lambat, Anda dapat mencoba untuk menyegarkan iPhone Anda. Caranya adalah dengan melakukan restart atau hard reset pada iPhone Anda.

Restart iPhone

Untuk melakukan restart, tekan dan tahan tombol power (tombol di sisi kanan atau atas iPhone) hingga muncul slider daya. Geser slider untuk mematikan iPhone Anda. Setelah iPhone mati, tekan dan tahan tombol power lagi untuk menghidupkannya kembali.

Hard Reset iPhone

Jika masalah masih berlanjut setelah melakukan restart, Anda dapat melakukan hard reset. Caranya adalah dengan menekan dan tahan tombol power serta tombol home (tombol di bagian depan iPhone) hingga muncul logo Apple di layar. Setelah itu, lepaskan kedua tombol dan biarkan iPhone melakukan restart.

Dengan melakukan restart atau hard reset, iPhone Anda akan menyegarkan sistemnya dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi dengan aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa melakukan hard reset dapat mengakibatkan kehilangan data yang belum disimpan, jadi pastikan untuk melakukan backup sebelum melakukannya.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk menghapus aplikasi di iPhone dengan mudah dan tepat. Pastikan Anda hanya menghapus aplikasi yang tidak Anda butuhkan atau yang tidak lagi Anda gunakan untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan di Gadget Anda. Selamat mencoba!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer